Kisah Mahasiswa Semester 8 (Skripsi)


Semoga semester 8 ini menjadi semester terakhir dikampus ini, aamiin.


sumber : https://www.youtube.com/watch?v=hd_uRXFXYy4

Doa, harapan, dan impian untuk segera lulus dan wisuda sudah 5 cm tepat didepan kening, semoga tercapai tahun ini, aamiin.

Yah, semester 8, atau dikenal dengan semester tua ini memang sudah mulai jarang masuk kuliah, hanya masuk ketika bimbingan skripsi ataupun karena janjian sama teman untuk nongkrong dikampus.

Banyak hal yang menjadi berbeda ketika udah disemester 8 ini, banyak hal yang dulunya sering menjadi jarang, dan akan coba saya pecah menjadi beberapa point. 

Diantaranya dibawah ini :

1. Mulai dipaksa memikirkan judul skripsi
Yah, semester 8 (bagi yang sudah menyelesaikan mata kuliah sebanyak SKS yang ditentukan kampus) adalah semester yang krusial, judul skripsi mulai menjadi momok menakutkan bagi banyak mahasiswa, 

ketika kata demi kata dirangkai dalam beberapa hari bahkan minggu hanya untuk mengubah menjadi satu kalimat ajaib yang dapat mengantarkan kita pada yang namanya "Skripsi", tetapi hasilnya tetap nihil, judul ditolak. 

Tapi jangan menyerah, pasti ada jalan, terus berusaha agar mendapatkan judul yang terbaik.

2. Jatah main berkurang
Dulu setiap ada waktu libur kuliah agak lama kita selalu sempatkan waktu untuk main, kerumah temen, ketempat wisata, atau hanya nongkrong untuk menghabiskan waktu sejenak sambil ngobrol sana sini.

Tapi sekarang berbeda, semua sudah fokus ingin cepat-cepat (berlomba-lomba) untuk mendapatkan tanda tangan pembimbing bahkan penguji, dan membahagiakan orang tua tentunya.

3. Jarang kumpul sama temen
Dulu sering banget kumpul, hampir tiap hari seusai jam kuliah pasti nongkrong dulu, entah di perpus, di kantin atau di kost, tapi sekarang udah mulai ngerjain skripsi sendiri-sendiri, sudah sibuk sendiri-sendiri, paling cuman beberapa aja yang kumpul itupun karna sama-sama di kampus.

4. Mulai mikir nanti lulus kerja apa dan dimana
Ini yang sering saya fikirkan sebenarnya, wkwkwk. kira-kira nanti abis lulus ini mau kerja apa, dan dimana. Apakah kerja sesuai bidang jurusan kuliah (bagian IT), atau berbeda dengan jurusan. dan dimana kerjanya ? 

Tapi kalau ini sih saya udah ada jawabannya, yang pasti merantau, keluar dari zona kampung halaman, supaya bisa berkembang dan dapet temen baru ditempat yang baru.

5. Berfikir skill apa yang harus dikuasai sebelum lulus kuliah
Jika didunia IT adalah ibarat pembelajar sejati, karena kita diharuskan untuk selalu upgrade ilmu dan skill kita mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. 

Memang sulit tapi percaya aja kalau "hasil tidak akan menghianati usaha", semakin keras usaha kita, maka hasil yang didapat juga akan semakin optimal.

Semoga tahun 2019 ini saya bisa lulus dan wisuda, aamiin, bisa membahagiakan ibuk dan keluarga tercinta.


Aamiin.