Contoh Soal ER Diagram Berdasarkan Studi Kasus.

Coding Cyber

Jurusan Sistem Informasi STMIK Duta Bangsa ingin membangun satu database khusus untuk dosen untuk melacak kegiatan dosen di kampus. Setiap dosen akan diidentifikasi dengan nomor induk pegawai. Dosen memiliki dua status, dosen tetap dan dosen kontrak. Setiap dosen akan mengajar beberapa mata kuliah. Minimal 1 dosen akan mengajar satu mata kuliah, tetapi 1 mata kuliah juga bisa diajarkan oleh 2 dosen. 

Dosen akan diabsen setiap waktu mengajar. Apabila dosen tidak mengajar, maka tidak akan mendapat absen. Kedua data ini harus direkam untuk keperluan merekap jumlah pertemuan yang sudah dilakukan oleh setiap dosen.  Tanggal mulai bekerja setiap dosen juga akan direkam. Data dosen meliputi: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan s1, s2, s3, nomor telpon yang bisa dihubungi, email dan alamat surat-menyurat. Setiap dosen akan membuat minimal satu proposal. 

Setiap proposal akan dikembangkan oleh beberapa dosen. Data proposal meliputi: judul proposal, estimasi biaya, sponsor, jumlah dana yang sudah diterima, tanggal masuk proposal dan tanggal proposal diloloskan. Setiap dosen juga akan menghadiri berbagai seminar atau konferensi nasional dan internasional. Ini dinamakan kegiatan ekstra. 

Apabila ada dosen yang akan menghadiri seminar atau konferensi, database akan menyimpan nama seminar atau konferensi tersebut, tempat diadakannya seminar atau konferensi tersebut, tanggal penyelenggaraan, anggaran atau SPPD, dan tanggal kembali ke jurusan Sistem Informasi STMIK Duta Bangsa. Desain satu database yang akan menyimpan data-data dosen Jurusan Sistem Informasi STMIK Duta Bangsa.

"Rancang satu ER Diagram dan sebutkan asumsi-asumsi yang telah anda gunakan dalam merancang ER Diagram tersebut"