16 jenis barang yang harus di persiapkan saat ngekost


Saya akan membagikan sedikit pengalaman saya saat masih ngekost di solo, banyak hal yang perlu untuk dibagikan (diblog ini) terutama mengenai barang yang wajib ada di kost (tentunya ini sebuah kebutuhan yang penting), karena sebelum ngekost perlu di perhatikan apa saja yang harus kamu bawa dari rumah atau beli di daerah dekat kost. Barang yang saya tulis disini belum lengkap ya, jadi bisa kamu tambahkan sendiri jika perlu. Dan barang yang saya tulis ini jika kamar kost yang akan kamu tempati benar-benar dalam keadaan kosong, kalau dari rumah ada kendaraan pribadi sih saya sarankan kamu bawa saja barang nya dari rumah, dari pada beli kan boros.

16 jenis barang yang harus di persiapkan saat ngekost
barang-barang via hadiah.me
Update januari 2019 - Awal posting 2017.

Apa aja sih barang-barang yang perlu ada dan dipersiapkan saat mulai ngekost ?

1. Kasur

Salah satu benda yang sangat penting untuk kehidupanmu di kost, tanpa kasur ini kamu tidak akan betah di kost karena dingin nya lantai, tidak adanya alas yang hangat sebagai penghantar tidurmu, jadi benda satu ini wajib kamu bawa di kost mu ya.

Biasanya sih kasur itu sudah di sediakan oleh pemilik kost, saya sendiri selama beberapa kali pindah kost juga tidak pernah beli kasur karena sudah disediakan dari pemilik kostnya. Tapi tidak semuanya disediakan hanya kebanyakan disediakan, alangkah baiknya kamu survey dulu kost kamu sebelum membawa barang ini.

Tetapi untuk kontrakan lebih banyak kosongan isinya, dalam artian untuk kasur pasti belum ada juga, walau ada beberapa kontrakan yang masih menyediakan kasur, tapi untuk persediaan sebaiknya tanyakan baik-baik dengan pemilik kost atau kontrakan apakah ada kasurnya atau tidak.

Lanjut ke barang yang kedua ...

2. Bantal

Jika kasur adalah wajib maka bantal adalah hal yang sunnah, kenapa ? karena tidak semua orang tidur dengan bantal, saya pun juga kadang tidur tanpa bantal karena merasa lebih nyaman dengan kepala yang bebas tanpa penghalang, tapi itu saya mungkin beda dengan kalian yang mungkin malah nggak bisa tidur tanpa bantal.

Kalau kamu pun pasti lebih nyaman dan nyenyak tidurmu saat ada barang ini, apalagi cewek yang memiliki bantal dengan aneka bentuk, ada yang berbentuk keroppi, spongebob, doraemon, dll. Untuk bantal sendiri tidak setiap kost menyediakan, bantal juga murah kok di pasaran dan banyak variasi bentuknya.

3. Selimut

Selimut itu ibarat rumah yang ada di puncak gunung, yaitu sebagai penghangat. Penghangat tubuh bagi siapa saja yang menggunakannya, kalau saya sih wajib membawa selimut, kalau cowok seperti saya nih sukanya selimut yang bermotif tim sepakbola.

Tetapi kalau cewek biasanya selimutnya mencerminkan pribadinya, ada yang bermotif barbie, doraemon, spongebob, aktor drakor, dll. Jadi kesimpulan nya selimut itu penting untuk kehidupan mu di kost.

Dan saat musim hujan selimut sangat penting karena suhu dan udara yang dingin, berbeda saat musim panas yang pasti membuat gerah saat memakai selimut apalagi yang tebal.

4. Lemari

Lemari ini juga cukup penting bagi kamu yang ingin pakaian nya rapi dan aman dari kotoran, setelah pakaian di cuci kemudian dilipat, disetrika dan disimpan didalam lemari.

Lemari banyak bentuknya, ada yang besar bisa buat menyimpan pakaian yang di gantung, ada yang sedang tapi cukup banyak menyimpan pakaian walau hanya di lipat, ada juga yang ukuran nya kecil atau mini biasanya ini dipakai cowok yang hanya memiliki pakaian sedikit dan pengen simple supaya kamar kost juga tampak lebih longgar.

