Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar


Kata pengantar biasanya menjadi dilema tersendiri bagi kita yang ingin menulis karya tulis, terutama makalah, penulisan kata pengantar makalah harus sesuai dengan tema yang di angkat, baik itu penjelasan judul didalam kata pengantar, atau penulisan nama pengajar (guru / dosen) didalam kata pengantar.


Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar

Apa itu Kata Pengantar Makalah ?

Kata pengantar makalah merupakan suatu kumpulan beberapa kalimat yang digunakan sebagai pembuka makalah, biasanya berisi ucapan rasa syukur dan rasa terima kasih dari seorang penulis.

Kata pengantar yang baik harus menggunakan tata bahasa yang baik pula, dan juga memberikan pembaca makalah kesan pertama yang menarik sebelum melanjutkan membaca di bab-bab berikutnnya.

Isi dari kata pengantar makalah sendiri merupakan hal-hal yang telah dilalui oleh penulis dalam menyelesaikan makalahnya serta siapa saja pihak-pihak yang telah membantu penyusunan makalah tersebut.


Fungsi Kata Pengantar Makalah

Seperti penjelasan pengertian kata pengantar makalah diatas, kata pengantar mempunyai fungsi untuk memberikan pengantar (berupa uraian beberapa kalimat dari isi makalah) kepada pembaca, agar pembaca dapat mengetahui tema makalah apa yang akan dibaca.

Lalu bagaimana cara menulis kata pengantar makalah yang baik dan benar ?

Berikut contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu jadikan referensi untuk pembuatan makalah yang baik dan benar.


1. Contoh Kata Pengantar Makalah Hukum

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehar fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas dari mata kuliah Hukum Acara dengan judul (judul makalah).

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada dosen kami (nama bapak/ibu dosen) yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini. Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Kata Pengantar

Segala puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT sebab karena limpahan rahmat serta anugerah dari-Nya kami mampu untuk menyelesaikan makalah kami dengan judul (judul makalah) ini.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi agung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah petunjuk yang paling benar yakni Syariat agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Selanjutnya dengan rendah hati kami meminta kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini supaya selanjutnya dapat kami revisi kembali. Karena kami sangat menyadari, bahwa makalah yang telah kami buat ini masih memiliki banyak kekurangan.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini.

Demikianlah yang dapat kami haturkan, kami berharap supaya makalah yang telah kami buat ini mampu  memberikan manfaat kepada setiap pembacanya.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

Kata Pengantar

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah pkn ini dengan judul (judul makalah).

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi agung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan beberapa tugas (mata kuliah/mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan).

Pada makalah ini akan dibahas mengenai pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian warga negara, asas kewarganegaraan serta tidak lupa pula akan dibahas mengenai hak serta kewajiban siswa Indonesia menurut UUD 1945.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini. Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pembaca.

Tak lupa dengan seluruh kerendahan hati, kami meminta kesediaan pembaca untuk memberikan kritik serta saran yang membangun mengenai penulisan makalah kami ini, untuk kemudian kami akan merevisi kembali pembuatan makalah ini di waktu berikutnya.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah bahasa indonesia ini tentang (judul makalah).

Kami sampaikan rasa terimakasih yang sebanyak-banyaknya untuk (ibu/bapak dosen) selaku dosen (nama mata kuliah/mata pelajaran) yang telah menyerahkan kepercayaannya kepada kami guna menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.

Kami juga berharap dengan sungguh-sungguh supaya makalah ini mampu berguna serta bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan sekaligus wawasan terkait dampak yang diakibatkan karena sampah, serta sekaligus langkah-langah tentang bagaimana sampah dapat diolah menjadi barang kerajinan yang dapat dipakai.

Selain itu kami juga sadar bahwa pada makalah kami ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif.

Di akhir kami berharap makalah sederhana kami ini dapat dimengerti oleh setiap pihak yang membaca. Kami pun memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam makalah kami terdapat perkataan yang tidak berkenan di hati.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis


5. Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Kata Pengantar

Ucapan puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami bersyukur, kami meminta ampunan dan kami meminta pertolongan.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Dengan hormat serta pertolongan-Nya, puji syukur, pada akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah kami dengan judul (judul makalah) dengan lancar. Kami pun menyadari dengan sepenuh hati bahwa tetap terdapat kekurangan pada makalah kami ini.

Oleh sebab itu, kami sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk materi evaluasi kami mengenai penulisan makalah berikutnya. Kami juga berharap hal tersebut mampu dijadikan cambuk untuk kami supaya kami lebih mengutamakan kualitas makalah di masa yang selanjutnya.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis


6. Contoh Kata Pengantar Makalah Hukum

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa sebab atas segala rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya, makalah mengenai (judul makalah) ini dapat diselesaikan tepat waktu. Meskipun kami menyadari masih banyak terdapat kesalahan didalamnya. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Bapak (nama bapak/ibu dosen/guru) yang telah membimbing dan memberikan tugas ini.

