Apa Itu Favicon ? Pengertian Favicon ?


Bagi yang belum tau ada logo disamping judul blog (blogger atau wordpress) atau website itu namanya favicon, atau dengan sebutan lain Favorite Icon. 

Gambar via SEO Checker
  Apa itu favicon ? 

Favicon (Favorite Icon) adalah ikon utama yang muncul pada address bar (Jendela) suatu laman web dan merupakan logo dari laman web tersebut, juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon.

Contoh nya pada gambar dibawah ini :



:Nah pada gambar diatas saya membuka 3 tab di browser Google Chrome pada tab whatsApp favicon nya logo WA, kemudian tab blogger diatas menggunakan logo B, dan yang paling kanan pada blog www.dediblog.id menggunakan favicon logo huruf Dn.

Jadi favicon digunakan selain sebagai logo tiap website juga dapat digunakan sebagai pembeda antara laman web satu dengan yang lainnya. karena bisa jadi kita membuka dua tab (dua website berbeda) untuk mencari informasi yang sama, dengan judul yang sama itu bisa membuat pengguna atau pembaca bingung ketika memilih.

Setelah mengetahui apa itu favicon bagi pengguna blog (blogger atau wordpress) atau website, langkah selanjutnya yaitu bagaimana mengganti favicon dengan logo sendiri yang sudah kita buat misalnya logo perusahaan, logo sekolah, logo pribadi, atau logo yang lainnya.

Bagaimana cara membuat favicon sendiri ?

Atau mengganti favicon dengan icon logo favorite kita ?

Berikut caranya : Cara mengganti favicon dengan logo sendiri.