6 Tips Persiapan Presentasi dan Saat Presentasi



     Pada postingan blog hari ini saya akan membagikan sedikit mengenai Tips atau cara dalam mempersiapkan diri sebelum presentasi dan saat presentasi.
       
      Jadi ini merupakan pengalaman saya sendiri saat masih kuliah di Universitas Duta Bangsa Surakarta. langsung saja untuk tipsnya seperti berikut ini :

strategimanagement.net


         A.  Persiapan Presentasi
1.   Menetapkan tujuan presentasi
    ·        Menginformasi
   Untuk melakukan presentasi pembicara harus mengetahui apa tujuan presentasi itu dilakukan. Tujuan presentasi adalah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain (audiens). Sehingga pendengar dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah persepsi terhadap informasi yang diberikan pembicara tersebut.

    ·        Meyakinkan.
         Sebisa mungkin presentasi berisi informasi yang disusun secara logis dan sistematis sehingga meyakinkan pendengar atas suatu topik tertentu. Ketidakjelasan informasi akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang disampaikan.

2.   Kuasai dan pahami materi
Ini adalah syarat mutlak untuk dapat membawakan presentasi dengan baik: 

- kuasai materinya! Salah satunya bisa kita lihat dari seberapa sering kita melihat catatan, contekan, atau slidenya. Semakin tidak menguasai materi, maka akan semakin membuat kita mengandalkan “contekan” yang akhirnya penonton akan merasa jenuh dan tidak memahami materi dengan baik. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membaca berulang kemudian melakukan simulasi tanya jawab terkait dengan materi yang hendak disampaikan. Semakin banyak pertanyaan yang bisa dijawab, maka penguasaan materinya semakin baik

3.   Audiens
Sebelum melakukan presentasi, sebaiknya mengenali audiens itu sangat penting misalnya dilihat dari profesi, umur, jenis kelamin dan sebagainya. Hal ini sangat penting agar saat menyampaikan materi presentasi dapat sesuai dengan audiens. Dengan mengenali audiens, dalam pemilihan kata-kata saat presentasi dapat lebih mengena dan membuat gimmick-gimmick agar presentasi lebih menarik.

Nah bagi yang presentasi dibidang pendidikan misalkan sekolahan, atau kampus seperti saya, maka kata baku atau formal juga diutamakan demi menghargai pendidikan.

4.   Menyiapkan media
Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan dalam menunjang presentasi. Seperti laptop, laptop adalah alat utama untuk melakukan presentasi. 

LCD Protektor itu akan membantu dalam mendapatkan perhatian lebih dari audiens dan pointer leser usahakan sudah berada di genggaman kamuPeralatan kecil ini sungguh bermanfaat ketika kamu menunjuk dan mengarahkan perhatian audiens kepada sesuatu yang lebih detil di dalam materi presentasimu. Audiens akan merasa kabur ketika kamu menunjukan telunjuk tanganmu pada projector, padahal posisi projector berada jauh dari posisimu berdiri

5.   Komunikasikan ide kalian.
·        Bahasa tubuh
Gerakan pada saat penyampaian harus sesuai, presentasi yang terlalu kaku akan mempengaruhi penampilan anda.

·        Persiapkan cara anda bicara
Penyampain dengan semangat dan siap mental Kadar semangat harus disesuaikan, tidak terlalu monoton ataupun terlalu semangat, karena mempengaruhi kesan terhadap audiens. Sikap mental juga harus di perkuat agar tidak merusak konsentrasi.

6.   Situasi
Perhatikan waktu dan tempat Anda akan memberikan presentasi. Ada beberapa situasi saat melakukan presentasi, sebagai berikut:

·    Di mana anda akan memberikan presentasi. Untuk ruangan yang kecil dan jumlah orang sedikit mungkin tidak akan mengalami masalah karena suara akan terdengar dengan baik.


·   Waktu. Jika waktunya singkat kita hanya menjelaskan yang penting-penting saja. Jika waktu panjang kita bisa memberikan presentasi yang lebih detail. 
  Berkaitan dengan waktu, kita harus menghormati waktu mereka. Jika ada yang ingin melanjutkan pekerjaan yang lain kita harus mengijinkankan.

Baca juga :

1. 9 Tips presentasi yang baik
2. Pengertian presentasi dan cara membuat slide presentasi
3. Cara dongkrak nilai IPK kuliah

            B.  Saat Presentasi

1.   Datang tepat waktu dan berpakaian sesuai aturan
Aturlah waktu sehingga kedatangan sesuai dengan waktu yang disepakati. Bahkan usahakan datang 5-10 menit lebih awal. Sehingga sebelum presentasi dapat memeriksa terlebih dahulu alat yang akan digunakan seperti periksa proyektornya apakah sudah siap atau belum dan lain sebagainya.

2.   Perhatikan “reaksi” audiens dan pandangi audiens
Perhatikan kepada siapa Anda membawakan presentasi. Pertahankan kontak mata terhadap penonton. Kalau melibatkan dosen/guru dan juga teman, maka tataplah secara bergantian. Kalau memang Anda grogi. Anda bisa menatap dahi teman atau guru Anda. 

Untuk melatihnya sebelum presentasi, Anda bisa meminta teman Anda untuk menjadi pendengar dan pertahankan kontak mata saat membawakan presentasi kepadanya.