Magang di Duxeos Software House Surakarta Hari Ke 26, 27, 28, 29, 30 dan 31

Tempat      : Duxeos Software House Surakarta



Magang Duxeos - Saya memposting kegiatan magang sekaligus karena memang nggak punya waktu buat menulis kegiatan selama magang (sebenarnya sih karena efek malas aja, atau lagi nggak mood untuk menulis)

Jadi saya ada project baru, bikin halaman admin & login-logout untuk sistem antrian, untuk sistem antrian nya sendiri sudah dikerjakan sama anak SMK 2 Surakarta, sistem antriannya berbasis mobile (android).

Untuk saya sendiri membuat halaman admin nya menggunakan CRUDigniter, jadi kaya' semacam tools gitu untuk membuat CRUD (Create, Read, Update dan Delete) di Codeigniter (atau biasa pada nyebutnya itu CI).

Banyak yang bisa diambil pelajaran dari CRUDigniter ini sendiri, diantaranya adalah kemudahannya dalam membuat CRUD (Create, Read, Update dan Delete), kalau biasanya saya menggunakan PHP biasa yang membuat CRUD nya itu yang manual, bikin satu-satu gitu.

Jadi untuk CRUD di Codeigniter itu mudah banget bikinnya, caranya buka dulu web CRUDigniter , trus masukkan database (import database) yang berekstensi .sql dan sebelumnya harus udah buat database di phpmyadmin trus di eksport biar jadi file .sql nya.

Untuk langkah-langkah di CRUDigniter ini harus urut tiap langkahya biar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Memang selain sistem CRUD nya itu sudah otomatis, kita juga diberikan kemudahan pada halaman admin yang sudah jadi, dan menu navigasinya pun juga sudah jadi sesuai dengan tabel di databasenya.

Setelah selesai halaman admin & CRUD nya, saya membuat halaman login & logoutnya, agar lebih aman admin dalam mengoperasikan webnya, dan juga untuk keamanan juga sih.