16 jenis barang yang harus di persiapkan saat ngekost

barang-barang via hadiah.me

Saya akan membagikan sedikit pengalaman saat ngekost di surakarta, banyak hal yang perlu untuk dibagi terutama masalah barang yang wajib ada di kost, karena sebelum ngekost perlu di perhatikan apa saja yang harus kamu bawa dari rumah atau beli di daerah dekat kost. Benda yang saya tulis disini belum lengkap ya, jadi bisa kamu tambahkan sendiri jika perlu. Dan benda yang saya tulis ini jika kamar kost yang akan kamu tempati benar-benar dalam keadaan kosong, kalau dari rumah ada kendaraan pribadi sih saya sarankan kamu bawa saja barang nya dari rumah, dari pada beli kan boros, hehe.

Apa saja barang-barang nya ?

1. Kasur

Salah satu benda yang sangat penting untuk kehidupanmu di kost, tanpa kasur ini kamu tidak akan betah di kost karena dingin nya lantai, tidak adanya alas yang hangat sebagai penghantar tidurmu, jadi benda satu ini wajib kamu bawa di kost mu ya.
Biasanya sih kasur itu sudah di sediakan oleh pemilik kost, saya sendiri selama beberapa kali pindah kost juga tidak pernah beli kasur karena sudah disediakan dari pemilik kostnya. Tapi tidak semuanya disediakan hanya kebanyakan disediakan, alangkah baiknya kamu survey dulu kost kamu sebelum membawa barang ini.

2. Bantal

Jika kasur adalah wajib maka bantal adalah hal yang sunnah, kenapa ? karena tidak semua orang tidur dengan bantal, saya pun juga kadang tidur tanpa bantal karena merasa lebih nyaman dengan kepala yang bebas tanpa penghalang, tapi itu saya.
Kalau kamu pun pasti lebih nyaman dan nyenyak tidurmu saat ada barang ini, apalagi cewek yang memiliki bantal dengan aneka bentuk, ada yang berbentuk keroppi, spongebob, doraemon, dll. Untuk bantal sendiri tidak setiap kost menyediakan, bantal juga murah kok di pasaran dan banyak variasi bentuknya.

3. Selimut

Selimut itu ibarat rumah yang ada di puncak gunung, yaitu sebagai penghangat. Penghangat tubuh bagi siapa saja yang menggunakannya, kalau saya sih wajib membawa selimut, kalau cowok seperti saya nih sukanya selimut yang bermotif tim sepakbola, ada manchester united seperti selimutku, chelsea selimutnnya temen, barcelona, real madrid. Tetapi kalau cewek biasanya selimutnya mencerminkan pribadinya, ada yang bermotif barbie, doraemon, spongebob, aktor drakor, dll. Jadi kesimpulan nya selimut itu penting untuk kehidupan mu di kost.

4. Lemari

Benda ini juga cukup penting bagi kamu yang ingin pakaian nya rapi dan aman dari kotoran, setelah pakaian di cuci kemudian di lipat, di setrika dan di simpan serta di tata di dalam lemari. Lemari banyak bentuknya, ada yang besar bisa buat menyimpan pakaian yang di gantung, ada yang sedang tapi cukup banyak menyimpan pakaian walau hanya di lipat, ada juga yang ukuran nya kecil atau mini biasanya ini dipakai cowok yang hanya memiliki pakaian sedikit dan pengen simple supaya kamar kost juga tampak lebih longgar.

5. Meja belajar

Meja belajar adalah salah satu benda penunjang dalam belajar, kalau kamu tidak memiliki benda ini maka bisa dipastikan kamu akan susah untuk belajar, terutama menulis.
Sebagai mahasiswa maka kamu di tuntut untuk belajar kapan pun tanpa mengenal waktu, banyaknya tugas membuatmu harus mempunyai tempat yang nyaman untuk mengerjakan nya, yahh di kost adalah tempat yang tepat untuk belajar, menulis, membaca, mengetik laporan ataupun tugas lainnya. maka meja belajar bisa menjadi rekomendasi untukmu agar semangat terus dalam belajar. Walau saya belum memiliki benda ini tapi saya ada rencana kok untuk membelinya, hehe. Biar tambah rajin nulis blognya.

Artikel terkait:

6. Rice Cooker

Benda ini cocok untuk kamu yang diberi uang saku minim, bahkan sangat PAS untuk kebutuhan kost dan kuliah, dengan adanya penanak nasi ini akan membantu mu menjadi lebih hemat. Cukup hanya membeli lauk sayur, gorengan, daging, dan lain-lain tanpa nasi akan lebih murah harganya.
Misalkan saja harga nasi 2.000 per porsi dikalikan dengan 3x makan sehari dalam sebulan: (2.000x3) x 30: 180.000 rupiah. Lumayan kan bisa menghemat 180.000 rupiah dalam sebulan untuk ditabung atau untuk kebutuhan yang lainnya.
Saya sendiri juga memiliki benda ini, ya karena saya diberi uang saku yang cukup untuk makan dan kebutuhan kuliah, sehingga saya memutuskan untuk memasak nasi sendiri saja dengan berbekal beras dari rumah dan terkadang juga beli, tapi cukup ampuh untuk menekan uang pengeluaran makan.

