Tips rajin menabung ala mahasiswa kost


gambar menabung via manfaat.co.id

Saya akan membagikan sedikit tips yang sudah saya praktekan sendiri di kamar kost saya saat saya masih menjadi mahasiswa di kampus solo. Langsung saja tips yang pertama adalah:

1. Niatkan menabung untuk keperluan yang jelas

Tips yang pertama ini menjadi yang paling penting karena bisa mempengaruhi kelangsungan menabung kamu ya, niatnya harus jelas. Misalkan kamu mempunyai niat untuk membeli kamera seri terbaru tahun depan nih, nah niat kamu harus dijaga betul-betul kalau kamu pengen beli kamera seri yang terbaru, sehingga dengan niat yang seperti ini rasa ingin menabung kamu akan selalu meningkat. Atau kamu pengen bangun rumah 3 tahun kedepan, jadi harus ada prospek buat kamu menabung tiap bulan berapa rupiah biar niatnya tetep lurus.

2. Buat tulisan yang memotivasi menabung

Kost kamu dindingnya masih bersih kah ? atau sudah banyak corat-coret disana-sini ? cara yang kedua biar kamu rajin menabung itu bisa dengan membuat tulisan yang unik dan kreatif trus kamu tempelkan di dinding kamar kostmu, supaya kamu selalu ingat akan niat kamu menabung untuk membeli kamera seri yang terbaru atau bangun rumah 3 tahun kedepan. 
Selain membuat tulisan di dinding kamu juga bisa membuat tulisan di celengan tempat kamu menabung, tulisannya juga harus jelas, contohnya "Buat Beli Kamera atau Bangun Rumah", biar semangat nabungnya.

3. Sisakan uang jajan atau uang makan saat di kost

Biasanya anak kost itu dijatah uang makan atau jajan sebulan sekali atau seminggu sekali, kalau saya sih seminggu sekali karena rumah saya dengan kost hanya berjarak 1 jam pake motor jadi ya deket kalau bolak-balik seminggu sekali, tapi bagi kamu yang rumahnya jauh mungkin dikasih jatah uang makan sebulan sekali itupun melalui transfer. Jadi sisakan uang makan kamu untuk keperluan menabung tadi, bisa dengan setiap kali dikirim uang langsung uangnya diambil beberapa untuk ditabung agar nantinya tidak keburu dipake untuk membeli ini itu.

4. Buat celengan atau tempat untuk menabung yang aman

Kenapa harus celengan ? kenapa tidak di bank saja ? memang bank itu lebih aman tetapi bagi kamu anak kost yang nabungnya itu sedikit demi sedikit apa iya harus ke bank ? Jadi paling enak nabung ya di celengan sendiri biar kalau nabungnya itu sedikit-sedikit itu bisa terkumpul, tapi nyimpennya harus ditempat aman ya.

5. Istiqomah

Mendengar kata istiqomah saja sudah hampir menyerah, apalagi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Memang yang namanya istiqomah itu sulit diterapkan tetapi kalau sudah diniatkan dengan kuat insyaa allah akan mudah kok menerapkannya.