Jalur Masuk UIN, IAIN, STAIN Di Seluruh Indonesia


gambar via suara merdeka

Jalur masuk UIN, IAIN dan STAIN itu ada dua, yakni SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, jadi saya dulu waktu kelas 12 IPA di MAN 4 Boyolali mendaftar melalui SPAN-PTKIN di IAIN Salatiga jurusan "Pendidikan Bahasa Inggris" dan Alhamdulillahnya saya keterima, walaupun akhirnya saya pindah ke STMIK Duta Bangsa Surakarta jurusan Sistem Informasi (Sekarang namanya Universitas Duta Bangsa).

Jadi Jika selama ini masyarakat hanya mengenal dua proses untuk masuk perguruan tinggi negeri, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ternyata masih ada dua jalur resmi lainnya yang tidak banyak diketahui.

Jalur khusus ini dikhususkan untuk para calon pendaftar perguruan tinggi yang menyasar jurusan islami perguruan tinggi keagamaan Islam seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Jalur ini juga dapat ditempuh untuk seluruh pendaftar di seluruh Indonesia.

“Untuk pendaftar yang ingin masuk jurusan islami seperti Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, atau Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di seluruh UIN, IAIN, dan STAIN dapat mendaftar lewat jalur SPAN PTKIN dan UM-PTKIN,” terang Kabag Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H Sutaman, MA.

UM-PTKIN Setara SBMPTN
Dua jalur masuk tambahan UM-PTKIN dan SPAN PTKIN itu adalah program dari Kementrian Agama (Kemenag). H Sutaman mengatakan, jalur tersebut adalah jalur resmi yang setara dengan SNMPTN dan SBMPTN. Oleh Karena itu, para mahasiswa yang diterima lewat jalur tersebut juga mendapat perlakuan yang setara dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang masuk lewat jalur konvensional.

Yang menjadi pembeda hanyalah jurusan yang dapat diambil oleh calon mahasiswa dan satu tambahan materi dalam ujian masuk jalur tersebut. Jurusan yang dapat diambil adalah jurusan-jurusan yang memiliki karakteristik islami, sementara dalam ujian masuknya terdapat satu materi tambahan yaitu ilmu keislaman.