Apa itu Cache ? Pengertian Cache dibrowser.

Pengertian Cache ?

Apa sih cache itu ? cache itu hampir disamakan dengan cookies padahal berbeda, apakah kamu sadar kalau setiap kita searching digoogle, mengunjungi situs-situs tertentu dibrowser itu gambar dan histori akan disimpan disuatu memori yang dapat mempermudah & mempercepat kita saat mengunjungi situs yang sama pada lain waktu.

Kalau kita biasanya menyebut cache dengan sebutan "sampah" itu tidak benar 100 persen ya, tergantung kita menyikapinya. Misalkan kita menunjungi situs itu hanya sesekali dan cache dibrowser kita itu lama tidak kita bersihkan, alhasil menumpuk hingga ratusan MB ya akhirnya malah membebani browser yang kita pakai atau bikin lemot browser kita (ex: chrome, firefox, opera mini, dll).


Tetapi sebaliknya jika kita mengunjungi situs itu sering bahkan setiap hari, misalkan situs kampus, sekolah, kantor, blogger, wordpress, dll. Maka cache disini akan sangat membantu kita dalam proses membuka situs tersebut (coba saja sendiri dan rasakan perbedaanya).





Lalu apa sih cache itu ?


saya akan kutip dari wikipedia (biar kelihatan pustakanya) : 

"Istilah Cache berasal dari kata bahasa Perancis cache yang berarti tempat sembunyi. Sesuai definisi tersebut cache adalah tempat menyimpan data sementara. Mekanisme ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada singgahan tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Singgahan adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Memori singgahan ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama."

bisa kalian praktekkan sendiri cara kerja cache dibrowser kalian, bahkan jika kalian membuka situs yang banyak gambarnya, ex: pixabay, freepik, google gambar, instagram, dll. maka otomatis penyimbanan cache akan semakin dibersihkan.


Saran saya supaya kalian sesering mungkin untuk membersihkan cache dibrowser kalian agar browser kalian lebih ringan dan tidak banyak memakan memori & satu lagi : cache itu tidak sepenuhnya buruk atau sampah. Semua ada kelebihan dan kekurangan.