Uncategorized

Etika Profesi & Profesionalitas Dalam Dunia Pendidikan (Studi Kasus: SMP Kanisius 1 Surakarta)

gambar via iansrama

ETIKA
PROFESI & PROFESIONALITAS DALAM DUNIA PENDIDIKAN
(Studi
Kasus: SMP Kanisius 1 Surakarta)

ABSTRAK
Etika
adalah dasar pertimbangan atau pedoman dalam pembuatan keputusan tentang nilai
nilai tentang moral manusia, yang baik dan buruk dalam interaksinya dengan
lingkungan atau masyarakat serta nilai yang dianut didalam suatu kelompok
golongan. Dalam penerapan kehidupan sehari-hari setiap orang perlu menerapkan
etika, begitu pula dalam profesi keguruan. Etika profesi keguruan sangat
diperlukan dalam dunia pendidikan. Pekerjaan guru adalah sebuah pekerjaan yang
professional, yang diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan yang
berkualitas dan berstandar tinggi. Profesi guru akan mendapat kepercayaan
tinggi dari masyarakat , bilamana ada kesadaran kuat untuk melaksanakan etika profesi,
tanpa etika guru akan mendapat celaan dari masyarakat.
Kata Kunci : etika, profesi,
profesionalitas, kode etik guru



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Guru
adalah salah satu aktor dominan yang memiliki peran menjadi satu indicator
keberhasilan peserta didik dalam 
memberikan  ilmu pengetahuan dan
tehnologi serta menanamkan etika dan moral serta nilai –nilai agama . Dalam
pelaksanaan tugasnya guru menjadi sosok yang dijadikan panutan dan ditiru oleh
peserta didik, Guru yang telah menjadi panutan bagi muridnya, untuk itu sangat
diperlukan etika guru dalam melaksanakan kewajibannya. Berbagai tingkah laku
yang dilakukan oleh peserta didik tidak lepas dari adanya pengaruh guru yang
menjadi pengganti orangtua di sekolah. Peserta didik akan mengamati tingkah laku
guru kemudian menirunya.
Etika
profesi keguruan sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Pekerjaan guru
adalah sebuah pekerjaan yang professional, yang diperoleh melalui proses
pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dan berstandar tinggi. Profesi guru
akan mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat , bilamana ada kesadaran kuat
untuk melaksanakan etika profesi , tanpa etika guru akan mendapat celaan dari
masyarakat
TINJAUAN PUSTAKA
Etika dan Profesionalitas
Menurut
Maryani & Ludigdo (2001), etika adalah seperangkat aturan atau norma atau
pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang
harus ditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau
profesi. Sedangkan menurut KBBI, etika adalah nilai mengenai benar dan salah
yang dianut suatu golongan atau masyarakat Etika adalah Ilmu tentang apa yang
baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
Maka
dapat disimpulkan bahwa Etika adalah dasar pertimbangan atau pedoman dalam
pembuatan keputusan tentang nilai nilai tentang moral manusia, yang baik dan
buruk dalam interaksinya dengan lingkungan atau masyarakat serta nilai yang
dianut didalam suatu kelompok golongan.
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Profesional bersangkutan dengan dengan
profesi yang membutuhkan kepandaian khusus untuk menjalankannya. Sedangkan
menurut Budi Purnawanto, Profesional adalah bagian dari proses, fokus kepada
output dan berorientasi ke customer.
Kode Etik Guru
Kode
etik guru Indonesia dapat dirumuskan sebagai himpunan nilai-nilai dan
norma-norma profesi guru yang tersusun dengan baik dan sistematik dalam suatu
sistem yang utuh dan bulat (Soetjipto dan Kosasi, 1999: 34)
METODE PENELITIAN
Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian
ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kanisius 1 Surakarta. Waktu penelitian
dilakukan pada bulan Maret 2018.
Sampel Penelitian
Sampel
penelitian diambil secara acak sebanyak 3 guru dan karyawan SMP Kanisius 1
Surakarta.
Teknik
penarikan sampel menggunakan taknik sampling jenuh. Sehingga sampel sudah
mewakilkan sebagian besar dari populasi.
Jenis dan Sumber Data
Dalam
kegiatan penelitian ini, digunakan dua sumber data yang relevan dan lengkap,
antara lain :
1.  
Data Primer, melakukan wawancara dengan
beberapa guru dan karyawan. Pertanyaan yang diajukan tentang konsep etika dan
profesionalitas seorang pendidik serta penerapannya dalam lingkungan akademik.
2.  
Data Sekunder, melakukan kajian pustaka
didapat dari referensi buku-buku yang berkaitan dengan etika dan
profesionalitas juga sumber lain berupa artikel, dan sebagainya.
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan
data dengan melakukan observasi, studi pustaka, dan wawancara (interview)
kepada responden. Yaitu perwakilan guru dan karyawan SMP Kanisius 1 Surakarta.
Teknik Analisis Data
Analisis
data dalam penelitian ini dengan analisis kualitatif secara deskritif. Jadi,
membuat uraian dari informasi yang diperoleh dengan bahasa kualitatif.
Pendekatan induktif, akan menghasilkan teori-teori sebagai hasil penelitian
kualitatif dari proses pengumpulan data, analisis, abstraksi dan kesimpulan
(Lexy. J.Moeloeng, 2009:5).
HASIL DAN PEMBAHASAN
Daftar Pertanyaan Wawancara
1.   Menurut
bapak/ibu apakah etika itu ?
2.   Menurut
bapak/ibu apakah profesionalitas itu ?
3.   Mengapa
etika / profesionalitas perlu diterapkan di lingkungan kerja ? dan apakah
manfaat nyata dari penerapan etika/profesionalitas tersebut ?
4. Bagaimana
contoh penerapan etika / profesionalitas bekerja pada SMP Kanisius 1 Surakarta
?
5. Apakah
Lingkungan akademik atau pendidikan di Indonesia sudah menerapkan etika /
profesionalitas yang baik ? Kalau belum apakah solusi tentang masalah tersebut
?
Hasil Wawancara
Jawaban
  : Responden 1
Nama
       : Ibu Nike
1.    Etika adalah nilai baik dan buruk perbuatan
manusia.
2. Profesionalitas adalah karakter / kemampuan
kerja seseorang secara profesional menyangkut pengetahuan, perilaku, dan juga
tutur kata harus serasi/seimbang
3.
Karena selain menadi guru harus memiliki
kemampuan sesuai dengan bidang pengetahuannya juga dituntut dalam tutur kata
perilaku perbuatan juga diaplikasikan dalam perilaku sehari-hari.
4. Tidak hanya sebagai pengajar tapi adalah
sebagai pendidik yaitu mendampingi, budi pekerti, karakter siswa dan siswi
kami.
5.
Sudah terlaksana dengan pertama adalah sumpah
jabatan. Kalaupun ada yg belum itu merupakan tanggung jawab moril kepada Tuhan
karena yang namanya karakter timbul dari kesadaran diri.
Jawaban
  : Responden 2
Nama
     : Ibu Jumi
1.
Etika adalah hal yang penting yang menjadi
dasar dalam kehidupan manusia dari bentuk perilaku, sikap, yang menjadi
karakter seseorang.
2.
Profesionalitas adalah Kemampuan seseorang
dalam melaksanakan tugas/tanggung jawab.
3.
Karena bekerja akan berhasil atau tidak
tergantung dari profesionalitas seseorang tentang apa yang harus ia lakukan
terhadap tanggung jawabnya.
4.
Penerapan menyeluruh tidak hanya pada guru
tapi juga seluruh warga sekolah.
5.
Sudah menerapkan dengan baik, tapi dalam
perkembangan terutama pendidikan dalam bidang pendidikan karakter sejak dini
sampai jenjang lanjut.
Jawaban
  : Responden 3
Nama
     : Bapak Kristiawan
1.
Etika   adalah  sebuah   peraturan/norma
yang  dapat digunakan sebagai acuan bagi perilaku
seseorang berupa tindakan baik/buruk
2.
Profesionalitas adalah karakter kerja dalam
menekuni profesinya atau kemampuan untuk bertindak profesional.
3.
Pada setiap bagian diberikan tugas sesuai
dengan kemampuan dan keahlian di bidangnya.
4.
Pada saat ada banyak pekerjaan memberatkan
satu orang maka teman yang longgar membantu untuk meringankan.
5.
Dalam mengatasi profesionalitas tiap bulan
ada rapat pembinaan termasuk di dalamnya adalah etika dan profesionalitas
tersebut.
Pembahasan
Pertanyaan no.1
1.  
Etika merupakan nilai baik dan buruk.
2.  
Etika merupakan dasar kehidupan dari perilaku
dan sikap.
3.  
Etika adalah norma sebagai acuan.
Pertanyaan no.2
1.  
Profesionalitas adalah kemampuan kerja.
2.  
Profesionalitas merupakan penyelesaian
tugas/tanggung jawab.
Pertanyaan no.3
1.  
Pemberian tugas sesuai kemampuan merupakan
keberhasilan dari sebuah profesi.
2.  
Seseorang mempunyai jiwa profesional akan
memiliki rasa tanggung jawab tentang apa yang harus ia lakukan terhadap pekerjaannya.
Pertanyaan no.4
1.  
Kesadaran diri akan rekan kerja yang butuh
bantuan merupakan penerapan yang penting.
2.  
Guru sebagai pendidik harus bisa memberikan
contoh dan membimbing.
3.  
Penerapan etika dan profesionalitas adalah
kepada seluruh warga sekolah.
Pertanyaan no.5
1.  
Mengatasi profesionalitas dengan evaluasi.
2.  
Mengatasi pembentukan etika dengan pendidikan
karaker sejak dini.
3.  
Etika merupakan dasar yang diberikan oleh
Tuhan.
KESIMPULAN
1.  
Etika adalah segala bentuk perbuatan manusia
yang didasari dari norma sebagai acuan.
2.  
Profesionalitas merupakan kemampuan seseorang
menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan penerapan ilmu pengetahuan yang
dimilikinya.
3.  
Dalam profesi keguruan dituntut bukan hanya
mahir dalam ilmu pengetahuan akan tetapi penerapan etika dan profesionalitas
kerja yang tinggi agar menjadi contoh bagi para murid.
4.  
Pekerjaan dapat diselesaikan secara maksimal
apabila sesuai dengan profesi bidang keahlian seseorang.
5.  
Kesadaran akan etika dan profesionalitas
sangat diperlukan untuk menjaga hubungan tetap erat dan pekerjaan tepat waktu
6.  
Penerapan etika dalam dunia pendidikan
khususnya sekolah, menyangkut seluruh warga sekolah. Baik itu guru, karyawan,
siswa maupun petugas kebersihan atau kantin.
7.  
Setiap penerapan etika dan profesionalitas
yang baik tentu setiap organisasi harus perlu mengadakan pertemuan berkala
untuk mendapatkan evaluasi terbaik untuk meningkatkan kualitas organisasi
tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Budi,
Purnawanto. 2007. Manajemen SDM Berbasis Proses. Jakarta: Grasindo
Lexy.
J. Moeloeng,. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Maryani,
T. dan U. Ludigdo. 2001. Survei Atas Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap
dan Perilaku Etis Akuntan
. TEMA. Volume II Nomor 1. Maret. p. 49-62.)
Soetjipto
& Kosasi, Raflis. 1999. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *