Penerapan CRM Pada Bisnis Desain Vector


Penerapan CRM ini dijalankan di Bisnis Desain Vector. CRM memiliki banyak sekali metode yang dapat dijalankan pada suatu perusahaan, maka dari itu Penerapan CRM pada Bisnis Desain Vector ini akan dijelaskan secara lengkap.

gambar via mataweb

1. PROFIL, SEJARAH  dan NAMA PERUSAHAAN
a. Profil perusahaan
Nama Perusahaan : DESAIN VECTOR
Tanggal Berdiri : 24 Mei 2018
Nomor Telepon : 0895361615059
Alamat Email         : Anggitandiarta@gmail.com

b. Sejarah Perusahaan
Desain vector adalah perusahaan yang menjual jasa desain, saat mengerjakan pesanan pesanan hanya menggunakan Coreldraw. Karya pertama hanya sekedar iseng iseng dan di post di social media, dari social media tersebut ternyata ada yang tertarik dibuatkan vector, akan tetapi permintaanya bukan dalam bentuk softfile melainkan sudah dicetak dalam kertas foto dan juga dibingkai karena untuk hadiah ulang tahun. 

Dari kejadian tersebut terlihat ada peluang yang dapat menghasilkan, setelah beberapa saat terbentuklah gagasan untuk mengembangkan pekerjaan itu, dengan cara membuat karya karya yang dapat menarik perhatian yang di post di social media secara terjadwal dan konsisten dengan harapan banyak yang tertarik dengan jasa tersebut.

2. VISI, MISI DAN STRATEGI PERUSAHAAN
a. Visi 
Desain Vector Menjadi tujuan utama pembuatan hadiah berkonsep vector yang murah dan berkualitas.

b. Misi
1) Memberikan hasil yang terbaik sesuai harapan konsumen
2) Membuka lapangan pekerjaan

c. Strategi Perusahaan
1) Memberikan diskon dan bonus.
2) Menyediakan opsi kirim barang untuk luar kota/jauh.
3) Bisa melakukan COD (Cash On Delivery).

3 METODE CRM YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN
1. Mengadakan program gratis biaya jasa, dengan cara menuliskan quote dengan tema tertentu  di kolom komentar dan meandai 3 akun temanya
2. Menyediakan jasa revisi 50 % 2 kali
3. Pelayanan menggunakan bahasa yang mudah dipahami

4. LINGKUNGAN PERUSAHAAN
a. Supplier kertas dan bingkai : Bekerja dengan salah satu tempat cetak foto terdekat.
b. Menggunakan Laptop maupun pc yang cukup kuat untuk menerima beban saat mendesain.
c. Target market pengguna social media
d. Produk yang dihasilkan Softcopy dan Hardcopy

5. KEKUATAN DAN KELEMAHAN PERUSAHAAN
a. Definisi Analisa SWOT
Suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).

b. Kekuatan
Desain Vector dari awal berdiri memberikan harga yang di bawah pasaran, karena Desain Vector masih berumur jagung dan belum banyak yang mengetahui.

c. Kelemahan
Sering terjadinya kesalah pahaman yang disebabkan konsep yang belum matang.

6. PELUANG DAN ANCAMAN PERUSAHAAN
a. Peluang
Peluang yang ada adalah memberikan harga dibawah pasaran, karena harga masuk dalam perhitungan konsumen dalam membeli produk
b. Ancaman
Banyaknya pesaing mengharuskan Desain Vector harus memberikan keuntungan lebih agar menjadi prioritas konsumen.

7. SASARAN PERUSAHAAN
a. Semua kalangan, khususnya kalangan remaja
b. Perusahaan atau toko 
   1) Sovenir
   2) Distro
   3) Penyablonan
   4)Stiker
   5) Percetakan

8. 4M (Sumber Ekonomi)
a. Men
   1) Owner
   2) Tukang gambar

b. Material
   1) Laptob
   2) Smartphone
   3) Wifi
   4) Flashdisk/hardisk
   5) Print

c. Method
   1) Secara online (promosi via sosmed)
   2) Transaksi secara online
   3) Jika di cetak pengiriman melalui JNE

d. Money
   1) Pengelolaan komputer dan print
   2) Pajak listrik
   3) Pajak wifi
   4) Biaya kertas dan banner
   5) Biaya tinta print

9. ANALISIS VALUE CHAIN
Aktivitas Primer mencakup 5 aktivitas, yaitu inbound logistics, operations, outbound activities, marketing, dan services.
a. Inbound Logistics
Perusahaan melakukan aktivitas yang dapat dikategorikan sebagai inbound logisitics, yaitu order placements.Order placements adalah kegiatan dimana perusahaan menerima pesanan dari customer untuk kemudian diproses sebelum masuk ke dalam tahap produksi percetakan.

b. Operations
Aktivitas operations yang dilakukan perusahaan terbagi menjadi 2 aktivitas, yaitu design dan production.Design adalah aktivitas dimana customer biasa membawa konsep mentah untuk kemudian diserahkan kepada pegawai perusahaan dan diproses menjadi sebuah file.Production adalah aktivitas inti dari perusahaan, yaitu menginterpretasikan file untuk kemudian diubah menjadi bentuk fisik yang customer inginkan.

c. Outbound Activities
Outbound activity dari perusahaan adalah proses delivering atau proses pendistribusian/penghantaran dari produk yang disediakan oleh perusahaan.Delivery dilakukan apabila customer memesan dengan jarak jauh maka pengiriman barang melalui JNE dan COD (Cash On Delivery) hanya dilakukan di kota Solo.

d. Marketing
Perusahaan melakukan pendekatan kepada beberapa perusahaan.

e. Services
Aktivitas service pada perusahaan adalah maintenance yang dilakukan pada mesin-mesin yang digunakan, sehingga kualitas produk dari perusahaan tetap terjaga sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan perusahaan.

10. KESIMPULAN
Desain vektor banyak digunakan untuk membuat desain yang membutuhkan bentuk, warna dan fleksibilitas ukuran. Dengan menguasai vector design, mampu merancang, membuat atau mengedit desain. Di mana, perancangan dan pembuatan desain adalah salah satu kerja kreatif.
Seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke waktu, yang kemudian disebut sebagai era Globalisasi,keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan cukup kuat untuk bersaing dengan perusahaan desain lainnya.