Analisis Sistem Gojek (Pengguna Layanan Gojek Wajib Baca Ini)

MENGANALISIS STRATEGI & KINERJA OPERASIONAL
PADA GOJEK

Logo gojek


1.   STRATEGI (RENCANA) :
·      Bekerja sama dengan para mitra usaha, Misalkan `; Rumah Makan, Massage (Tempat Pijat), Operator Seluler, dan lain-lain.
·     Promosi secara online, Misalkan :dengan media social (facebook, instagram, twitter, dll) , iklan di berbagai website dan event tertentu, misal : liga go-jek 2018.
·     Memberikan aplikasi online sebagai alat dalam memberikan pelayanan ojek online.
·     Memberikan situs website untuk menampung berbagai keluhan dari pelanggan.

2.   OPERASIONAL (TINDAKAN) :
·       Membuat aplikasi Gojek sebagai alat dalam memberikan pelayanan ojek online
·       Membuat berbagai layanan pembayaran, yaitu secara tunai dan menggunakan Go-Pay (lebih murah dibandingkan dengan tunai).
·       Membuat banyak layanan pada aplikasi gojek sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan disbanding kompetitor lainnya.

3.   ANALISIS (AKIBAT) :
·       Dapat menarik banyak minat pelanggan.
·       Memudahkan pelanggan dalam bepergian, memesan makanan, dan lain-lain (sesuai dengan layanan yang disediakan Go-Jek)
·       Keuntungan (profit) semakin meningkat seiring kebutuhan akan ojek online yang juga semakin meningkat.
·       Mampu bersaing dengan ojek online yang lain, karena menyediakan lebih banyak layanan.

     Kemudian menganalisis mengenai pelayanan gojek terhadap customer dan juga mengenai fitur apa saja yang membantu gojek diterima dimasyarakat kalangan umum.

1.   CUSTOMER PORTOFOLIO ANALYSIS
·       Target semua kalangan masyarakat
·       Usia pelanggan tidak ada batasan (bebas)
·       Prospeknya lebih bagus di kota-kota besar

2.   CUSTOMER INTIMACY
·       Adanya akun pada tiap pelanggan (biasanya menggunakan akun gmail) sebagai data pelanggan.

3.   NETWORK DEVELOPMENT
·       Mempunyai mitra kerja (jaringan) yang banyak, seperti : Rumah Makan, Massage (Tempat Pijat), Operator Seluler, dan lain-lain.

4.   VALUE PROPOTION DEVELOPMENT
·        Adanya system rating (penilaian) terhadap driver Go-Jek sebagai layaknya testimoni, sehingga pelanggan lain akan memilih Go-Jek dari pada ojek online yang lain.


5.   MANAGE THE RELATIONSHIP



·     Adanya fitur Go-Pay yaitu metode pembayaran melalui aplikasi Go-Jek yang sebelumnya sudah di isi (layaknya deposit) dan lebih murah dibandingkan pembayaran tunai.

·          Adanya fitur Go-Point yaitu metode pengumpulan point yang nanti akan diberikan hadiah sesuai point yang ditentukan, sekarang hanya di jabodetabek.

·          Setiap ada event, Go-Jek memberikan diskon yang besar, seperti potongan harga.

6.     CULTURE AND LEADERSHIP
     Co-Founder Go-Jek mengungkapkan bahwa Go-Jek bertumpu pada 3 Pilar budaya :
·         Kecepatan, dalam melakukan segala sesuatu gojek mengerjakannya dengan cepat.

·         Inovasi, adanya keyakinan seluruh insane gojek untuk bias, can do attitude, berimprovisasi, mencoba sesuatu yang berbeda dan berfikir lebih baik.

·         Dampak social, gojek mencoba memberdayakan dan memberikan penghidupan yang lebih baik bagi masyarakat piramida bawah atau yang status social ekonominya minum. Memberikan layanan jasa yang baik untuk masyarakat.

7.     HUMAN RESOURCE MANAGEMENT PROCESSES
·     Terdapat fitur staffing.
       : Proses pencatatan biodata driver yang telah resmi bekerja di Go-Jek,   kemudian data driver tersebut dimasukkan kedalam database perusahaan.

·     Terdapat fitur workforce planning / scheduling.
      : Program yang terintegrasi antara perusahaan dan driver melalui aplikasi dimana akan ada jadwal orderan penumpang yang telah masuk akan dikirimkan ke aplikasi yang digunakan oleh driver.

·     Terdapat fitur training and development.
      :a. Skill Assestment : Pelatihan bagi driver Go-Jek, yaitu : test melalui computer yang berisi pertanyaan tata cara mengemudi, rambu-rambu lalu lintas dll.
      b. Performance evaluation : proses evaluasi para driver melalui saran dan keluhan dari pelanggan yang disampaikan melalui email perusahaan.

·     Terdapat compensation administration.
      : Proses untuk mengetahui apakah gaji karyawan sudah dibayarkan atau  belum. Gaji akan diproses dikarenakan ada sistem bagi hasil yang akan diproses pada bagian accounting & finance.

8.   IT DAN DATA MANAGEMENT PROCESSES:
·     Input Data
     Calon penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akan mengkalkulasi pembayaran. 
     Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai Credit Go-Jek).

·        Driver On The Way
     Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekat dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPS mengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lama estimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon penumpang.

·        SMS & Call
     Ketika Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.

·        Driver Review
     Untuk fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yang dilakukan oleh supir Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan mendapatkan bonus bulanan.

·          My Wallet
      Fitur ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash. Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan kode voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer uang melalui Bank yang sudah ditentukan.

9.    Organisation Design
·          Struktur Organisasi Pusat




·          Struktur Organisasi Regional



     Berikut saya memberikan gambar mengenai kelebihan maupun kelemahan sistem gojek dibandingkan kompetitornya, (dari jitunews.com) =