Pengertian Presentasi dan Pedoman Membuat Slide Presentasi

presentasi via feedsia.com

Apakah kamu pernah presentasi ? atau malah masih asing dengan yang namanya presentasi ? jadi, biasanya presentasi itu dilakuin sama mahasiswa waktu masih kuliah, dosen pas ngajar itu juga termasuk presentasi, dosen memberikan materi di seminar nasional, dan semua orang yang berbicara didepan umum sambil memberikan pendapatnya mengenai suatu ide, gagasan atau bahkan proyek pekerjaan sekalipun dengan menampilkan alat bantu berupa slide presentasi di layar proyektor itu namanya presentasi.
Gimana sudah jelas belum masalah presentasi ?
Kalau kamu mahasiswa pasti sudah sangat bosan ya sama yang namanya presentasi, saya pun demikian kok. Tiap ada tugas kuliah kok tidak pernah jauh-jauh dari yang namanya presentasi walaupun itu tugasnya praktek sekalipun.
Misal saya pernah mendapat tugas membuat animasi pada mata kuliah multimedia animasi, nah pas udah selesai tugasnya selain dikumpulkan juga harus dipresentasikan didepan teman-teman kelas dan dosen, biar pada ngerti animasi apa yang kamu buat.
Atau pas praktek menganalisis usaha warung makan mengenai BEP atau mencari titik impas usahanya, itu juga dipresentasikan mengenai proses analisis di warung makan itu.
Banyak deh tugas kuliah yang selain teori tapi juga harus dipresentasikan, karena memang mahasiswa digodok supaya presentasinya lancar, jadi pas sidang skripsi udah biasa presentasinya.

Tahapan Presentasi

Persiapan Presentasi
Mencari tahu berapa banyak orang yang akan hadir karena akan mempengaruhi proses presentasi berlangsung, misal orang yang hadir banyak padahal tidak ada persiapan untuk presentasi didepan orang banyak, sehingga presentasipun hasilnya tidak akan maksimal.

Waktu
Harus dapat mengatur waktu berapa lama presentasi dan berapa lama sesi tanya jawab agar tidak terlalu over time.

Slide Presentasi
Menentukan pokok pikiran dan detail apa saja yang wajib dimasukkan dalam presentasi, kemudian susun slide presentasi dengan urutan seperti misalkan judul halaman, latar belakang, tujuan dan sasaran, hasil dan kesimpulan.
Susunan diatas contoh yang sepertinya rumit jika diterapkan, saya berikan penjelasan mengenai isi slide presentasi yang baik :
1.   Judul “materi apa yang akan dipresentasikan”
2.   Perkenalan “memperkenalkan diri”, perkenalan harus pendek karena inti presentasi ada pada isi materi.
3.   Menjelaskan langsung isi materi “to the point” dengan jelas.
4.   Jangan mengisi tiap slide presentasi dengan full tulisan, tetapi berikan sedikit saja kata-kata + gambar yang menunjang materi agar audiens tidak jenuh dengan melihat tulisan saja.
5.   Memberikan kesimpulan yang memberikan kesan kepada audiens, sehingga audiens benar-benar mendapatkan materi yang kamu sampaikan saat presentasi.

Pedoman Menyiapkan Slide :

a. Tata Letak
Menggunakan tata letak yang konsisten, misalnya dengan menempatkan menu pada posisi yang sama, menggunakan simbol dan ukuran font yang sama pula.

b. Ukuran Font
Jangan menggunakan font yang terlalu kecil maupun terlalu besar, kalau saya sih biasanya antara 16pt - 24pt, karena memang ideal tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

c. Orientasi Portrait atau Landscape
Gunakan orientasi yang sesuai dengan isi slide.

d. Gunakan Bahasa dengan Ungkapan Pendek
Menyingkat kalimat namun dengan bahasa yang masih dapat dipahami oleh audiens, karena kalimat dengan ungkapan yang terlalu panjang akan sangat membosankan.

e. Penekanan
Menekankan kata-kata penting atau konsep menggunakan huruf tebal atau garis bawah membantu audiens dalam memahami isi slide presentasi yang kamu tampilkan.

f. Angka
Jangan hanya mengandalkan teks tulisan biasa ya. Misal saat menuliskan rumus matematika, kamu bisa menggunakan visualisasi teknik hubungan antara variabel dengan grafik.

g. Jumlah Kata
Jumlah kata yang kamu tampilkan di slide presentasi harus ada batasnya, supaya audiens tidak harus membaca keseluruhan teks tulisan yang ada, misalkan berusaha untuk memiliki maksimum sekitar tujuh baris dan tujuh kata per baris.

h. Penomoran Slide
Masukkan nomor halaman di bawah setiap slidenya agar siapa pun yang mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab dapat menunjuk nomor slide dengan mudah.

i. Penggunaan Judul
Adanya judul dalam slide membantu menunjukkan bagian presentasi  mana yang dimiliki, namun bukan berarti bahwa semua slide harus memiliki judul.

j. Penggunaan Alat
Slide tulisan tangan bisa sangat jelas untuk dibaca. Untuk penyajian hasil numerik berupa grafik, menggunakan software sangat penting.

k. Catatan atau Manuskrip
Jika tidak yakin dengan kata-kata yang sulit, kamu bisa mencatatnya agar tidak kesulitan dalam mengucapkan saat presentasi.

l. Terlalu Sering Menggunakan Catatan
Jangan sering membaca catatan, namun tidak masalah jika sesekali menengok catatan yang kamu miliki untuk melihat kata kunci atau beberapa kalimat dalam bahasa asing.


Demikian sedikit ulasan dari saya mengenai presentasi, baik itu presentasi yang formal maupun non formal. Apabila ada salah dalam penulisan saya mohon maaf dan mohon pembaca berkenan untuk memberikan komentar sehingga artikel selanjutnya akan lebih baik lagi.