Training Kader LDK FOKAMM 25-26 Maret 2017

logo ldk fokamm via fokamm.besaba.com
Training kader ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan stmik duta bangsa surakarta sebagai ajang untuk memberikan pelatihan calon pengurus LDK agar saat sudah menjadi pengurus tidak bingung apa yang harus dilakukan.

Sesuai jadwal hari sabtu harusnya kami berangkat jam 2 siang dari kampus menuju yayasan aitam di boyolali yang menjadi tempat training kami, tetapi hujan turun begitu derasnya hingga waktu ashar tiba sehingga kami memutuskan untuk sholat ashar dahulu sebelum menuju ke tempat tujuan, sesudah ashar hujan masih mengguyur kota surakarta sehingga kami memutuskan untuk nekat perjalanan karena kami ada yang tidak membawa mantol (jas hujan).
Sampai yayasan aitam sekitar jam setengah 5 sore. Kami akan membagikan apa saja acara yang kami jalani selama di yayasan aitam ini, berikut ceritanya:

Sabtu, 17:00 WIB
Pembukaan TEKAD dibuka oleh akh. Wahid selaku ketua fokamm 2015 dan sekarang menjabat sebagai ketua LP2M, kemudian tilawah Al-Quran oleh Akh. Dimas yang merupakan calon pengurus LDK Fokamm 2017-2018

Sabtu, 17:20 WIB
Sambutan TEKAD oleh Akh. Fatkhul Khoiri selaku ketua fokamm saat ini. Memang sih kami baru kali ini bertatapan muka langsung denga ketua fokamm, karena beliau akhir-akhir ini sedang sibuk mengurus berbagai kegiatan yang dijalani.

Sabtu, 17:45 WIB
Waktunya persiapan untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah di masjid yayasan aitam bersama dengan seluruh penghuni yayasan aitam.

Sabtu, 18:15 WIB
Sesuai jadwal ini adalah waktunya kami makan malam, tetapi karena dapurnya penuh masih dipakai oleh santri di yayasan aitam sehingga makan malam kami ganti ba’da sholat isya’. Untuk menghabiskan waktu sembari menunggu waktu sholat isya’ kami membentuk suatu lingkaran untuk membaca al-quran bergantian masing-masing satu ayat hingga waktu sholat isya’ tiba.

Sabtu, 18:45 WIB
Kami selesai membaca al-quran untuk mempersiapkan sholat isya’ berjama’ah di masjid yayasan aitam.

Sabtu, 19:15 WIB
Kami bersama menuju dapur umum di yayasan aitam ini untuk makan malam.

Sabtu, 19:45 WIB
Saatnya memasuki materi yang pertama disampaikan oleh akh. Yusuf selaku ketua PUSKOMDA solo raya dengan tema Sejarah Lembaga Dakwah Kampus, semua berkaitan dengan sejarah didirikan LDK, keikutsertaan mengikuti LDK, kegiatan di puskomda itu ngapain aja, semuanya disampaikan detail.

Sabtu, 21:10 WIB
Selesai sudah materi yang pertama ini, saatnya memasuki fase ta’aruf atau perkenalan alumni LDK fokamm, ada 3 yang hadir yaitu akh. Muhammad abdul ghani, akh. Yopi kristanto, dan akh. Wachid hasyim.
Sebenarnya tidak hanya perkenalan saja, tetapi mereka juga menyampaikan apa saja yang terjadi saat mereka menjabat sebagai ketua fokamm, luar biasa perjuangan yang mereka hadapi. Fase tanya jawab pun tidak terhindarkan karena kami penasaran terhadap kegiatan yang mereka jalani saat itu.

Sabtu, 23:00 WIB
Malam semakin larut, kami pergi ke ruang tidur kami untuk tidur tentunya karena lumayan capek juga duduk berjam-jam tadi.

Ahad, 03:00 WIB
Kami bangun dan berwudhu untuk pergi ke masjid melaksanakan qiyamul lail hingga waktu sholat subuh tiba.

Ahad, 04:20 WIB
Waktu sholat subuh pun tiba, dan kami mempersiapkan diri untuk melaksanakannya, ada yang berwudhu untuk menghilangkan rasa kantuk.

