Pengalaman Wisata Ke Bromo (Rekomendasi Tempat Wisata Nih)

"Bagian kalian yang ingin wisata ke bromo (tepatnya di malang, jawa timur), silahkan membaca pengalaman saya ini & bagi yang ingin bertanya silahkan untuk komen juga dibawah." Oiya untuk semua foto dibawah ini real foto dari kami.

Ketika masa liburan kuliah semester 4 (mungkin sekitar 1 bulan liburnya), kakak saya yg memang mulai suka (hobi) travelling menghubungi saya untuk ikut serta dalam perjalanan (lebih tepatnya refreshing juga sih) ke bromo, mungkin saat itu saya berfikir akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa, karena baru sekali ini berwisata kesatu tempat tetapi banyak spot area nya dan dengan pemandangan yang pasti akan membuat mata tidak akan letih untuk memandang segala keindahannya.

Sebelumnya saya akan berikan informasi bagi yang masih awam dengan gunung bromo : Gunung Bromo atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang (Dari Wikipedia).

Nah saat itu kami ke bromo malang menggunakan paket "Trip Wisata Bromo", ya untuk harganya pasti berubah-ubah setiap tahun atau bahkan bulan, jadi silahkan cek sendiri cari di google ya untuk info paket trip wisata bromo nya.

Saat itu pada tanggal 10 November 2017, saya sudah mulai berangkat dari solo menuju ke malang, saat itu karena saya cari tiketnya itu mendadak jadi lumayan susah dapetnya, tapi alhamdulillah dapet tiket dari bus mini rosalia indah.

Kalau di jadwal & tiket tertulis berangkat dari gilingan (agen rosalia indah deket terminal tirtonadi) jam 09:30 tapi ternyata molor sampai jam 10:30 baru nyampe nih bisnya, mungkin ada kendala di jalan.

Nah akhirnya sampai di agen rosalia indah di malang, saya lupa alamatnya waktu itu, yang pasti sampai disana sudah jam 20:30 (kurang lebih 10 jam perjalanan) lama juga sih saya kira cuma 8 jam an aja. waktu itu kakak saya sudah sampai duluan di malang & sudah di penginapan.

Saya langsung order gojek yang saat itu daerah agen sudah sangat sepi karena hanya beberapa orang saja saja yang berhenti sampai di agennya, dan mungkin sekitar 10 menit sampai juga di penginapan (lumayan buat istirahat sebentar) karena jam 10 sudah berangkat mulai ke bromo nya.

Sebelum saya lanjutkan disini saja bagikan buat kalian apa saja tempat wisata bromo yang kami kunjungi :

1. Sunrise Penanjakan
2. Bukit Cinta (spot foto)
3. Kawah Gunung Bromo
4. Pura Luhur Poten
5. Bukit Teletubies / Padang Savana
6. Pasir Berbisik

Include + Fasilitas dari travel bromo :
1. All New Avanza + Driver + BBM ( Surabaya/Malang – Bromo PP)
2. Sewa Jeep ke Pananjakan
3. Tiket wisatawan di Bromo dan Madakaripura
4. Snack + Air Mineral
5. Villa Transit
6. Parkir + Tol
7. Makan 1 kali (sepulang dari Bromo)

Tidak Termasuk:
1. Sewa kuda
(bisa jalan kaki ke puncak bromo, saya & kakak saya pun jalan kaki walau capek tapi terasa lebih totalitas sih, wkwk.)
2. Pengeluaran pribadi
(jajan pribadi, sewa jaket & lainnya)

Day 1

21.00 – 22.00
Oke saya lanjut cerita, tidak terasa sudah jam 22:00 dan ternyata dari jam 21:00 pak sopir yang menjemput kami (dari paket tour bromo) sudah menunggu di depan villa (penginapan). tapi karena bapaknya mungkin sudah terbiasa menunggu ya jadinya sabar.

Day 2
01.00
Alhamdulillah sudah sampai di villa transit, jadi sampai sini mobil sudah nggak bisa naik lagi (wajib pakai jeep)

01:15
Bersiap – siap untuk Bromo Sunrise Tour, jadi kami mulai tuh siap-siap barang-barang yang mau dibawa keatas, jaket mulai dipakai, sarung tangan, kaos kaki & perlengkapan lainnya, karena memang disana sudah sangat dingin.

02.00
Menuju Penajakan 1 untuk melihat Matahari Terbit / Sunrise, kami menggunakan jeep dari tour travel yang ternyata malam itu banyak juga pengunjung (wisatawan) yang naik keatas juga, jadi walaupun dikegelapan malam lumayan rame dijalannya.

03.30
Tiba di Penanjakan 1. Lalu kami menunggu terbitnya matahari untuk menikmati keindahan Sunrise. satu setengah jam menunggu & menikmati dinginnya bromo saat itu.

06.00
Turun ke Lautan Pasir, nah disini memang lebih cocok disebutnya bukan lautan tetapi samudra, "Samudra Pasir Bromo", karena memang sangat luas seperti tak berujung.
Bagi yang penasaran dengan jeepnya itu seperti ini :

06.30
Berjalan kaki / naik kuda menuju Kawah Bromo dengan pemandangan Pura Luhur Poten disebelah kiri dan Gn. Batok sebelah kanan. sebenarnya capek juga sih jalan kaki (mungkin sekitar 1 km) untuk mencapai ujung yaitu kawah bromo yang memang tujuan dari wisatawan semua, dan ternyata untuk naik kita wajib jalan kaki melewati anak tangga yang super panjang.

Nah untuk foto diatas kawah bromo kami foto banyak sekali, & saya juga buat beberapa video di atas kawah, sangat indah berada diatas kawah bromo, dan baunya juga khas bau belerang.

08.30
Berkumpul di parkir jeep menuju ke padang savana / bukit teletubbies, jadi padang savana atau yang lebih dikenal dengan nama bukit teletubbies ini karena bentuknya yang mirip sama bukit-bukit yang ada di serial film teletubbies jaman dulu gitu, warnanya hijau dan luas.

09.00 Berkumpul di kembali menuju pasir berbisik.
Untuk pasir ini lebih tepatnya juga samudra pasir, karena luasnya pasir disini & sering kali ketika ada angin lewat menimbulkan suara yang seolah-olah pasir itu berbisik sama kita.

11.00 Kembali ke villa transit. Akhirnya harus berpisah dengan bromo, terima kasih untuk tour travel (saya tidak menyebutkan namanya ya) juga pelayanan yang cukup memuaskan, mas-mas yang nyetir jeep juga enak diajak ngobrol & dimintain buat fotoin juga nggak papa.

13.00 Kembali ke Malang / Surabaya

Jujur ini bunga bagus sebenernya, susah dicari juga & belinya di sekitar kawah bromo (tepatnya sebelum naik tangga). Tapi waktu pulang malah ketinggalan di bis, maaf ya kak ya bunganya hilang, hehe.

Demikian sedikit cuplikan cerita mengenai pengalaman wisata ke bromo, mungkin bagi kalian yang belum ke bromo & pengen refreshing, saya rekomendasikan untuk ke sana.