5. Meja belajar

Meja belajar adalah salah satu barang penunjang dalam belajar, kalau kamu tidak memiliki barang ini maka bisa dipastikan kamu akan susah untuk belajar, terutama menulis.

Sebagai mahasiswa maka kamu di tuntut untuk belajar kapan pun tanpa mengenal waktu, banyaknya tugas membuatmu harus mempunyai tempat yang nyaman untuk mengerjakan nya, yahh di kost adalah tempat yang tepat untuk belajar, menulis, membaca, mengetik laporan ataupun tugas lainnya. 

Maka meja belajar bisa menjadi rekomendasi untukmu agar semangat terus dalam belajar. Walau saya belum memiliki barang ini tapi saya ada rencana kok untuk membelinya, hehe. Biar tambah rajin nulis blognya.

Artikel terkait:

6. Rice Cooker

Barang ini cocok untuk kamu yang diberi uang saku minim, bahkan sangat PAS untuk kebutuhan kost dan kuliah, dengan adanya penanak nasi ini akan membantu mu menjadi lebih hemat. Cukup hanya membeli lauk sayur, gorengan, daging, dan lain-lain tanpa nasi akan lebih murah harganya.
Misalkan saja harga nasi 2.000 per porsi dikalikan dengan 3x makan sehari dalam sebulan: (2.000x3) x 30: 180.000 rupiah. Lumayan kan bisa menghemat 180.000 rupiah dalam sebulan untuk ditabung atau untuk kebutuhan yang lainnya.

Saya sendiri juga memiliki benda ini, ya karena saya diberi uang saku yang cukup untuk makan dan kebutuhan kuliah, sehingga saya memutuskan untuk memasak nasi sendiri saja dengan berbekal beras dari rumah dan terkadang juga beli, tapi cukup ampuh untuk menekan uang pengeluaran makan.

Rice cooker juga dapat dijadikan sebagai alat untuk memanaskan air (buat ngopi, bikin susu, minum jahe hangat) dan juga bisa buat bikin mie instan (mie goreng dan mie rebus).

7. Galon air minum

Sangat mustahil manusia dapat hidup tanpa minum, kamu pun demikian. Minum adalah kebutuhan primer (wajib) maka dari itu diperlukan galon untuk tempat air minum, harganya nggak nyampe 20.000 kok untuk membeli air aqua dengan galon sendiri, tapi kalau mau isi ulang juga silahkan dengan hanya 4.000 rupiah sekali isi tetapi memang rasanya beda.

Kalau saya sendiri di kost dulu belum punya galonnya, sehingga saya beli galon + isi nya dengan harga 50.000 rupiah mungkin sekarang harga sudah naik, dan sampe sekarang saya masih menggunakannya karena jelas lebih hemat dari pada beli air minum kemasan botol itu.

8. Piring

Jika kamu punya penanak nasi maka piring adalah hal wajib kedua setelah penanak nasi, tanpa piring kamu mau makan pakai apa coba ? buku ? ember ? minimal piring untuk makan & mangkok untuk tempat lauk pauk nya. 

Jangan hanya membawa satu piringnya, karena kalau ada teman mu main di kost mu apa nggak di kasih makan ? padahal temenmu main ke kostmu dengan harapan mau minta makan lho, wkwkwk.

Untuk jenis piringnya saran saya jangan yang jenisnya kaca, tetapi jenis piring yang plastik, karena akan lebih aman ketika terjatuh.

9. Gelas

Galon sebagai tempat air minum sudah punya, terus apa yang kurang ? gelas dong pastinya, kamu akan membutuhkan barang ini setiap akan minum, pasti. 

Saya hanya punya satu gelas untuk minum, karena gelas cukup simple membersihkan nya tinggal di siram air dan di kocok supaya bakteri nya hilang dari gelas.
Biasanya nih saya buat kopi, buat susu untuk penghangat tubuh dan perbaikan gizi, wkwkwk.

