Pengertian Makalah Menurut Para Ahli


Dediblog.idMakalah adalah sebuah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Suatu makalah memiliki sistematika yang terbagi menjadi empat bagian, yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan dan simpulan atau penutup. Makalah ialah salah satu syarat untuk menyelesaikan studi, suatu makalah memiliki karakteristik yaitu, hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan, mendemonstrasikan pemahaman tentang permasalahan teoritik yang sedang dikaji dalam makalah, menunjukkan kemampuan terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan dan mendemonstrasikan berbagai sumber informasi dari makalah dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.


gambar via univ ciputra

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli
Pengertian makalah menurut para ahli berbeda tata bahasanya antar yang satu dengan yang lainnya, namun demikian memiliki makna yang sama. Nah berikut ini beberapa pengertian makalah menurut para ahli, simak saja uraian dibawah ini.


Menurut KBBI “Kamus Besar Bahasa Indonesia”.
Dalam hal ini makalah dibagi menjadi dua pengertian yaitu:

Makalah ialah tulisan resmi tentang suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

Makalah ialah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Menurut Panuti Sudjiman
Makalah ialah karangan prosa, bukan cerita rekaan yang membicarakan pokok tertentu. Yang biasanya makalah dimuat di majalah atau koran, tetapi makalah dapat juga merupakan sebuah buku antologi.


Menurut W.J.S Poerwadarminta
Makalah ialah uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.


Menurut Tanjung Dan Ardial
Makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.


Menurut Surakmad
Makalah ialah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.


Menurut E. Zaenal Arifin
Makalah ialah karya tulis ilmuah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.


Menurut A.E. Fachrudin
Makalah ialah jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku “book report” maupun sebagai hasi karangan tentang suatu pokok persoalan.


Menurut Drs. S. Imam Asy’ari "1984:17"
Makalah ialah naskah semester, biasanya paper dituntut oleh seorang dosen atas mata kuliahnya apabila semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir. Karanga ini tidak begitu panjang mungkin 10-15 halaman ukuran folio.


Menurut Burhan "1979:226"
Makalah ialah suatu bentuk tugas kuliah atau prasyarat diskusi dan seminar.


Menurut Prof. Komarudin, M. Pd "200:111"
Makalah ialah suatu karya tulis yang dipergunakan untuk publikasi jurnal atau periodikal atau lisan.


Menurut Drs. Madyo Ekosusilo Dan Drs. Bambang Triyanto "1991:16"
Makalah ialah tulisan yang berisikan prasaran, pendapat yang turut membahas suatu pokok persoalan yang akan dalam rapat kerja, simposium, seminar, dan sejenisnya.


Menurut Muhamad Ali "1984:61"
Makalah ialah karya tulis ilmiah yang pembahasannya difokuskan pada suatu masalah tertentu. Biasanya berhubungan dengan suatu mata kuliah atau bidang spesialisi tertentu.


Menurut Siswoyo Harjodipuro
Makalah ialah suatu karya tulis, baik yang ditulis oleh para mahasiswa sebagai pemenuhan tugas mata kuliah maupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.


Menurut M. Widyamartaya Dan Veonika Sudiarti
Makalah ialah suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang membahas suatu pokok bahasan yang merupakan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.


Karakteristik Makalah
Suatu makalah mempunyai karakteristik sebagai berikut:


1. Merupakan hasil kajian literatur dan/atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan.

2. Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.

3. Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.

4. Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.