Kami sangat berharap dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat dan edukasi mengenai tindak pidana perkosaan yang tentunya perbuatan tersebut dapat merugikan korban dan juga diri sendiri. Selain itu makalah ini juga nantinya diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai hukuman bagi pelaku yang melakukan perkosaan terhadap anak-anak, khususnya anak yang berada di bawah umur. 

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk kemudian makalah kami ini dapat kami perbaiki dan menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Kami juga yakin bahwa makalah kami jauh dari kata sempurna dan masih membutuhkan kritik serta saran dari pembaca, untuk menjadikan makalah ini lebih baik ke depannya.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

7. Contoh Kata Pengantar Makalah #1

Kata Pengantar

Alhamdulillah, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul (judul makalah).

Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis (nama bapak/ibu penulis) yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

8. Contoh Kata Pengantar Makalah #2


Kata Pengantar

Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas penulis ucakan kepada Allah SWT, yang karena bimbingannyalah maka penulis bisa menyelesaikan sebuah karya tulis sosiologi berjudul (judul makalah).

Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan karya yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu saya dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini.

Saya menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karna itu saya mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini. Terima kasih, dan semoga makalah ini bisa memberikan sumbangsih positif bagi kita semua

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

9. Contoh Kata Pengantar Makalah #3


Kata Pengantar

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas (judul makalah).

Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah security yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah/mata pelajaran (nama mata kuliah/mata pelajaran).

Dalam proses pendalaman materi ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan kepada (nama dosen/guru), selaku dosen mata kuliah/mata pelajaran (nama mata kuliah/mata pelajaran), Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.

Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

10. Contoh Kata Pengantar Makalah #4


Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah mata kuliah (nama mata kuliah). Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah (nama mata kuliah). Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada (nama bapak/ibu dosen) selaku dosen mata kuliah (nama mata kuliah) dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

11. Contoh Kata Pengantar Makalah #5


Kata Pengantar

Puji syukur atas rahmat yang Allah SWT anugerahkan kepada kita sehingga kesehatan badan, iman dan pikiran tercurahkan kepada kita melalui rahmat-Nya. Kesehatan merupakan sesuatu yang paling berharga, dimana menjaga kesehatan pribadi harus dimulai dari menjaga kesehatan lingkungan baik itu tempat kerja maupun tempat pemukiman kita. Dalam hal ini sistem Plumbing memberikan andil yang cukup penting untuk menjaga kesehatan lingkungan gedung atau rumah tempat bekerja maupun tempat bermukim.

Makalah ini disusun dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami sebuah bangunan gedung hotel yang memeng sangat rumit untuk mengetahuinya secara otodidak dan diperlukan keahlian khusus dalam mengonsep sebuah bangunan hotel ini.

Akhirnya kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mendukung  penyusunan makalah ini. Selanjutnya kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sehingga akan menumbuhkan rasa syukur kami kepada rahmat Allah SWT dan dalam hal perbaikan makalah ini ke depannya.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

12. Contoh Kata Pengantar Makalah #6


Kata Pengantar

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas (judul makalah).

Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam  pemahaman akan perlindungan dan penyelamatan lingkungan dan pengetahuan tentang fitoremediasi  yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan lingkungan yang sehat dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas  mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah (nama mata kuliah).

Dalam  proses pendalaman materi (nama materi) ini,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, dan pengetahuan, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  kami sampaikan kepada (bapak/ibu dosen) selaku dosen mata kuliah (nama mata kuliah).

Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak  memberikan masukan untuk  makalah ini.

Demikian makalah ini kami buat semoga bermanfaat,

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis

13. Contoh Kata Pengantar Makalah #7


Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Penyusun juga panjatkan kehadiran Allah SWT, karena hanya dengan kerido’an-Nya Makalah dengan judul (judul makalah) ini dapat terselesaikan.

Penulis menyadari betul sepenuhnya bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, makalah ini tidak akan terwujud dan masih jauh dari sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis berharap saran dan kritik demi perbaikan-perbaikan lebih lanjut.

Akhirnya penulis berharap, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

(Tempat, tanggal pembuatan makalah)



Penulis


Dengan mengetahui berbagai contoh kata pengantar makalah diatas, kamu bisa membuat kata pengantar makalah dengan baik dan benar untuk makalah yang sedang kamu buat dan juga bisa kau jadikan referensi untuk membuat makalah yang baik dan benar.

Jika informasi kata pengantar makalah ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya kepada teman-teman supaya juga bisa membuat kata pengantar yang baik dan benar.


Referensi dari tugas makalah pribadi, academia, scribd.


Post a comment for "Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar"