Mata Kuliah Semester 2 Jurusan Sistem Informasi


Mata Kuliah Semester 2 Jurusan Sistem Informasi


Mata Kuliah Semester 2 Jurusan Sistem Informasi ini akan saya bagikan berdasarkan pengalaman saya sendiri saat kuliah.

Semester 1 berlalu dan kita lanjut melangkahi semester 2 dengan dosen yang baru, pengalaman yang baru, aktivitas baru tentunya dengan mata kuliah yang baru juga.

Bagi yang ingin membaca postingan sebelumnya bisa klik Mata Kuliah Semester 1 Jurusan Sistem Informasi.


Semangat buat para mahasiswa semester 2

Semester 2 itu sudah mulai merasakan nyamannya bangku kuliah dan sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan dan teman baru, ketika semester 1 kami ngobrol masih kaku, waktu semester 2 ini kami sudah mulai saling menemukan teman dekat, sahabat, buat main bareng, ngobrolin apa aja, dan yang pasti beban perkuliahan masih ringan dan belum banyak tugas yang menyita waktu.

Mata kuliah semester 2 (tahun 2016) jurusan sistem informasi ini akan saya bagikan dibawah : 





1. Konsep Sistem Informasi 


Kalau disemester I itu namanya pengantar teknologi informasi maka untuk mata kuliah semester II ini hampir sama hanya lebih detail penjelasan mengenai sistem informasi sesuai dengan jurusan kuliah yang saya ambil.

Materinya kurang lebih seperti dibawah ini :

- Data
- Sistem
- Informasi
- Sistem Informasi
- Stake Holder
- Deteksi masalah sistem

Sebenarnya 3 materi diatas sudah cukup untuk satu semester (Secara garis besar) karena memang cakupannya sangat luas, dari metodologinya saja sudah bisa mewakili 3-4 pertemuan belum untuk pertemuan khusus quiz, tugas, dll.

2. Struktur Data 


Apa itu struktur data ? searching aja ya digoogle banyak, dan pastinya lebih expert penjelasannya.

Untuk materinya seperti dibawah ini :

- Konsep Struktur Data: arti, fungsi, kegunaan, serta kaitannya dengan algo dan program
- Searching: binery search dan sequential
  ex: ada sekumpulan dua angka kemudian dicari dengan 2 metode tsb.
- Sorting
- List, Pointer, Linked list
- Implementasi array dan record pada pascal
- Studi Kasus: var, type data, konsep yg dipakai, dan pseudocode

3. Akuntansi 

Bagi yang lulusan SMA nya itu jurusan IPS sih pasti akan dengan mudah menaklukan mata kuliah ini atau mengamankan nilai A pasti tidak akan banyak halangan, berbeda dengan kami yang lulusan dari IPA pasti hanya bisa melongo ketika mendengar kata-kata buku besar, mikro, makro, dll.

Mata kuliah ini bagi saya sendiri sangat membosankan dan melelahkan, saya yang dulunya IPA harus belajar benar-benar dari NOL, buku besar aja tidak tau, kredit debit juga gak paham, yah saya hanya berdoa semoga semester ini segera usai.

Berikut Materi yang disampaikan oleh bu dosen dan yang kami terima (sangat banyak) :

- Pengertian akuntansi, transaksi, aset, activa, ekuitas, 
- Debit, kredit, laporan laba-rugi, 
- Tahapan siklus akuntansi,
- Penggolongan, buku besar,
- Neraca saldo
- Neraca jalur, jurnal penutup dan penyajian laporan keuangan
- Akuntansi perusahaan dagang (pembelian & penjualan)
- Pengendalian intern & kas
- Pengertian dan klasifikasi, piutang dagang
- Penyajian piutang dineraca
- Aktiva tetap dan penyusutannya.

Segitu banyak materi, kukira akuntansi hanya sekedar menghitung jumlah uang (gampang lah), eh ternyata segitu banyak, selamat menikmati buku besar, haha.

Semoga nggak ketemu lagi dengan mata kuliah ini disemester selanjutnya.

4. Aljabar Linier

Kalian suka hitung-hitungan ? inilah mata kuliah untuk kalian, bagaimana yang kurang suka hitung menghitung ? yah, siap-siap pusing setiap diberikan materi baru.

Materinya cukup banyak juga, dan banyak tugas berupa latihan dan quiz, :

- Pengertian aljabar linier
- Basis dan dimensi
- Matriks dan operasinya
- Operasi baris elementer
- Ekspansi kofaktor
- Invers matriks
- Sistem persamaan linier 
- Nilai eigen dan vektor eigen
- dan masih banyak lagi saya lupa.

5. Aplikasi II (Multimedia Dasar)

Suka multimedia ? apa itu multimedia ? gambar, ilustrasi, coretan2, itulah multimedia.

Saya sendiri bukan tipe orang yang suka menggambar, kalaupun menggambar juga pasti gambarnya dua gunung dengan matahari ditengah dan dikelilingi sawah-sawah luas, udah itu aja.

Prakteknya menggunakan coreldraw, karena corel ini sangat familiar dan bisa digunakan didunia kerja dan perusahaan, jadi cukup sinkron lah.

Materinya hanya kita diberikan tema untuk menggambar, dan itu bebas asalkan sesuai tema, logo, dll.

Nilai A dimata kuliah ini nggak susah bagi kalian yang sudah mahir corel dan suka menggambar.

6. Bahasa Inggris II

Yah, dosennya masih sama dengan bahasa inggris disemester pertama, dan saya kurang suka dengan cara mengajarnya, tapi bagaimana lagi, kita hanya bisa menerima dan melewati semester ini dengan secepat mungkin, wkwk.

Materinya lebih kepada hubungan bhsa inggris dengan komputer (sesuai jurusan kami) :
- Tips computer, 
- Penggunaan bhsa inggris pada komputer dan dunia pekerjaan, dll.

7. Statistik

Bagi kalian yang dulunya jurusan IPA dan suka dengan matematika, ini mata kuliah yang tepat untuk kalian, yah dengan hafalan rumus, penuh dengan angka, data, logika akan menemani kalian, hahaha.

Bagi yang dulunya jurusan IPS dan nggak suka dengan hitung2an ya siap-siap aja deketin temen kalian yang jago matematika, siap-siap untuk berusaha nggak nyontek ya saat ujian atau saat quiz belajarlah dengan yang sudah paham.

Materinya adalah : 

- Peran statistika dalam penelitian
- Penyajian data
- Ukuran tendensi sentral
- Ukuran letak
- Ukuran dispersi
- Momen,kemiringan dan keruncingan

8. Pemrograman II (Delphi)


kalau dipemrograman I itu pascal, maka dipemrograman II ini lebih ke orientasi objek, kami diajarkan menggunakan delphi. Delphi sebenarnya sekarang masih dapat digunakan untuk perusahaan atau untuk proses bisnis yg berjalan, hanya memang tetap kalah dengan yang berbasis website dan android karena kemudahan dan kegunaannya. 

Saya hanya berbagi mata kuliah saya (angkatan 2015), kemungkinan akan ada persamaan, tetapi saya yakin pasti setiap kampus ada perbedaan kurikulum dan mata kuliah yang diberikan.

Nilai A bukan jaminan masa depan, maka dari itu carilah ilmu maka nilai akan mengikuti.

Semoga bermanfaat.


Baca juga :






.
.
.
Kata kunci :


  • Mata Kuliah Semester 2 Jurusan Sistem Informasi
  • Jurusan Sistem Informasi
  • Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi
  • Mata Kuliah
  • Sistem Informasi
  • Sistem
  • Kuliah
  • Semester 2
  • Pendidikan