Makalah Analisis Business Intelligence Pada Gojek


MAKALAH
ANALISIS BUSINESS INTELLIGENCE PADA GOJEK

“Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bisnis Intelijen”










UNIVERSITAS DUTA BANGSA
SURAKARTA
2019



KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Analisis Business Intelligence Pada Gojek”.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah dengan judul “Analisis Business Intelligence Pada Gojek” ini dapat memberikan manfaat terhadap pembaca.

                                                                                Surakarta,

       

        2019
                                                                             Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL 
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.   Profil Gojek 
2.   Rumusan Masalah
3.   Tujuan Penelitian

BAB II PEMBAHASAN
1.   Apa saja fasilitas yang terdapat pada aplikasi gojek ?
2.   Apa saja komponen sistem informasi pada aplikasi gojek? 
3.   Bagaimana berjalannya sistem pada aplikasi gojek ? 
4.   Apa penerapan business intelijen pada aplikasi gojek ? 

BAB III PENUTUP
          Kesimpulan 
          Saran

DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN
1.   Profil Go-Jek
PT GO-JEK Indonesia adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi yang menggunakan armada Ojek Motor yang tersebar dihampir seluruh wilayah cakupan Indonesia.PT GO-JEK Indonesia didirikan oleh Nadiem Makarim, ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown University.perusahaan ini didirikan pada tahun 2011. Kantor pusat yang terletak di Jl. Kemang Timur No.15, Mampang Prapatan.Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Seiring berkembang nya permintaan masyarat terhadap layanan GO-JEK, kini GO-JEK mempunyai kantor cabang di setiap daerah.

PT GO-JEK Indonesia sudah mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengojek mencapai 10.000 orang yang bergabung. Tidak hanya wilayah Jabodetabek, GO-JEK sudah melebarkan sayapnya hingga ke Bali, Bandung, dan Surabaya.Fungsi kantor pusat yaitu tempat dimana server dan peralatan dan juga karyawan operator bekerja juga tempat penyimpanan server dari Go-jek Online dan juga tempat dimana konsumen menyampaikan keluhan atas pelayanan yang berikan dan juga pusat koordinasi antara pimpinan dengan tukang ojek.

Visi dan Misi Gojek
·        Visi :
 “Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya”

·        Misi :
1. Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.
2. Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
3. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
4. Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan

2.   Rumusan Masalah
a. Apa saja fasilitas yang terdapat pada aplikasi gojek ?
b. Apa saja komponen sistem informasi pada aplikasi gojek?
c. Bagaimana berjalannya sistem pada aplikasi gojek ?
d. Apa penerapan business intelijen pada aplikasi gojek ?

3.   Tujuan Makalah
Makalah ini bertujuan untuk menganalisa mengenai business intelijen pada aplikasi gojek serta komponen sistem yang berjalan pada aplikasi gojek.



BAB II
PEMBAHASAN

A.  Apa saja fasilitas yang terdapat pada aplikasi gojek ?
1.   Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.

2.   Go-Car
Layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.

3.   Go-Food
Layanan pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran

4.   Go-Send
Layanan kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.

5.   G0-Mart
Layanan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam toko.

6.   Go-Box
Layanan pindah barang ukuran besar menggunakan truk bak/blind van.

7.   Go-Massage
Layanan jasa pijat kesehatan profesional langsung ke rumah Anda.

8.   Go-Clean.
Layanan jasa kebersihan profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor Anda.

9.   Go-Glam
Layanan jasa perawatan kecantikan untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah Anda.

10.Go-Tix
Layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.

11. Go-Busway
Layanan untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.

12. Go-Pay
Layanan dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam aplikasi GO-JEK.

13. Go-Med
Layanan terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi.

14. Go-Auto
Layanan auto care, auto service, dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.

15. Go-Pulsa
Layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY.

B.  Apa saja komponen sistem informasi pada aplikasi gojek?
1.   Perangkat Lunak : merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Go-Jek menawarkan perangkat lunak berupa aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Sehingga user dapat terhubung dan memanfaatkan sistem informasi yang ada.

2.   Perangkat Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada. Go-Jek menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa aplikasi Go-Jek oleh user.

3. People : merupakan semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan data. Dalam Go-Jek terdapat pihak-pihak sebagai berikut : Programmer, System Analyst, Administrator Database, Driver atau suksesor layanan lainnya, User / Penumpang, dan lain lain.

4.   Basisdata / Data : Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Pada Go-Jek antara lain adalah data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.

5.   Jaringan Komputer : merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama. Go-Jek menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan pengguna atau klien dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.

6. Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki. Hal-hal yang menyangkut sistematika proses dalam aplikasi Go-Jek, seperti SOP Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP Rekruitmen, dan lain-lain

C.  Apa penerapan business intelijen pada aplikasi gojek ?
Bisnis intelegent lebih erat dengan big data agar selalu mendapatkan data dengan velocity yang sangat besar, dan harus mampu dibaca secara cepat dan cermat. Mengawali implementasi data untuk pelaporan ada akhirnya Business Intelligence mulai menjadi divisi khusus yang fokus pada pengolahan data secara lebih terstruktur. Kini sudah ada tim yang didedikasikan khusus sebagai data science dan data engineer untuk tidak hanya sekedar melaporkan data yang masuk, tapi lebih dari itu. Termasuk untuk memproyeksikan berbagai hal dengan data yang dimiliki. Keputusan tepat di tengah persaingan yang kuat

Dengan data ini, GO-JEK dapat menyesuaikan policy misalnya di jam-jam rame pada area tertentu, untuk menggiring pengemudi di sana, bisa memberikan bonus khusus untuk mitra yang mengambil pesanan dari area tersebut. Dan masih banyak skenario lain yang bisa dioptimalkan dengan hasil pengelolaan data bisnis. contoh nya dapat mengetahui lokasi mana yang banyak order pada jam tertentu.



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
GO-JEK sangat menguntungkan terutama karena kemudahan transaksi antara calon konsumen dengan driver gojek yang efektif dan efisien selain itu gojek tidak perlu dilakukan tawar menawar harga karena sudah ditentukan terlebih dahulu . GO-JEK juga bisa mengantar kita ketempat tujuan yang benar karena menggunakan gprs dan juga mudah menemukan lokasi yang belum diketahui konsumen. Disamping itu GO-JEK juga memiliki beberapa kelemahan seperti sulitnya masyarakat yang belum memahami teknologi terbaru seperti “smartphone” untuk memesan jasa layanan masyarakat tersebut. 

Pada Situs atau aplikasi Gojek ini sudah menggunakan kecerdasan bisnis atau business intelijen sehingga dalam pengelolaan data yang begitu besar dan banyak menjadi lebih mudah, baik data transaksi dari customer yang ada di jabodetabek maupun customer dari kota-kota lain seperti bandung, surakarta, surabaya, malang, dan kota-kota yang lain. Dan dalam analisis mengenai banyaknya order pada suatu tempat dapat dimanfaatkan menggunakan business intelijen.



DAFTAR PUSTAKA

Eman Marsel, Tumble Alje, Sumarau Jacky 2017. Analisis Sistem Informasi PT. Gojek Indonesia.. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, Vol.5 No.2.

Gelegakzaki.wordpress.com/diagram-dan-analisa-bagaimana-go-jek-berjalan