Penerapan CRM Pada Bisnis Telur Puyuh


Penerapan CRM ini dijalankan di Bisnis Telur Puyuh, klego-Boyolali. CRM memiliki banyak sekali metode yang dapat dijalankan pada suatu perusahaan, maka dari itu Penerapan CRM pada Bisnis Telur Puyuh, klego-Boyolali ini akan dijelaskan secara lengkap.


gambar via infotanahlaut.com

PEMBAHASAN

1. SEJARAH, PROFIL DAN NAMA PERUSAHAAN
a. Sejarah
Usaha ini berdiri dari hasil uji coba beternak puyuh setelah sebelumnya mencoba untuk beternak ayam dan bebek. Sehingga setelah mencoba untuk beternak puyuh dan menjual hasil dari telur puyuh itu sendiri maka ditingkatkan jumlah ternak puyuhnya seiring dengan bertambah pula pemesanan telur puyuh. Dalam waktu tidak lama burung/unggas puyuh yang diternak sudah menjadi sekitar 10 kandang. Dan sampai saat ini usaha ini masih berjalan.

b. Profil
Usaha ini beralamat di Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Usaha yang dijalankan ini berupa peternakan burung atau unggas puyuh, dimana terdapat beberapa kandang puyuh yang diternak, hasil dari peternakan unggas puyuh ini sendiri adalah dengan menjual telur yang dihasilkan oleh puyuh tersebut.

Untuk penjualan telur sendiri biasanya sudah ada pembeli yang dapat langsung ke tempat usaha untuk membeli langsung telur yang sudah siap untuk dijual. Kami juga menyediakan jasa pemesanan telur puyuh dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu tertentu, karna tidak setiap hari puyuh dapat betelur dalam jumlah yang banyak.
Perencanaan penjualan telur agar konsumen yang dijangkau semakin luas, maka penjualan secara online menjadi solusi agar konsumen semakin banyak dan jangkauannya luas. Serta pemasaran secara online juga semakin mudah.

2. VISI DAN MISI DAN STRATEGI PERUSAHAAN
a. Visi
Menjadi sebuah usaha yang maju dalam bidang penjualan & pemasaran telur puyuh yang professional, tangguh, efisien, jujur, berteknologi dan berusaha semaksimal mungkin memberikan kualitas yang terbaik bagi masyarakat.

b. Misi
1) Menjadikan telur puyuh sebagai komoditas yang merajahi pasar-pasar di wilayah boyolali dan sekitarnya.
2) Meningkatkan dan mengembangkan produk dalam negeri yang unggul yang berdaya saing tinggi untuk menghadapi pasar global.
3) Menjadikan telur puyuh sebagai makanan yang berkelas.
4) Menjadikan masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner tradisional khas Indonesia.
5) Membuka lapangan pekerjaan baru

3. METODE CRM YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN
a. Promo Harga
Memberikan promo harga pada waktu tertentu.
Misalkan saat tanggal merah, atau hari-hari tertentu.

b. Diskon Pembelian
Memberikan diskon kepada pelanggan yang telah membeli telur puyuh dalam jumlah tertentu,
Misalkan diberikan kepada pelanggan baru supaya dapat memberikan kesan positif dan menjadi pelanggan setia.

c. Sistem Poin
Semakin sering membeli maka akan mendapatkan semakin banyak poin.
Misalkan setiap satu kali pembelian mendapatkan 1 poin, jadi tiap pembeli yang mendapatkan 10 poin akan mendapatkan reward (hadiah) berupa tambahan telur gratis, atau dalam bentuk diskon.

4. LINGKUNGAN PERUSAHAAN 
Pada lingkungan perusahaan terdapat faktor yang mempengaruhi jalannya perusahaan, diantaranya yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal.

a. Lingkungan Internal
1) Tenaga Kerja
Seseorang yang terlibat dalam bisnis ini misalkan peternak puyuh, distributor nya dalam memasarkan juga.
2) Modal pembelian 
(Bibit unggas puyuh & Pakan puyuh) serta Kandang ternak.
3) Penjualan konvensional, 
misalkan di pasar, rumah makan, pedagang, penjual sayur keliling.

b. Lingkungan Eksternal
1) Teknologi
Untuk perencanaan sistem penjualan online & pemasaran secara online agar lebih maksimal konsumen yang dijangkau.
2) Pemasok pakan ternak unggas puyuh.
3) Distributor atau Konsumen itu sendiri.
4) Harga pasar.
Harus menyesuaikan dengan harga pasar yang berjalan, berikan harga yang lebih murah atau dengan memberikan diskon.
5) Pesaing 
Sesama penjual telur puyuh.

5. KEKUATAN DAN KELEMAHAN PERUSAHAAN
a. Definisi Analisis SWOT
Analisis SWOT menurut Jogiyanto (2005) adalah suatu penilaian atas kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan dari semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Hal ini juga mencakup tantangan yang akan dihadapi dan kesempatan eksternal ke depannya.

