6 Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Menguasai Presentasi



Pada kesempatan postingan hari ini saya akan membagikan kepada teman-teman semua mengenai "alasan kenapa mahasiswa harus menguasai dan mahir dalam presentasi". Ternyata kita itu harus benar-benar menguasai yang namanya presentasi, banyak sekali faedah / manfaatnya dikehidupan kita kedepannya.

Ya walaupun saya sendiri tidak bisa dikatakan mahir dalam berpresentasi tapi setidaknya kita selalu belajar bagaimana presentasi yang baik dan benar, yang penting itu "never give up" broo dalam belajar. siiapppp.

Berikut alasan mengapa mahasiswa harus menguasai presentasi :  

1. Agar presentasi dikelas lancar (Mahasiswa pencari IPK tertinggi).

Alasan paling pertama belajar public speaking ialah agar dalam presentasi di kelas kita tidak mengalami kendala. Didalam perkuliahan seringkali penilaian dilakukan melalui presentasi, baik itu presentasi rangkuman isi buku, pembahasan jurnal. Oleh karenanya, menguasai public speaking akan membuatmu siap dalam setiap tugas presentasi dan mendapatkan nilai yang terbaik di kelas.

 Jadi buat teman-teman yang sekarang dalam masa perkuliahan, tolong belajar dahulu sebelum presentasi, minimal 2 hari sebelum hari presentasi tiba, supaya saat presentasi lancar dan dapat menjawab pertanyaan. karena biasanya dalam perkuliahan mahasiswa lain yang tidak presentasi akan diberikan tugas oleh dosen pengampu untuk mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa yang  sedang presentasi.

Biasanya memang penilaian itu pada mahasiswa yang presentasi maupun yang mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa yang presentasi, jadi kalian yang sedang tidak presentasi harap memperhatikan teman kalian yang presentasi ya.

2. Ada banyak lomba yang perlu presentasi.

Ada banyak sekali lomba untuk mahasiswa, terutama lomba yang paling bergengsi ialah karya ilmiah.Pada lomba karya ilmiah, selain dari tulisan makalah yang telah kita buat, penilaian juga berdasarkan dari kemampuan kita mempresentasikan hasil karya ilmiah tersebut.

Jika telah terbiasa berlatih public speaking, maka akan sangat mudah untuk menarik hati para juri dan membuat kita menang dalam berbagai kompetisi ilmiah.

Selain itu juga ada lomba pidato, karena pidato itu kita berbicara didepan umum atau juri untuk menyampaikan suatu topik tertentu yang sudah ditentukan.

Biasanya memang lomba yang mengandalkan kemampuan presentasi atau public speaking itu penilaiannya terdapat bagaimana penguasaan panggung dan mengendalikan grogi para peserta saat lomba berlangsung. jadi sering-seringlah berlatih ya broo.

3. Meningkatkan percaya diri

Hal terpenting dalam public speaking ialah keberanian dan percaya diri. Menurut pernelitian, ada banyak sekali orang yang takut berbicara di depan umum.Bagi beberapa orang, maju ke depan podium dan menyampaikan sesuatu merupakan hal yang menakutkan, dapat membuat kita malu 7 turunan.

Sebagai mahasiswa, kalian harus berlatih public speaking untuk mengalahkan rasa takut ini. Mahasiswa harus mampu tampil dengan percaya diri dalam mempresentasikan sesuatu kepada khalayak ramai, oleh karena itu skill public speaking sangat diperlukan.

Jika kalian sudah percaya diri saat tampil didepan umum maka bukan tidak mungkin kalian akan menjadi orang kepercayaan (bisa ketua kelompok, ketua organisasi, dan lainnya).  

4. Mempersiapkan wawancara kerja

Salah satu hal yang patut dipertimbangkan ketika menjadi mahasiswa ialah bagaimana mendapatkan kerja kelak. Untuk mendapatkan pekerjaan, biasanya kita harus melewati ujian wawancara.

Ujian wawancara merupakan salah satu yang paling menentukan dalam mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa yang terlatih dalam berbicara di depan umum akan mampu menguasai diri ketika diwawancarai. Dengan kepercayaan diri yang tinggi dan persiapan yang matang, mahasiswa yang mengerti public speaking akan mampu melalui ujian wawancara dengan hasil terbaik.

Wawancara kerja dapat berupa perkenalan diri didepan HRD, menggambarkan diri secara umum, maupun menceritakan kekurangan dan kelebihan yang kalian miliki.

5. Persiapan sidang skripsi

Dengan percaya diri yang tinggi, serta kemampuan menguasai panggung dan menjelaskan materi skripsi yang baik mahasiswa akan dapat memikat hati dosen penguji sehingga mendapatkan nilai yang baik.Dalam ujian skripsi, jika di awal presentasi kita sudah gugup dan panik, maka akan melakukan banyak sekali kesalahan dalam menjelaskan materi skripsi.Kesalahan-kesalahan kecil akibat gugup ini akan terlihat jelas dihadapan penguji dan memberikan kesan yang sangat buruk.

Oleh karena itu dengan berlatih public speaking, seorang mahasiswa akan mampu mengatasi rasa gugupnya ketika menyampaikan penjelasan skripsi.Bahkan mampu mengontrol dirinya ketika mendapat pertanyaan yang cukup sulit dari para dosen penguji, sehingga mampu berfikir jernih dan menjawab dengan baik.

Saat ini saya sedang menempuh perkuliahan semester akhir, jadi doakan ya teman-teman semoga saya dapat menghadapi sidang skripsi dengan baik.