Keuntungan Ngekost Saat Masih Kuliah


Saya akan menulis mengenai apa aja sih keuntungan ngekost saat kuliah (versi saya sendiri), jadi ini pendapat (opini) saya sendiri selama 3,5 tahun ngekost di kota solo ini.

Bagi kalian yang pengen ngekost pasti bingung kira-kira apa saja keuntungan ngekost, buat kalian yang pengen ngekost ya.


1. Mandiri 
dediblog-mandiri
gambar via metrotvnews

Berlatih mandiri, apa-apa sendiri, cari makan sendiri, bahkan ketika kalian sakitpun harus berobat sendiri, saran saya ya selalu jaga kesehatan dan yang paling penting harus tau kondisi badan ketika akan sakit, biasanya ditandai dengan badan mulai panas, meriang, bersin-bersin, nah kalau sudah ada kondisi kaya' gitu langsung kamu cari obat di apotek agar nggak repot kalau sudah terlanjur sakit.

2. Persiapan buat merantau saat nanti mulai kerja (lulus kuliah)
dediblog-merantau
gambar via wisnutri.com

Ketika hati punya keinginan untuk merantau suatu saat nanti, maka merantaulah, dengan merantau kamu belajar banyak hal, kenal banyak orang, banyak karakter, dan banyak situasi kondisi. Nah dengan kamu ngekost saat kuliah itu akan lebih mudah adaptasi ketika nanti kamu merantau dan ngekost disana.

3. Latihan mengatur keuangan
dediblog-mengatur-keuangan
gambar via diskartes

Salah satu cara mengatur keuangan baik bagi mahasiswa adalah dengan ngekost, belajar hemat, beli makanan sendiri, belajar gimana caranya bisa bertahan hidup dengan uang yang sudah dijatah tiap bulan.

3. Punya banyak kenalan (teman kost dan sekitarnya)
dediblog-banyak-kenalan
gambar via teknosian

Jadi ketika kita ngekost pasti kenalan kan sama penghuni kost yang lain, bahkan dengan keluarga si pemilik kost juga, itu bisa jadi tabungan teman kamu dimasa mendatang ketika membutuhkan bantuan mereka atau ingin menjalin kerjasama dibidang pekerjaan.

4. Ngerti harga-harga makanan (nasi + lauk)
gambar via google

Ini yang wajib diketahui orang yang ngekost, wajib juga tau mana warung makan yang menyediakan harga sesuai dengan dompet, saya sendiri karena masak nasi jadi lauknya tinggal beli, ya walaupun nggak konsisten setiap hari masak nasi tetapi setidaknya kan sudah berusaha untuk masak.

Oke sekian itu dulu opini dari saya, berdasarkan pengalaman saya sendiri dulu, sebenarnya masih sangat banyak keuntungannya yang itu bisa didapatkan hanya dari kita ngekost, pengen tau ? coba saja sendiri.