5 Alasan kenapa kamar tidur kostmu harus selalu bersih

Kamar kost via tempat-kost.com

Kenapa harus sering di cuci ?
Sebulan sekali ?
Atau 2 minggu sekali ?

Berbagai pertanyaan muncul ketika orang tua menyuruh kita untuk menjaga kebersihan terutama bagian perlengkapan tidur di kost, apa saja ? sprei, selimut, kurung bantal. Semua itu wajib hukumnya dijaga kebersihannya, dengan cara apa ? di jemur ? bisa juga. Tapi cara menjaga kebersihan yang paling baik adalah “ mencuci “.

Mengapa harus di cuci ?

1. Supaya kuman tidak berkembang biak

Kuman via alan.blog.widyatama.ac.id
Tahukah kamu berapa banyak kuman yang ada di sprei mu tiap hari ? banyak sekali, tidak dapat di hitung karena memang tidak dapat di lihat dengan mata kepala manusia. Nah, supaya kuman di tempat tidur mu itu tidak berkembang biak maka cuci lah sprei, kurung bantal, maupun selimut mu tiap saat, minimal 2 minggu sekali lah.

2. Kamu tidak tahu kan berapa banyak keringatmu keluar saat tidur ?


tidur sehat via health.liputan6.com
Berapa liter keringatmu keluar dari tubuhmu saat kamu tidur ? mungkin tidak mencapai satu liter tiap malam, tapi kalau sudah berminggu-minggu ? entah dari air liur, ataupun dari anggota tubuh yang lain. Maka agar perlengkapan tidurmu selalu bersih dari keringatmu, cuci lah segera !!!

3. Menjaga kesehatan

jaga kesehatan via azkiahan.blogspot.com
Salah satu hal yang harus kamu jaga saat ngekost adalah SEHAT, kalau sakit siapa yang mengobati ? kalau sakit adakah yang menemani ? karena kalau kita kost apalagi sendiri maka tidak ada yang bisa di andalkan kecuali diri kita sendiri. Apa yang menyebabkan kita sakit ? virus ? kuman ? nah, kuman salah satu nya berasal dari tempat tidur kita, tempat kita mengarungi samudera mimpi yang indah, untuk menjaga kesehatan dengan cara selalu jaga kebersihan tempat tidur mu.

4. Tidur mu akan lebih nyaman saat kamar tidur bersih

tidur nyenyak via cardiacku.blogspot.com

Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan, dengan tidur kita bisa mengistirahatkan segala gerak-gerik tubuh kecuali jantung, karena jantung tidak akan pernah berhenti bergerak. Dengan tempat tidur yang bersih tentunya akan menambah kualitas tidurmu menjadi lebih baik, dan lebih nyaman.

5. Buktikan bahwa kamu bukanlah tipe anak kost pemalas

manusia pemalas via twitter.com

Salah satu tipe anak kost yang pemalas adalah tidak pernah mencuci, minimal pakaian nya sendiri pun tidak ia cuci, paling mepet-mepet ya pergi ke loundry. Saya sarankan bagi kamu yang ingin ngekost, jangan pernah pergi ke loundry ! kenapa ? biar kamu total dalam kemandirian dan kedisiplinan, mandi udah sendiri, makan sendiri, tidur sendiri, masak belom bisa nyuci sendiri ? malu donk sama anak kita nantinya kalau di tanya betapa susahnya nyuci selimut yang super tebal.


Demikianlah pengalaman saya saat ngekost, supaya kamu bisa lebih menjaga kebersihan tempat tidur mu, dan mengedepankan kesehatan.