10. Sendok & Garpu

Jika piring adalah rajanya maka sendok & garpu adalah ratunya, saling berpasangan. Benda yang tidak dapat terpisahkan, apa bisa makan tanpa sendok ? bisa, tuh makan nasi & gorengan bisa pake tangan. Oh ya, kalau nasi & sayur ? tidak kan, kamu jangan sampai makan tanpa sayur, karena tubuhmu akan kekurangan vitamin yang banyak terdapat di kuah sayuran.

Tetapi kalau untuk makan jenis yang ada lalapan seperti "pecel lele" itu saya akui lebih nikmat tanpa sendok (dengan tangan langsung), dan saat makan nasi padang pun juga lebih nikmat tanpa sendok loh.

11. Ember

Ketika kamu tinggal sendirian di kost dan punya keinginan untuk mandiri maka mencuci pakaian sendiri tanpa loundry adalah salah satu cara membentuk kemandirian. 

Ember akan setia menemanimu disetiap ajang pencucian pakaian mu, menjadi saksi bisu bahwa pakaian mu pernah bersih di bilasan terakhir di embermu itu. 

Manfaatkan waktumu di kost untuk meningkatkan kemandirian, jangan sampai kamu ngekost tapi masih loundry pakaian, walau begitu saya pun pernah dan sering laundry pakaian saat masih kuliah awal-awal dulu, karena jemuran penuh, musim hujan dan malas nyuci pastinya, tetapi saat ini udah gak pernah laundry karena ingin lebih hemat.

12. Gayung

Selain sebagai alat untuk mengambil air saat mandi, gayung juga bisa kamu gunakan sebagai tempat peralatan mandi berkumpul jadi satu, karena akan menjadi lebih praktis dan mudah di bawa ke kamar mandi, apalagi bagi kamu yang kamar mandinya di luar kamar kost.

13. Peralatan mandi

Apa saja yang kamu bawa saat kamu mau mandi ?
Ada sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampo, dll.
Semua itu kamu harus punya ya sebelum ngekost, kalaupun mau beli di deket kost juga nggak papa. Tanpa barang yang saya sebutkan diatas mustahil mandi mu bersih, palingan juga kotoran yang nempel di tubuhmu cuman hilang sedikit karena nggak pake sabun dan gigimu masih kuning karena tidak menggosok gigi.

Peralatan mandi pun setiap orang berbeda kebutuhannya, untuk cowok biasanya sedikit dan lebih simpel dari pada peralatan mandi nya cwek yang bejibun jumlahnya.

14. Peralatan cuci baju

Sekarang kalau kamu mau mencuci baju, kamu perlu apa aja ?

Ada sabun cuci, sikat cuci, pewangi pakaian sebelum dijemur, dll. 

Kalau cewek nih pasti pake semua yang saya sebutin di atas, tapi kalo cowok ? biasanya hanya di rendam di air yang lama biar kotoran nya luntur, trus di kucek sebentar tanpa di kasih sabun cuci, trus di bilas, itu saya kalau lagi mepet gak punya uang untuk membeli sabun cuci, hehe. Tapi jangan di tiru cara saya mencuci baju seperti itu, karena di jamin nggak akan bersih deh.

15. Peralatan cuci piring

Kalau kamu tipe orang yang ngekost masak nasi sendiri, makan di kost, pasti mencuci piring sendiri donk ?? nggak mungkin kan kamu mau loundry piring kamu yang kotor itu. Nah apa saja yang di persiapkan?

Ada sabun buat nyuci piring, spoon untuk nyuci piring nya biar piring kamu bersih mengkilap dan wangi donk pastinya.

16. Kipas angin

Kipas angin buat apa ?? 

Ya buat kipasan lah, buat nyegerin badan yang lagi gerah kepanasan di kost, apalagi kalau kost mu di daerah perkotaan dan jauh dari pepohonan, pasti deh kalau siang hari kamu di kost rasanya seperti dibakar hidup-hidup, panas banget. 

Makanya solusinya satu yaitu dengan kamu punya kipas angin yang akan menemanimu disaat kamu kepanasan, kegerahan, kesepian, kegalauan, haha.



Dah itu aja yang bisa saya bagi untuk temen-temen semua yang mau ngekost dan bingung barang-barang apa aja yang harus di bawa atau di beli, baca juga postingan saya yang lain nya ya. Terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "16 jenis barang yang harus di persiapkan saat ngekost"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel