9 Tips Presentasi Yang Baik

tips presentasi via fad1y.blogspot.com

Kamu masih sering gugup saat presentasi ? atau kamu belum tahu presentasi yang baik itu seperti apa ? jika iya maka kamu bisa nih membaca tips supaya presentasi kamu lancar, tanpa halangan dan kamu akan mendapat nilai tambahan karena presentasi kamu bagus.

1. Berbicara dengan Audiens
Bagi kamu yang pengen presentasi dengan baik, entah itu presentasi saat perkuliahan, seminar nasional, seminar kerja praktek atau bahkan presentasi saat skripsi, maka kamu wajib menghindari yang namanya berbicara sendiri ke lantai, dinding, atau malah ke proyektor layar. Kenapa ? karena kita itu sedang presentasi, bukan merenungi nasib dengan melihat ke lantai, atau ke dinding, ya walaupun kamu itu grogi atau gugup saat presentasi.
Terus gimana cara mengatasinya ? coba cari kontak mata dengan audiens, entah itu dosen penguji, teman kamu sendiri, atau penonton yang lainnya, intinya audiens itu seakan-akan di ajak berbicara sama kita yang sedang presentasi.
Untuk sesekali menunjukkan apa yang tertera pada slide yang kamu tampilkan dengan cara menghadap layar proyektor, bahwa audiens paham dengan apa yang kamu sampaikan itu sesuai dengan konteks yang tertera pada slide presentasi.

2. Tampilkan Slide dengan Benar
Biasanya nih teman-teman yang merasa tidak PD dengan isi slidenya maka mereka menunjukkan slide presentasinya hanya beberapa detik saja (tidak terlalu lama). Padahal hal ini sangat mengganggu audiens, karena audiens pun juga perlu waktu untuk mencerna apa isi dari slide yang di presentasikan.
Jadi usahakan selalu menampilkan slide presentasi selama kamu mempresentasikan isi slide itu ya, karena saat audiens bosan memperhatikan kamu yang sedang presentasi biasanya audiens akan mengalihkan pandangannya ke arah slide presentasi yang kamu tampilkan di layar proyektor.

3. Jelaskan setiap slide rinciannya kepada audiens.
Misal di slide presentasi itu di tulis point demi point materi yang penting, karena memang slide presentasi itu lebih baik dengan sedikitnya tulisan, nah kamu yang presentasi harus bisa menjelaskan maksud dari tiap point itu dengan jelas agar audiens paham dengan tiap point yang disampaikan.
Nilai plus nya adalah kamu akan di cap sebagai orang yang sangat menguasai materi yang kamu sampaikan, sehingga jika ada pertanyaan kamu akan mudah menjawabnya karena sudah menguasai materi, selain itu juga kamu akan disukai audiens karena menyampaikan materi dengan sangat baik, semakin banyak materi yang kamu kuasai maka akan semakin baik penyampaian mu saat presentasi.

4. Hindari membaca kata demi kata
Jangan pernah membaca slide presentasi kata demi kata yang akan membuat audiens merasa tidak dihargai, karena yang presentasi hanya menatap monitor sambil membacanya, presentasi yang seperti ini sangat tidak menarik untuk disaksikan ya. Jadi lakukan sesekali saja, misal definisi penting atau kutipan.
Salah satu kekurangan jika slide presentasi itu banyak tulisan adalah kamu akan terpaku dengan tulisan yang ada di slide, karena kamu akan ada perasaan was-was jika apa yang kamu sampaikan tidak sama dengan yang ada di slide, maka dari itu buatlah slide presentasi yang simpel dan kuasai materi yang akan disampaikan.

5. Manajemen waktu
Menggunakan waktu sebaik mungkin, jika kehabisan waktu kamu harus mengakhiri presentasi. Karena ada kalanya presentasi itu ditentukan waktunya secara detail misalkan acara seminar nasional biasanya diberikan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Sehingga sangat penting yang namanya manajemen waktu.

6. Perhatikan tempo
Jangan gugup saat presentasi ya, karena kalau kamu gugup akan mempengaruhi kualitas suara kamu saat presentasi, mungkin suara kamu jadi lebih cepat atau bahkan malah jadi lebih lambat karena bingung apa yang akan disampaikan terlebih lagi jika sampai lupa sama apa yang akan disampaikan.
Caranya bisa dengan menyampaikan materi dengan menguasai keadaan, jangan gugup, jangan terlalu cepat dalam menyampaikan materi, santai saja tetapi tetap dalam koridor yang ditetapkan.

7. Gunakan segelas air
Salah satu cara yang bisa membantu kamu mengurangi kegugupan saat presentasi adalah minum air putih. Selain itu bisa berfungsi sebagai mini break saat kamu presentasi. Air putih juga bisa membuat tenggorokan kamu menjadi lebih segar sehingga presentasi akan lebih rileks dan

8. Jangan menghalangi tampilan
Kamu kalau presentasi kan selain menyampaikan materi ke audiens juga menampilkan slide presentasi kan ?? nah, kamu nggak boleh berdiri didepan slide proyektor saat presentasi karena bisa mengganggu audiens yang ingin melihat slide yang kamu tampilkan. Kalau misalnya tempatnya luas kamu bisa berdiri disamping layar proyektor biar audiens bisa melihat slide yang kamu tampilkan.

9. Gunakan alat penunjuk arah
Memang presentasi yang baik itu menggunakan alat penunjuk saat presentasi, umumnya menggunakan laser yang warnanya merah. Bisa juga buat memindahkan slide sebelum ke slide selanjutnya dari jarak jauh.

Demikian sedikit tips dari saya, bismillah semoga teman-teman semua dimudahkan saat presentasi dan mendapatkan hasil yang memuaskan, Aamiin.