7. Galon air minum

Sangat mustahil manusia dapat hidup tanpa minum, kamu pun demikian. Minum adalah kebutuhan primer (wajib) maka dari itu diperlukan galon untuk tempat air minum, harganya nggak nyampe 20.000 kok untuk membeli air aqua dengan galon sendiri, tapi kalau mau isi ulang juga silahkan dengan hanya 4.000 rupiah sekali isi. Kalau saya sendiri di kost dulu belum punya galonnya, sehingga saya beli galon + isi nya dengan harga 50.000 rupiah, sampe sekarang saya masih menggunakannya karena jelas lebih hemat dari pada beli air minum botol itu.

8. Piring

Jika kamu punya penanak nasi maka piring adalah hal wajib kedua setelah penanak nasi, tanpa piring kamu mau makan pakai apa coba ? buku ? ember ? minimal piring untuk makan & mangkok untuk tempat lauk pauk nya. jangan hanya membawa satu piringnya, karena kalau ada teman mu main di kost mu apa nggak di kasih makan ? padahal temenmu main ke kostmu dengan harapan mau minta makan lho, wkwkwk.

9. Gelas

Galon sebagai tempat air minum sudah punya, terus apa yang kurang ? gelas donk pastinya, kamu akan membutuhkan benda ini setiap akan minum, pasti. Saya hanya punya satu gelas untuk minum, karena gelas cukup simple membersihkan nya tinggal di siram air dan di kocok supaya bakteri nya hilang dari gelas.
Biasanya nih saya buat kopi, buat susu untuk penghangat tubuh dan perbaikan gizi, wkwkwk.

10. Sendok & Garpu

Jika piring adalah rajanya maka sendok & garpu adalah ratunya, saling berpasangan. Benda yang tidak dapat terpisahkan, apa bisa makan tanpa sendok ? bisa, tuh makan nasi & gorengan bisa pake tangan. Oh ya, kalau nasi & sayur ? tidak kan, kamu jangan sampai makan tanpa sayur, karena tubuhmu akan kekurangan vitamin yang banyak terdapat di kuah sayuran.

11. Ember

Ketika kamu tinggal sendirian di kost dan punya keinginan untuk mandiri maka mencuci pakaian sendiri tanpa loundry adalah salah satu cara membentuk kemandirian. Ember akan setia menemanimu di setiap ajang pencucian pakaian mu, menjadi saksi bisu bahwa pakaian mu pernah bersih di bilasan terakhir di embermu itu. Manfaatkan waktumu di kost untuk meningkatkan kemandirian, jangan sampai kamu ngekost tapi masih loundry pakaian.

12. Gayung

Selain sebagai alat untuk mengambil air saat mandi, gayung juga bisa kamu gunakan sebagai tempat peralatan mandi berkumpul jadi satu, karena akan menjadi lebih praktis dan mudah di bawa ke kamar mandi, apalagi bagi kamu yang kamar mandinya di luar kamar kost.

13. Peralatan mandi

Apa saja yang kamu bawa saat kamu mau mandi ?
Ada sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampo, dll.
Semua itu kamu harus punya ya sebelum ngekost, kalaupun mau beli di deket kost juga nggak papa. Tanpa benda yang saya sebutkan diatas mustahil mandi mu bersih, palingan juga kotoran yang nempel di tubuhmu cuman hilang sedikit karena nggak pake sabun dan gigimu masih kuning karena tidak menggosok gigi.

14. Peralatan cuci baju

Sekarang kalau kamu mau mencuci baju, kamu perlu apa aja ?
Ada sabun cuci, sikat cuci, pewangi pakaian sebelum dijemur, dll.
Kalau cewek nih pasti pake semua yang saya sebutin di atas, tapi kalo cowok ? biasanya hanya di rendam di air yang lama biar kotoran nya luntur, trus di kucek sebentar tanpa di kasih sabun cuci, trus di bilas, itu saya kalau lagi mepet gak punya uang untuk membeli sabun cuci, hehe. Tapi jangan di tiru cara saya mencuci baju seperti itu, karena di jamin nggak akan bersih deh.

15. Peralatan cuci piring

Kalau kamu tipe orang yang ngekost masak nasi sendiri, makan di kost, pasti mencuci piring sendiri donk ?? nggak mungkin kan kamu mau loundry piring kamu yang kotor itu. Nah apa saja yang di persiapkan ?
Ada sabun buat nyuci piring, spoon untuk nyuci piring nya biar piring kamu bersih mengkilap dan wangi donk pastinya.

16. Kipas angin

Kipas angin buat apa ??
Ya buat kipasan lah, buat nyegerin badan yang lagi gerah kepanasan di kost, apalagi kalau kost mu di daerah perkotaan dan jauh dari pepohonan, pasti deh kalau siang hari kamu di kost rasanya seperti dibakar hidup-hidup, panas banget.
Makanya solusinya satu yaitu dengan kamu punya kipas angin yang akan menemanimu disaat kamu kepanasan, kegerahan, kesepian, kegalauan, haha.


Dah itu aja yang bisa saya bagi untuk temen-temen semua yang mau ngekost dan bingung barang-barang apa aja yang harus di bawa atau di beli, baca juga postingan saya yang lain nya ya. Terima kasih.