Tips Mengatur Jadwal Belajar Saat Kuliah

Gambar jadwal via  id.wikihow.com

Saya akan membagikan tips mengenai cara mengatur jadwal belajar saat kuliah, jadi postingan saya kali ini memang khusus untuk mahasiswa/ mahasiswi yang kuliah di indonesia, bukan untuk yang kuliah di luar negeri, karena saya belum pernah kuliah di luar negeri (do’a in aja yaa, Aamiin).

Bagi kamu yang masih kuliah, terutama bagi yang baru aja masuk perkuliahan (semester 1), pasti banyak kendala bagi kamu yang pengen bisa mengatur jadwal yang baik dan benar, biar bisa mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan, terutama biar orang tua yang membiayai kuliah kita itu tidak sia-sia yaa dan tentunya bangga banget punya anak yang kuliahnya rajin belajar dan mendapatkan nilai yang baik.

1.   Bagi kamu yang hanya kuliah aja tanpa mengikuti organisasi dan tanpa bekerja.

Kamu bisa mengatur jadwal belajar dengan mudah karena punya banyak waktu luang, bisa sore hari sepulang dari kampus nyampe rumah atau kost langsung belajar lagi (atau ngerjain tugas kuliah), bisa juga malam hari sekitar jam 7 an keatas sampe mau tidur. 
Kalau saya dulu pas awal-awal kuliah (semester 1) kan belum ikut tuh yang namanya organisasi, organisasi aja belum ikut apalagi kerja. Jadi memang masih mau fokus adaptasi dulu sama yang namanya kuliah. saya biasanya belajarnya pas malem sama pagi habis subuh, udara dipagi hari kan seger banget, jadi jangan sampe tidur lagi habis sholat subuh harusnya buat baca qur'an atau belajar, biar ada manfaatnya waktunya.

2.   Bagi kamu yang kuliah tapi mengikuti organisasi (tanpa kerja).

Mungkin kamu akan punya lebih sedikit waktu untuk belajar, karena biasanya (pengalaman saya), saya sehabis kuliah itu ada kumpul sama teman-teman organisasi, atau ngadain rapat buat kegiatan tertentu. Intinya waktu kamu buat belajar lebih sedikit, walaupun nggak tiap hari kamu harus rapat atau kumpul sama temen-temen organisasi. Kamu harus pinter-pinter bikin jadwal antara kumpul organisasi dengan jadwal belajar (atau ngerjain tugas kuliah), kalau pulang kampus sampe sore banget ya belajarnya dijadwal malam hari aja jam 7 an keatas lah.

3.   Bagi kamu yang kuliahnya sambil kerja.

Memang ini juga saya alami, bahkan saya pun kuliah sambil ikut organisasi dan kerja juga, tapi saya bisa membagi waktu walau nggak jarang juga sih tugasnya terlalu mepet ngerjainnya (jangan ditiru yaa). 
Mahasiswa yang sambil kerja memang punya alasan tersendiri atau dengan kata lain butuh uang saku tambahan entah buat jajan makanan, beli baju buat kuliah, beli celana, beli sepatu kuliah atau sepatu futsal, bahkan nggak sedikit juga mahasiswa yang sambil kerja itu membiayai kuliahnya pake uangnya sendiri.
Saya punya temen yang dia itu kerja sehabis kuliah, ternyata dia pake uang gaji hasil kerjannya itu buat bayar kuliahnya sendiri (salut banget). Temen yang kaya’ gini emang jarang banget, bener-bener memikirkan masa depannya dari pada egonya sendiri.