Uncategorized

Makalah Analisis Business Intelligence Pada Gojek

Makalah Analisis Business Intelligence Pada Gojek – Contoh makalah dibawah ini adalah Makalah Analisis Business Intelligence Pada studi kasus startup Gojek, makalah ini bertujuan untuk membantu bagi yang ingin membuat tugas makalah tetapi bingung mencari referensi, makalah ini bisa dijadikan referensi dalam penulisan makalah.

MAKALAH
ANALISIS
BUSINESS INTELLIGENCE PADA GOJEK
“Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bisnis Intelijen”

Makalah Analisis Bisnis
KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha
Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas
kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada
kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Analisis Business
Intelligence Pada Gojek”.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk kedepannya dapat
memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun
pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh
karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah
dengan judul “Analisis Business Intelligence Pada Gojek” ini dapat memberikan
manfaat terhadap pembaca.
                                                                                Surakarta,
       

        2019
                                                                                 Penyusun



DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL 
KATA
PENGANTAR 
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.   Profil
Gojek 
2.   Rumusan
Masalah
3.   Tujuan
Penelitian
BAB
II PEMBAHASAN
1.   Apa
saja fasilitas yang terdapat pada aplikasi gojek ?
2.   Apa
saja komponen sistem informasi pada aplikasi gojek? 
3.   Bagaimana
berjalannya sistem pada aplikasi gojek ? 
4.   Apa
penerapan business intelijen pada aplikasi gojek ? 

BAB
III PENUTUP
          Kesimpulan 
          Saran
DAFTAR
PUSTAKA

BAB
I
PENDAHULUAN
1.   Profil
Go-Jek
PT GO-JEK Indonesia adalah sebuah
perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi yang menggunakan armada Ojek Motor
yang tersebar dihampir seluruh wilayah cakupan Indonesia.PT GO-JEK Indonesia
didirikan oleh Nadiem Makarim, ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia
kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown
University.perusahaan ini didirikan pada tahun 2011. Kantor pusat yang terletak
di Jl. Kemang Timur No.15, Mampang Prapatan.Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus
Ibukota Jakarta 12730. Seiring berkembang nya permintaan masyarat terhadap
layanan GO-JEK, kini GO-JEK mempunyai kantor cabang di setiap daerah.

PT GO-JEK
Indonesia sudah mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengojek mencapai
10.000 orang yang bergabung. Tidak hanya wilayah Jabodetabek, GO-JEK sudah
melebarkan sayapnya hingga ke Bali, Bandung, dan Surabaya.Fungsi kantor pusat
yaitu tempat dimana server dan peralatan dan juga karyawan operator bekerja
juga tempat penyimpanan server dari Go-jek Online dan juga tempat dimana
konsumen menyampaikan keluhan atas pelayanan yang berikan dan juga pusat
koordinasi antara pimpinan dengan tukang ojek.

Visi dan Misi Gojek
·       
Visi :
 “Membantu
memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi
masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen,
belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut
mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya”

·       
Misi :
1.
Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam
melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.
2.
Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata
kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
3.
Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
4.
Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan
2.   Rumusan
Masalah
a. Apa saja fasilitas yang terdapat pada aplikasi gojek ?
b. Apa saja komponen sistem informasi pada aplikasi gojek?
c. Bagaimana berjalannya sistem pada aplikasi gojek ?
d. Apa penerapan business intelijen pada aplikasi gojek ?
3.   Tujuan
Makalah
Makalah ini bertujuan untuk menganalisa mengenai business
intelijen pada aplikasi gojek serta komponen sistem yang berjalan pada aplikasi
gojek.



BAB
II
PEMBAHASAN
A.  Apa
saja fasilitas yang terdapat pada aplikasi gojek ?
1.   Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor yang dapat mengantar
Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.

2.   Go-Car
Layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar
Anda kemanapun dengan nyaman.

3.   Go-Food
Layanan
pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000
daftar restoran

4.   Go-Send
Layanan kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk
mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.

5.   G0-Mart
Layanan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan
jenis barang dari berbagai macam toko.

6.   Go-Box
Layanan pindah barang ukuran besar menggunakan truk
bak/blind van.

7.   Go-Massage
Layanan jasa pijat kesehatan profesional langsung ke
rumah Anda.

8.   Go-Clean.
Layanan jasa kebersihan profesional untuk membersihkan
kamar kos, rumah dan kantor Anda.

9.   Go-Glam
Layanan jasa perawatan kecantikan untuk
manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah Anda.

10.Go-Tix
Layanan informasi acara dengan akses pembelian dan
pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.

