8 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh Kita



Siapa yang sekarang sudah jarang banget jalan kaki ? ke sekolah pakai motor - naik ojek online, ke tempat kerja naik motor - naik ojek online - naik busway, kemanapun sudah naik kendaraan, yang membuat kita semakin sedikit jalan kaki.


https://pixabay.com/id/photos/jogging-menjalankan-olahraga-jog-2343558/

Tidak bisa saya pungkiri juga bahwa saya juga malas jalan kaki, kemana-mana pengennya naik kendaraan (transportasi) supaya lebih cepat dan hemat waktu tentunya. Bahkan jarang olahraga walau hanya jalan kaki muter2 halaman rumah.

Berikut saya bagikan manfaat jalan kaki bagi diri kita :

1. Setiap tambahan 1 menit jalan kaki menambah lama hidup kita 2 menit (maksudnya lebih sehat hampir 2x lipat dengan jalan kaki).

2. Jalan kaki 20 menit perhari selama setahun bisa membakar lemak sampai 3kg.

3. Jalan biasa selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Bukan berarti yang badannya kurus tidak direkomendasikan untuk jalan kaki ya, semua memiliki manfaat.

4. Harvard medical School meneliti 459.833 orang dan menemukan mereka yang jalan kaki bisa mengurangi resiko terkena kardiovaskular hingga 31%.

5. Jalan kaki menyembuhkan lebih dari 20 penyakit tubuh, termasuk memperkuat  tubuh, meningkatkan energi dan memperlambat penuaan.

6. Berjalan 14 km/minggu menurunkan resiko kematian hingga 22% (Lebih sehat maksudnya) .

7. Berjalan 3 jam per minggu mengurangi resiko penyakit jantung hingga 35% dan stroke 34%.

8. Untuk kesehatan mental dan sosial, jalan kaki bisa mengurangi stress, meningkatkan kebahagiaan mempererat hubungan dengan orang lain.

Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan hanya dengan lebih banyak jalan kaki setiap harinya, saya juga ingin untuk lebih banyak jalan kaki, agar lebih sehat dan menghilangkan rasa malas dalam tubuh karena jalan kaki akan membuat tubuh lebih fresh.

Sekian 8 manfaat jalan kaki, semoga bermanfaat.