Pengalaman Seminar Proposal Skripsi


Sedikit kisah dan pengalaman akan saya bagikan disini, simak saja dan beri komentar dibawah ini.

=============================

pixabay/mohammedhasan

Judul skripsi sudah diajukan & kemudian mendaftar seminar proposal skripsi ... ...

22 Maret 2019 , menjadi saksi bisu untuk mempertahankan judul skripsi dari dosen penguji (sekaligus akan menjadi pembimbing skripsi nantinya).

Pagi itu saya ada perkuliahan , sekitar jam 09.00 an dosen masuk dan saya mulai presentasi bersama teman satu kelompok, saat itu presentasi mengenai hasil wawancara dari tempat industri (usaha).

Ketika detik-detik mulai menunjukkan angka 10:15 saya mulai mempersiapkan diri dan 15 menit lagi seminar akan segera dimulai, saya mulai mempersiapkan laptop dan proyektor di ruang sidang 1.

Ruangan yang begitu sepi, sunyi, menambah rasa dag dig dug didada, begitu ada suara langkah kaki diluar serasa jantung mau lepas karena belum ingin bertemu dengan dosen penguji, dan ternyata hanya langkah kaki mahasiswa yang melewati lorong kampus.

Saya yang biasanya begitu antusias ketika akan presentasi , saat itu saya merasa down dan tidak begitu percaya diri untuk memulai, entah kenapa, atau karena takut judul tidak akan di acc, takut karena pertanyaan yang menjebak supaya judul saya diganti, atau karena hal lain yang berkecamuk di fikiran ini.

Akhirnya jam dinding menunjukkan pukul 10:35, ketika pintu ruang sidang terbuka dan masuklah 2 orang dosen dengan membawa masing-masing lembar untuk mencatat hasil seminar saya hari ini.

BIsmillah .. ... .. ....

Slide demi slide saya presentasikan dengan percaya diri dan menarik nafas dengan tenang.

Nafas saya mulai berhenti sejenak ketika sudah memasuki slide terakhir, akhirnya selesai juga presentasi proposal hari ini, dan ini baru awal dimulainya berbagai macam pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan ... ....

Dosen pertama bertanya mengenai judul "Kenapa mengambil judul ini ?", kemudian selain judul juga menkritik mengenai tulisan saya yang kurang rapi, dan yang paling fatal adalah mengenai penulisan kutipan, dan daftar pustaka.

Saya salah menulis didaftar pustaka yang seketika itu tidak dapat saya jawab, kepala hanya bisa mengangguk tanda frustasi dan supaya dosen tidak banyak bertanya lagi.

Melirik jam dinding seperti begitu lambat berjalan dari detik ke detik, ingin rasanya segera menutup seminar ini dan segera keluar dari ruang sidang yang sunyi ini, bahkan mungkin saja ketika berbisik pun akan terdengar saking heningnya.

Dosen kedua hanya mengenai penulisan dan latarbelakang serta batasan masalah .... ... .....

Dosen kedua lebih sedikit pertanyaannya daripada dosen yang pertama tadi ...

Alhamdulillah selesai sudah seminar ini, ku ucapkan syukur kepada allah swt yang telah memberikan ketenangan dan kemudahan, semoga ini menjadi awal yang baik dan diberikan kemudahan mengerjakan skripsi dikemudian hari.