Penjelasan bookmark di browser dan kegunaannya


Bookmark ? Sudah pernah dengar kata bookmark ?

Ada yang belum tau apa itu bookmark ?

Atau sebenarnya sudah tau letak bookmark dibrowser (chrome, firefox, opera, dll) tetapi tidak tau kegunaannya untuk apa ?


Jadi saya akan memberikan penjelasan (lebih tepatnya berbagi) buat kita semua mengenai bookmark. Berikut penjelasan bookmark dari wikipedia (pustaka itu penting).

Pengertian bookmark dari Wikipedia, Penanda sosial (Social bookmarking) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep berbagi file (file sharing), sumber daya online tersebut tidak dibagi-bagi, melainkan hanya menjadi penanda bahwa sumber daya tersebut merupakan referensi mereka.

Jadi saya jelaskan ringkasnya : disetiap browser itu ada bookmarknya, bookmark itu seperti media atau fitur penyimpanan URL (alamat situs tertentu) yang diinginkan untuk dibookmark (disimpan), jadi setelah kalian bookmark situs misalkan facebook.com, nah suatu saat jika kalian ingin mengunjungi facebook tidak usah repot2 ketik lagi tetapi tinggal buka melalui bookmark dan pilih facebook.com.

Cara buat bookmark tinggal kamu klik gambar bintang disamping kanan URL.



Kegunaannya ya sebagai media penyimpanan URL (alamat situs), memudahkan kita apabila ingin menyimpan banyak situs sekaligus.

bookmark-pada -browser-chrome