Ahad, 05:30 WIB
Pagi yang cerah dengan udara yang segar membuat kami ingin sekali berolahraga, ada lapangan kecil di yayasan aitam ini mungkin sebesar lapangan futsal, tetapi tidak ada jaring pembatas lho ya. Kami bermain bola di situ hingga satu-persatu meninggalkan lapangan dengan berbagai alasan, ada yang ingin mandi duluan biar nggak antri nanti, ada yang ganti bermain batminton.

Ahad, 07:00 WIB
Kami bersama-sama pergi ke dapur untuk sarapan pagi, karena selain lapar sudah satu jam lebih main bola, kami pun juga ingin mengisi energi kami untuk kegiatan selanjutnya.

Ahad, 08:00 WIB
Setelah sarapan dan istirahat, kami melanjutkan ke aula untuk mendengarkan materi yang akan disampaikan oleh akh. Taufiq selaku puskomda dengan tema manajemen diri untuk membangun habbit, ini materi favorit saya karena banyak motivasi dari akh. Taufiq yang membangkitkan semangat kami dalam menjalani kehidupan ini.
Ada beberapa pesan yang dapat saya petik dari akh. Taufiq:
1.   Segera lakukan sesuatu tanpa fikir panjang jika itu suatu kebaikan
2.   Membangun habbit yang baik memang tidak mudah tapi bukan berarti mustahil, impossible is nothing.
3.   Catat semua impian yang ingin dicapai, karena jika tidak dicatat maka tidak lama lagi impian itu akan sirna karena lupa.
4.   Jangan malu dengan semua impian yang mustahil, karena kita tidak tahu bahwa itu merupakan sebuah kemungkinan dengan usaha maksimal.

Ahad, 09:15 WIB
Selesai sudah materi motivasi yang membangkitkan semangat kami. Kami diberikan waktu break untuk istirahat dan kumpul kembali di aula pada jam 10:30, banyak yang memanfaatkan waktu break ini untuk tidur terutama saya, main tenis meja karena di sebelah aula ada tempat untuk bermain tenis meja, ada yang membaca buku ataupun bercerita dengan rekan-rekannya.

Ahad, 10:30 WIB
Materi selanjutnya disampaikan oleh akh. Hans selaku Ketua Umum JN UKMI 2016 dengan tema “Membangun LDK yang profesional”, berbagai pengalamannya dalam mengikuti LDK disampaikan kepada kami calon pengurus LDK fokamm, banyak metode yang digunakan agar kegiatan di LDK itu tetap berjalan walaupun dengan banyak hambatan dan rintangan.

Ahad, 11:35 WIB
Kami mempersiapkan diri untuk sholat dhuhur berjama’ah di masjid yayasan aitam ini, setelah sholat kami langsung kembali ke aula untuk mengikuti sesi materi yang terakhir.

Ahad, 12:30 WIB
Materi terakhir disampaikan oleh Bp. Arif setiawan selaku Pembina LDK Fokamm dengan tema “Pentingnya Amal Jama’i”, walaupun waktu sudah siang dan kami juga sudah pada capek tapi kami akan memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya. Pada sesi ini kami dijelaskan banyak hal mengenai pentingnya amal jama’i yang menjadi pondasi kaum muslimin.

Ahad, 13:45 WIB
Sesuai dengan jadwal bahwa acara TEKAD ini selesai sebelum jam 2 siang, karena jam 2 siang kita sudah pulang ke rumah masing-masing. Sisa waktu 15 menit ini kami gunakan untuk bersih-bersih ruangan yang kami gunakan untuk tidur dan aktivitas selama acara ini dilaksanakan.

Ahad, 14:00 WIB
Kami semuanya berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing. Waktu yang hanya 2 hari 1 malam ini menyimpan banyak kenangan yang mengikatkan ukhuwah kita, menjalin silaturahmi, dan menjadi akrab dari yang sebelumnnya belum kenal.

Terima kasih untuk panitia TEKAD telah memberikan waktu kalian dan membagikan kepada kami pengalaman kalian selama di LDK Fokamm.