Sedangkan Armstrong dan Kotler (2008) berpendapat bahwa pengertian analisis swot merupakan penilaian menyeluruh yang dilakukan terhadap kekuatan, peluang, kelemahan, dan juga ancaman suatu perusahaan. Kegiatan analisis ini sangat diperlukan agar perusahaan bisa menentukan strategi yang akan dilakukan perusahaan. Baik strategi promosi, strategi penjualan dan lain sebagainya.

b. Kekuatan (Strength)
1) telur merupakan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi terutama kandungan protein.
2) Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan telur puyuh
3) Mempunyai beberapa inovasi makanan yang berbahan dasar telur
4) Harga telur puyuh relatife lebih terjangkau
5) Menyediakan jasa delivery order (pemesanan)

c. Kelemahan (Weakness)
1) daya simpan telur  tidak begitu tahan lama
2) untuk inovasi makanan dari telur puyuh rata-rata cepat basi atau tidak tahan lama

6. PELUANG DAN ANCAMAN PERUSAHAAN
a. Peluang (Opportunity)
1) peluang pasar masih luas karena di pasaran kebanyakan yang di jual adalah telur ayam.
2) Tersedia banyak marketplace untuk berjualan online seperti bukalapak, tokopedia, dll.

b. Ancaman atau Hambatan (Threats)
1) harga telur yang terus mengalami pasang surut
2) apabila harga pakan naik secara otomatis harga telur puyuh ikut naik
3) ancaman dari para pesaing penjual telur puyuh.

7. SASARAN PERUSAHAAN
Sasaran atau target pasar bisnis ini adalah :
a. Semua kalangan (tidak hanya menyasar pada kalangan tertentu). Baik secara sosial maupun secara usia.

b. Secara konvensional :
1) Pasar tradisional terdekat.
2) Warung Makan.
3) Distributor (Pengedar ke konsumen).
4) Konsumen langsung.
5) Pedagang sayur keliling.

c. Perencanaan Secara online :
1) Tempat penjualan di marketplace seperti bukalapak.
2) Promosi di instagram, facebook, dan media sosial lainnya.

8. 4M (SUMBER EKONOMI)
a. Men
1) Pedagang Sayuran Keliling
2) Distributor
3) Konsumen Langsung

b. Materials
1) Bibit Ternak Puyuh 
2) Kandang Ternak
3) Pakan Ternak
4) Obat anti virus

c. Money
1) Pembelian Kandang dan Pakan Ternak.
2) Pembelian burung puyuh
3) Obat anti virus

d. Method
1) Metode pemasaran secara konvensional
2) Rencana metode pemasaran secara online, misalkan di facebook, instagram.

6. ANALYSIS VALUE CHAIN
gambar via wikipedia

a. Primary activities
• Inbound logistics = pemilihan bururng puyuh yang berkualitas dan sehat agar menghasilkan telur yang bagus juga,dan pemilihan pakan yang sehat bagi burung.

• Operations = pemeliharaan secara keseluruhan, seperti melakukan pengecekan kebersihan kandang,dan pemeliharaan terhadap burung,semisal ada yang terkena penyakit atau ada yang mati akan lngsung dipindah atau dibuang,agar tidak menular ke burung lainya.

• Outbound logistics = memberikan informasi kepada pelanggan tentang kualitas telur dan kebersihan burung ataupun kandang terjaga dengan baik.

• Marketing sales = mengajak pembeli langsung kepertenakan agar tau kualitas telur yang akan di beli, dan kami mempromosikan lewat sosmed ataupun marketplace agar promosinya berjangka luas

• Service = memberikan diskon dan promo harga dalam pembelian tertentu,dan melayani dengan sepenuh hati agar pembeli yang datang maupun pesan secara online puas.

b. Suport activities
• Procurement = Usaha ini dibangun dengan modal sendiri yang awalnya coba-coba dan menjadi sukses seperti sekarang, dan sekarang sudah berkerjasama diberbaga pihak, seperti bekerjasama dengan penjual pakan burung.

• Human resouces management = usaha ini dijalankan sendiri dan dibantu oleh beberapa pegawai yang dipilih dari  desa sendiri,karena pemeliharaanya tidak terlalu sulit jadi tidak perlu pgawai banyak.

• Tecnological development = dijaman canggih sekarang ini banyak cara untuk melakukan penjualan , kita dalam penjualan ataupun pemasaran menggunakan internet, jadi ketika ada yang pesan pelnggan harus kirim uang dahulu baru kita kirim lewat JNE/JNT dan kami kemas rapi, tapi juga bisa melakukan transaksi COD atau ketemuan langsng.

• Infrastruktur = distributor,konsumen pekerja,
   - Perencanaan dalam menambah kandang puyuh agar tercapainya target yang diinginkan
   - Uang hasil penjualan akan memutar terus,seperti untuk membeli pakan,dan menggaji pekerja

   - Dan kita penjualannya secara luas agar dalam persaingan sedikit.

9. KESIMPULAN
Pada usaha atau bisnis penjualan telur puyuh yang telah berjalan ini diharapkan mampu terus berkembang dan mampu untuk terus beradaptasi dengan target pasar yang juga terus berubah seiring berkembangnya teknologi informasi. Selain itu dengan menerapkan metode CRM ini diharapkan mampu mendongkrak produksi atau penjualan dari telur puyuh tersebut, sehingga selain mendapatkan tambahan profit (keuntungan) juga menjaga hubungan dengan pelanggan secara baik dan terus menerus.