11. Go-Busway
Layanan untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta
dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.

12. Go-Pay
Layanan dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam
aplikasi GO-JEK.

13. Go-Med
Layanan terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin
dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi.

14. Go-Auto
Layanan auto care, auto service, dan towing &
emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.
15. Go-Pulsa
Layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK
dengan menggunakan GO-PAY.
B.  Apa
saja komponen sistem informasi pada aplikasi gojek?
1.   Perangkat
Lunak : merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data
melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Go-Jek
menawarkan perangkat lunak berupa aplikasi Android, IOS, dan juga Website.
Sehingga user dapat terhubung dan memanfaatkan sistem informasi yang ada.

2.   Perangkat
Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada. Go-Jek
menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa
aplikasi Go-Jek oleh user.

3. People
: merupakan semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem
informasi, pemrosesan, dan penggunaan data. Dalam Go-Jek terdapat pihak-pihak
sebagai berikut : Programmer, System Analyst, Administrator Database, Driver
atau suksesor layanan lainnya, User / Penumpang, dan lain lain.

4.   Basisdata
/ Data : Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat
digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Pada Go-Jek antara lain adalah
data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.

5.   Jaringan
Komputer : merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama. Go-Jek
menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan pengguna atau klien
dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.

6. Prosedur
: Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan
kesesuaian keluaran yang dikehendaki. Hal-hal yang menyangkut sistematika
proses dalam aplikasi Go-Jek, seperti SOP Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP
Rekruitmen, dan lain-lain
C.  Apa penerapan
business intelijen pada aplikasi gojek ?
Bisnis
intelegent lebih erat dengan big data agar selalu mendapatkan data dengan
velocity yang sangat besar, dan harus mampu dibaca secara cepat dan cermat.
Mengawali implementasi data untuk pelaporan ada akhirnya Business Intelligence
mulai menjadi divisi khusus yang fokus pada pengolahan data secara lebih
terstruktur. Kini sudah ada tim yang didedikasikan khusus sebagai data science
dan data engineer untuk tidak hanya sekedar melaporkan data yang masuk, tapi
lebih dari itu. Termasuk untuk memproyeksikan berbagai hal dengan data yang
dimiliki. Keputusan tepat di tengah persaingan yang kuat

Dengan
data ini, GO-JEK dapat menyesuaikan policy misalnya di jam-jam rame pada area
tertentu, untuk menggiring pengemudi di sana, bisa memberikan bonus khusus
untuk mitra yang mengambil pesanan dari area tersebut. Dan masih banyak
skenario lain yang bisa dioptimalkan dengan hasil pengelolaan data bisnis.
contoh nya dapat mengetahui lokasi mana yang banyak order pada jam tertentu.



BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
GO-JEK sangat menguntungkan terutama karena
kemudahan transaksi antara calon konsumen dengan driver gojek yang efektif dan
efisien selain itu gojek tidak perlu dilakukan tawar menawar harga karena sudah
ditentukan terlebih dahulu . GO-JEK juga bisa mengantar kita ketempat tujuan
yang benar karena menggunakan gprs dan juga mudah menemukan lokasi yang belum
diketahui konsumen. Disamping itu GO-JEK juga memiliki beberapa kelemahan
seperti sulitnya masyarakat yang belum memahami teknologi terbaru seperti
“smartphone” untuk memesan jasa layanan masyarakat tersebut. 

Pada Situs atau aplikasi Gojek ini sudah
menggunakan kecerdasan bisnis atau business intelijen sehingga dalam
pengelolaan data yang begitu besar dan banyak menjadi lebih mudah, baik data
transaksi dari customer yang ada di jabodetabek maupun customer dari kota-kota
lain seperti bandung, surakarta, surabaya, malang, dan kota-kota yang lain. Dan
dalam analisis mengenai banyaknya order pada suatu tempat dapat dimanfaatkan
menggunakan business intelijen.



DAFTAR
PUSTAKA
Eman
Marsel, Tumble Alje, Sumarau Jacky 2017. Analisis Sistem Informasi PT. Gojek
Indonesia.. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, Universitas Sam
Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, Vol.5 No.2.
Gelegakzaki.wordpress.com/diagram-dan-analisa-bagaimana-go-jek-berjalan

Tags

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *