Pengalaman Kuliah di Jurusan Sistem Informasi (S1)


Jurusan Sistem Informasi ? Apakah kalian ingin kuliah di jurusan kuliah sistem informasi ? Tentu iya, karena kalian ingin tau apa aja sih yang akan didapatkan selama kuliah di sistem informasi.



Saya akan berbagi sedikit informasi mengenai jurusan kuliah ini, jelas karena saya juga sekarang mengambil jurusan sistem informasi, dan sekarang saya sudah mulai awal semester 8, artinya saya sudah mulai berjuang - bertarung - bertaruh - berusaha maksimal untuk secepatnya keluar dari kampus saya ini.

1. Mengenai Mata Kuliah

Untuk mata kuliah pada awal-awal semester (tepatnya semester 1-4) itu secara umum pengenalan mengenai pemrograman, sistem informasi, matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, pancasila, agama, algoritma, dll.

Jadi saat semester 1-4 itu masih pengenalan, agar mahasiswa mengerti dan paham tentang jurusan yang mereka ambil, sayapun demikian dulu saya yang berasal dari MAN (madrasah) jelas bukan dari IT bahkan saya sendiri awan dengan dunia IT.


Nah, saat sudah memasuki semester 5-7 itu masa-masa biasanya tugas paling banyak, sudah mulai fokus di pemrograman atau dibagian sistem informasi, basis data, kewirausahaan, CRM (Customer Relationship Management), Bisnis Intelligent, Knowledge Management, dan semua yang bersangkutan dengan sistem informasi secara lengkap akan dibahas di semester ini.


Saat semester 8 ini, kampus saya menghadirkan mata kuliah Sistem Informasi Eksekutif dan tentunya skripsi. Untuk disemester 8 ini saya belum bisa menjelaskan karena saya baru akan mulai bulan ini, tepatnya seminggu setelah tulisan ini saya buat.


2. Mengenai Minat dan Bakat

Minat dan bakat (konsentrasi) untuk dijurusan sistem informasi di kampus saya ada 3 : Pemrograman Web, Multimedia dan Database tepatnya pada semester 6 & 7.

Jadi saya waktu itu mengambil konsentrasi Pemrograman Web, mata kuliahnya itu Data Mining, Data Warehouse, Knowledge Management, Bisnis Intelligent, Customer Relationship management.


Saya dan teman-teman heran dengan konsentrasi disini tapi tidak ada prakteknya, semua teori. Ya walaupun ada beberapa saat UAS kita disuruh bikin website sesuai topik yang ditentukan.


Tetapi kami tidak butuh hasil project seperti itu, kami butuh proses dalam belajar pemrograman web, tetapi ternyata tidak disediakan. Saya tidak tau apakah ini dari kurrikulum kampus saya, atau dari dikti yang sudah menetapkan seperti ini.


3. Keunggulan dari jurusan sistem informasi daripada teknik informatika.

Jadi untuk keunggulannya itu terdapat pada bagian manajemennya, jadi ibaratnya rumah sakit, sistem informasi itu dia yang punya rumah sakit, sedangkan teknik informatikan itu dia yang bekerja di rumah sakit itu.

Jadi lebih kepada manajemen pengelolaan bisnis yang dikemas menjadi teknologi yang dapat bersambung dengan usaha (bisnis).


bagi kalian yang senang dengan wirausaha atau bisnis dan ingin bisnis kamu itu dikemas dengan teknologi yang mumpuni maka kamu harus masuk di jurusan sistem informasi ini.


4. Prospek lulusan kerja sistem informasi

Nah, untuk prospekmya sendiri itu sebenarnya sangat luas dan banyak industrinya. Lulusan sistem informasi bisa menjadi pengusaha (mendirikan startup), programmer (coder), analisis sistem, analisis data, manajemen, dan masih banyak selama itu berhubungan dengan teknologi informasi dan manajemen perusahaan (bisnis).

Sekian pengalaman saya selama 7 semester ini di sistem informasi, bagi kalian yang punya pengalaman silahkan komentar dibawah. Thx.