7 Tips Mencari Kamar Kost Bagi Pemula

7 Tips Mencari Kamar Kost Bagi Pemula

Anak kost via www.mibah.com

Ada satu hal yang pasti di fikirkan bagi mahasiswa baru selain tempat kuliah, yaitu mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan kampus. Ada yang mencari kontrakan dengan alasan lebih luas dan bebas, ada yang mencari kamar kost dengan alasan karena lebih simple, boleh-boleh saja mencari kost asalkan tau apa saja yang harus di perhatikan saat mencari kamar kost supaya tidak menyesal nantinya.

Berikut tips buat kamu yang sedang mencari kost baru:

1. Tempatnya strategis 

Dekat dengan kampus dan mudah terjangkau angkutan menuju kampus. Karena tujuan utama mencari kost adalah agar dari tempat tinggal menuju ke kampus itu lebih dekat bahkan kalau bisa tidak perlu menggunakan kendaraan.

2. Lingkungan nyaman

Kost bukan hanya tempat untuk istirahat tetapi juga sebagai tempat yang sangat baik untuk belajar, lingkungan kost yang tenang jauh dari hiruk pikuk kota dan kendaraan yang melintas juga di perlukan. Sehingga mencari lingkungan kost yang nyaman dan tenang merupakan point yang tidak boleh terlewatkan.

3. Sirkulasi udara lancar

Saya pernah ngekost di tempat yang sempit, tidak memiliki akses udara yang baik, sehingga kalau ingin menghirup udara yang segar harus keluar rumah karena kost saya waktu itu berada di dalam rumah bagian belakang sehingga tidak ada jendelanya.

Jadi kost dengan sirkulasi udara yang baik juga sangat diperlukan agar organ pernapasan kita tidak terganggu dan lebih nyaman saat belajar maupun istirahat.

4. Biaya murah tetapi tidak murahan 

Hal yang satu ini sudah menjadi target nomor wahid bagi mahasiswa baru yang akan merantau jauh, yaitu mencari kost dengan biaya perbulan atau pertahun nya murah, tetapi tidak murahan dalam artian tetap mengedepankan aspek kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitar.

5. Listrik memadai
  
Insiden yang pernah alami juga sewaktu ngekost adalah listrik nya tidak memadai, jadi banyaknya kamar dan orang yang menempati menyebabkan listrik yang digunakan semakin banyak, seperti menyetrika baju, menghidupkan air, memasak nasi via magic com, dll. Sehingga jika penggunaan listrik melampaui batas, listrik pun akan mati. Jadi pentingnya menanyakan kepada pemilik kost berapa daya listrik di kost tersebut untuk menanggulangi insiden saya terulang di kost tersebut.

6. Tempat tidak terlalu sempit 

Yah, biasanya kost memang cenderung dengan ukuran tempatnya yang sempit, sehingga hanya bisa untuk tidur, mengerjakan tugas, untuk kumpul dengan teman pun harus di luar kamar karena kecilnya ukuran kost tersebut. Mungkin cara yang paling efektif yaitu dengan memilih kost yang tidak terlalu sempit, minimal semua barang-barangmu terpampang rapi di kost tersebut dan nyaman untuk istirahat dan belajar. 

Demikian 7 tips untuk memilih kost bagi yang baru pertama kali ngekost. Terima kasih telah membaca dan berkunjung di blog saya.

     Baca juga: