Uncategorized

Alasan Kenapa Anak IT Nggak Bisa Ngoding

Saya yang kuliah jurusan sistem informasi dan fokus kepada pemrograman web paham betul mengenai mahasiswa IT yang nggak bisa ngoding.

https://www.google.com/url?sa=i&source=images

Tentu banyak alasannya dan tiap orang beda-beda, tapi saya sendiri yang dari lulusan IPA dan tidak pernah menyentuh yang namanya pemrograman pun dulunya juga sama saja, melihat script pemrograman bikin pusing aja.


Berikut saya bagikan kenapa anak IT banyak atau sebagian besar nggak bisa ngoding ?


1. Saat kuliah tidak serius
Bisa jadi hanya kuliah pulang, kuliah pulang, bisa juga tugas kuliah copy paste milik teman, sehingga ia tidak serius selama perkuliahan.


2. Beda jurusan
Misalkan di IT itu ada yang fokusnya di pemrograman, di jaringan, di analisis, dll. sehingga nggak semua bersangkutan dengan dunia coding dan script.

3. Lemah di algoritma
Coding dan algoritma adalah dua hal yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan, jadi biasanya programmer itu kuat di algoritma.


4. Kurang berminat dengan pemrograman
Yah, namanya minat itu ibarat kesenengan ya, nggak bisa dipaksa, begitu pula dengan programming, kalau nggak minat ya bakalan males buat latihan, belajar, dll.

5. Mudah Menyerah

Untuk bisa jago ngoding maka Anda perlu memiliki sikap tidak mudah menyerah. Saat ngoding pasti Anda menemui error, bug, warning dan lain-lain.

Jika Anda mudah menyerah maka permasalahan itu tidak akan terselesaikan. Oleh karena itu dibutuhkan semangat pantang menyerah bagi programmer dalam memecahkan masalah bug dan error.

Jika tidak, meski lulusan IT tetap saja skill ngodingnya pas-pasan.

6 . Cepat Bosan

Ngoding adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu lama. Oleh sebab itu programmer sering dilanda virus bosan.

Oke sih kalau dia bosan tapi bisa kembali lagi ke ngoding. Gimana kalau nggak?

Begitu bosan langsung ditinggalkan. Dia malah asik shopping, kongkow, cari hiburan sampai lupa sama ngoding. Nggak dibuka lagi tuh code sampe penuh sarang laba-laba. Bisa ditebak kan hasilnya?

7 . Hanya Iseng

Masih ada lho orang yang iseng masuk jurusan IT. Sekedar nyoba dan pengen tahu gimana rasanya. Syukur-syukur dia betah di jurusan IT.

Gimana kalau sebaliknya?

Dari tingkah isengnya malah membuat dia frustasi karena kesulitan belajar. Malah lari dari kenyataan. Malah kabur nggak masuk ke kelas alasan sakit perut. Dan masih banyak lagi.

Sebagai lulusan IT mesti sungguh-sungguh belajar ngoding. Alasannya banyak, supaya nggak dibully, supaya dapat pekerjaan yang enak, supaya di masa depan ilmunya berguna dan masih banyak alasan lainnya. Sekian Terimakasih Semoga Bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!