Makanan Khas Anak Kost (Mahasiswa Wajib Baca)


Anak kost atau dengan kata lain disebut anak yang mandiri, biasanya di rumah makanan sudah tersedia di meja makan, apa yang ingin kita makan tinggal ambil saja. Masalah rasa jangan tanya, masakan emak memang paling istimewa, lebih enak dari masakan restaurant cepat saji.

Tetapi anak kost tidak demikian, ia harus memanage makanan apa saja yang masuk kedalam tubuhnya, tidak bisa sembarangan karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh dan kesehatan dompet juga, wkwkwk.
Berikut akan saya berikan sedikit pengalaman mengenai makanan yang biasa dimakan anak kost, yaitu:

1. Tempe goreng, tahu goreng, krupuk, dll.

(Resep Masakan Khas Indonesia)

Lauk pauk yang paling murah tapi tetap ada gizinya: tempe, tahu, krupuk, dll. Makanan jenis ini terutama gorengan sangat mudah dijumpai di pinggir jalan kota surakarta, karena selain simpel juga dapat memangkas uang makan anak kost, biasanya 1 buah tempe goreng harganya 500 rupiah kalau belinya di warteg (hik), tetapi kalau belinya di rumah makan yang mahal harganya minimal seribu untuk 1 tempe.


2. Sayur sop, tumis kacang, dll.

(Resep Sayur Sop Ayam)

Makan tanpa sayur tiap hari itu nggak baik untuk kesehatan tubuh, karena selain sayur banyak vitamin nya seperti: wortel, brokoli, kentang, kacang, dll. Juga dapat mensterilkan kesehatan bagi tubuh.
Sayuran yang paling saya sukai adalah sayur sop dengan irisan wortel lebih banyak, karena memang saya suka makan wortel, masih mentah aja suka apalagi sudah matang, harganya sendiri cukup bervariasi dan cukup murah, kalau di solo harganya mulai dari 3.000 rupiah hingga 10.000 tergantung porsinya juga sih.


3. Mie instan

(Areachops.com))

Kalau yang ini jangan tanya siapa jagonya, anak kost pasti pernah mengonsumsi makanan jenis ini, baik mie goreng maupun mie rebus.
Saya sendiri sering memasak mie goreng dengan rice cooker, karena selain mudah juga tinggal beli mie instan nya, harganya biasanya 2.000 sampai 2.500 per bungkusnya, cukup murah untuk sekedar mengisi perut kosong.


4. Berbagai jenis roti

(PinArt)


Kalau makanan jenis ini saya tidak terlalu suka, tetapi banyak juga anak kost yang lebih suka mengonsumsi roti dari pada nasi, saya punya teman kost yang hampir tiap hari makan roti dan sedikit makan nasi, tetapi harganya agak mahal, apalagi yang rotinya ada isinya.


Mungkin hanya itu yang bisa saya bagi, jenis makanan yang biasanya dimakan oleh anak kost. Supaya kamu yang ingin ngekost mendapat pencerahan mengenai dunia kost, dan lagi jangan lupa rice cookernya ya kalau mau ngekost karena selain sehat karena nasinya jelas masak sendiri juga sehat dompetnya (lebih irit juga, hehehe).