5 Keuntungan yang kamu dapatkan saat ngekost



 Saya ingin berbagi pengalaman ngekost saat masih kuliah di stmik db surakarta, ngekost dan kuliah sulit di pisahkan karena banyak dari mereka para mahasiswa memilih ngekost karena lebih nyaman dalam belajar dari pada di rumah sendiri, juga karena rumah yang jauh dari kampus yang menyebabkan mereka ngekost jadi pilihan utama.

Ngekost bukan tanpa keuntungan bagi mereka yang menjalani, dengan kebebasan mutlak yang di miliki orang yang ngekost menjadikan orang tua melarang anaknya untuk kost karena jauh dari pengawasan orang tua. Tetapi tidak sedikit juga para orang tua yang mendukung anaknya untuk ngekost terutama saya, katanya biar bisa mandiri karena saya anak cowok.

Saya akan membagikan keuntungan apa saja yang didapat saat nge-Kost, berdasarkan pengalaman saya pribadi:

1. Kost menjadikanmu lebih dewasa dalam bersikap terhadap sesama
Kedewasaan seseorang
via http://www.imgrum.org

Apa yang membuatmu beda dengan orang lain ? kost ? jawabannya adalah IYA, banyak hal yang di dapat saat ngekost. Dari teman sebelah kamar kost yang menyebalkan karena suka memutar musik keras-keras, atau karena ada yang membawa makanan enak tetapi kamu tidak dibagi ? yah, itu masih sedikit permasalahan yang di hadapi oleh orang yang ngekost. Walaupun kamu diperlakukan sedemikian oleh kawanan kost, kamu harus tetap bersikap baik dan dewasa dalam menghadapinya.


2. Kamu akan dipandang sebagai orang yang mandiri dan tidak bergantung pada orang tua
Kemandirian seseorang via abi.mhs.narotama.ac.id

Perbedaan yang mencolok antara orang yang ngekost dengan orang yang masih tinggal dengan orang tua nya adalah KEMANDIRIAN, satu kata yang bisa merubah keadaan orang. Anak kost akan melakukan segalanya dengan sendiri, makan cari sendiri, minum cari sendiri, saat sakit beli obat sendiri, dan lain-lain. Masih banyak hal-hal yang dilakukan dengan sendiri tanpa sentuhan dari orang tua.

3. Dengan ngekost membuatmu bisa berfikir jernih dalam memutuskan suatu perkara
Berfikir via kabarmozaik.blogspot.com

Banyak anak kost yang menghasilkan karya yang luar biasa, ide yang brilian, semua itu mereka dapatkan dari suatu tempat yang namanya KOST. Di kost kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran hidup, sehingga dengan kesunyian kost itulah kamu mendapatkan ide-ide yang brilian yang akan mengubah hidupmu bahkan hidup orang lain karena karya-karyamu yang menginspirasi nya.

4. Walau kamu bukan dari jurusan ekonomi tetapi keuangan mu malah lebih terorganisir


Menata keuangan anak kost
via http://kokorosot.info/today-money.htm
UANG bagaikan jantung di tubuh manusia, dengan uang anak kost bisa hidup, tanpa uang anak kost akan serba kesusahan, maka dari itu uang yang orang tua mu berikan tiap minggu atau bulan bahkan beberapa bulan sekali harus kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya, harus bisa menghemat uang untuk keperluan yang tidak berguna atau dengan kata lain foya-foya

5. Segala kebutuhan primer dan sekunder pun bisa kamu bedakan

memilih kebutuhan via jagosejarah.blogspot.com

Kalau kamu masih tinggal dengan orang tua mungkin kamu bisa membeli apapun yang kamu mau, termasuk dengan  kebutuhan-kebutuhan yang sebenarnya itu sekunder tetapi kamu anggap seperti primer. Saat kamu kost hal itu tidak akan terjadi, kamu harus bisa memanage pengeluaran kamu tiap harinya, harus di atur pengeluaran mu supaya tidak habis sebelum waktunya. Maka dari itu kamu akan bisa membedakan sesuatu yang disebut primer maupun sekunder, bedanya makan nasi dengan pulsa, bedanya air minum dengan handphone, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit pengalaman yang saya bagikan, semoga menjadikan kamu yang masih ragu untuk ngekost supaya lebih mantap lagi agar hidupmu kedepan lebih baik.