Download DevExpress Versi 14.0 dan Penjelasan.

DevExpress adalah suatu aplikasi tambahan untuk Visual Studio yang berisi control-control yang membantu kita untuk membuat sebuah aplikasi yang profesional dari segi :

- user interface, 
- fitur yang lebih lengkap, 
- serta lebih cepat dalam mengelola data.

Berikut untuk link download : "DevExpress Versi 14.0"


Gambar dari dotnetclan.blogspot.com

Contoh perbandingannya :

TextBox vs TextEdit

Apabila kita ingin membuat Form registrasi dimana data yang akan di input berupa angka, maka kita harus memvalidasi nilai dari TextBox agar merupakan sebuah angka yang valid, katakanlah "1234" dan "1.234" adalah nilai yang valid, sedangkan "1234a" dan "1.234a" adalah nilai yang tidak valid. Apabila menggunakan TextBox biasa, kita perlu membuat script tersendiri untuk melakukan validasi terhadap nilai TextBox tersebut, bisa dengan TextChanged,KeyDown, dan lainnya.

Bayangkan apabila kita akan membuat 10 Form yang menggunakan validasi yang sama? Berapa banyak script yang harus kita buat hanya untuk memvalidasi nilai dari TextBox? Meski sebenarnya kita bisa membuat User Control sendiri, namun itupun kita harus membuat scriptnya juga, dan tentunya tidak cukup dengan hanya satu User Control karena kita tidak hanya memvalidasi nilai angka.

Dengan TextEdit, kita tidak perlu melakukan hal tersebut. DevExpress sudah menyediakan property MaskType yang bisa kita atur untuk memvalidasi nilai dari TextEdit tanpa satu baris pun script!

DataGridView vs XtraGrid

Apabila kita menginput data langsung di DataGridView, kita harus memvalidasinya sendiri dengan membuat script pada event EndEdit. Tentunya ini akan memakan waktu, apalagi data-nya berupa tanggal. Sebenarnya kita bisa menambahkan DateTimePicker ke dalam DataGridView untuk memermudah kita menginput tanggal di DataGridView. Namun, lagi-lagi ini akan memakan waktu karena kita perlu membuat script-nya lagi.

Dengan GridControl, kita tidak perlu melakukan hal tersebut. Karena hampir semua control devexpress bisa kita jadikan kolom pada GridControl. Bahkan control seperti SearchLookUpEdit bisa kita masukkan ke dalamnya! (Lebih detail lagi mengenai control ini akan kita bahas nanti).Tentunya dengan validasi data tanpa membuat script, sama seperti TextEdit.

Dan kelebihan lainnya yang sangat banyak seperti filter data, pengelompokkan kolom dan sebagainya.

Sumber: http://jagocoding.com/tutorial/600/Pengenalan_DevExpress_Windows_Form