10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

dediblog.id – Salah satu faktor yang dipertimbangkan sebelum menentukan jurusan kuliah adalah peluang kerja. Semakin besar peluang kerjanya, maka semakin banyak lulusan SMA atau SMK yang memilih jurusan yang relevan. Dan tidak salah jika Anda mengintip dulu 10 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja
10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Tentu saja list tersebut tidak bisa Anda jadikan patokan pasti. Pasalnya, akan ada banyak sekali perubahan yang bisa terjadi. Misalnya saja Anda masuk ke jurusan A karena kebutuhan tenaga kerja di bidang tersebut pada tahun ini sangat banyak. Namun, Anda harus tahu bahwa proses belajar di bangku kuliah membutuhkan waktu, normalnya 3 hingga 4 tahun. Bisa saja saat Anda kuliah, kebutuhan tenaga kerja sudah terpenuhi sehingga peluangnya menipis.

Belum lagi jika ada perubahan kondisi ekonomi, sosial, dan politik. Contoh sederhananya saja ketika terjadi pandemi Covid-19. Tentu saja masyarakat lebih membutuhkan kesehatan daripada hal yang lain. Ini membuat tenaga medis sangat dibutuhkan. Begitu juga tenaga kerja lain yang berkaitan dengan kesehatan, seperti farmasi.

Baca Juga

peluang dan prospek kerja jurusan psikologi
Inilah Alasan Semakin Banyak yang Memilih Universitas Terbuka

Jadi, daftar jurusan kuliah yang paling dibutuhkan ini bisa berubah kapan saja. Ini tergantung perubahan kondisi dan situasi. Namun, setidaknya jurusan berikut ini bisa Anda jadikan pedoman untuk mengetahui dan memprediksi bagaimana peluang kerja yang tersedia.

Apakah Anda Perlu Melanjutkan Kuliah?

Sebelum menentukan jurusan kuliah, sebenarnya ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab. Apakah Anda perlu melanjutkan kuliah? Ini pertanyaan sederhana namun cukup sulit untuk dijawab.

Banyak yang menganggap dengan kuliah maka mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan karier yang lebih baik di masa mendatang. Itu bukan tanpa alasan. Karena mereka yang berpendidikan akan lebih mudah mendapatkan kesempatan kerja.

Namun, apakah Anda bisa menemukan orang yang sukses tanpa kuliah? Banyak sekali contohnya. Hal tersebutlah yang harus Anda pertimbangkan. Bukan berarti kuliah itu tidak penting. Yang kurang tepat adalah menganggap kuliah menjadi jalan satu-satunya untuk sukses. Karena faktanya banyak juga yang tidak memiliki kesempatan kuliah mampu mendapatkan kesuksesan.

Pertanyaan yang sebenarnya sangat penting untuk Anda jawab adalah apakah Anda perlu kuliah untuk meraih kesuksesan? Beberapa orang tidak membutuhkan kuliah. Beberapa orang lainnya membutuhkan, terutama mereka yang membutuhkan legalitas, seperti seorang guru yang harus mendapatkan ijazah guru, dokter yang harus memiliki gelar dan lisensi dokter, atau farmasi yang harus mendapatkan lisensi sebagai apoteker.

Anda akan lebih mudah untuk menjawab pertanyaan apakah Anda perlu untuk melanjutkan kuliah?

Daftar 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Jika Anda merasa karier dan juga cita-cita Anda hanya bisa Anda dapatkan dengan cara kuliah, berikut ini 10 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja:

Teknik Informatika

Di era digital seperti saat ini, sangat banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang ahli IT. Ini membuat lulusan Teknik Informatika tidak lagi khawatir mengenai pekerjaan. Apalagi hampir semua perusahaan mulai memiliki kesadaran pentingnya go online. Begitu juga dengan perusahaan kecil dan bahkan UMKM.

Jadi, sangat wajar jika jurusan Teknik Informatika akhir-akhir ini menjadi jurusan favorit. Bahkan, beberapa universitas membuka jurusan yang satu ini mengingat membludaknya minta lulusan SMA atau SMK yang ingin mengambil jurusan ini.

Biasanya, lulusan IT bisa menjadi seorang web developer atau app developer. Ia adalah seorang ahli yang bisa membuat atau membangun website atau aplikasi. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga web developer untuk membantu mereka agar survive di era bisnis digital seperti saat ini.

Hukum

Jurusan hukum dianggap jurusan yang paling sulit. Bahkan, di Amerika Serikat, ini termasuk jurusan yang sangat prestigious. Orang-orang hebat di Amerika Serikat ternyata banyak yang merupakan lulusan jurusan hukum. Sebut saja Barack Obama dan Hillary Clinton. Mereka berdua adalah dua di antara lulusan hukum terbaik di salah satu universitas terbaik di dunia, yaitu Universitas Harvard.

Begitu juga di Indonesia. Seseorang yang memilih jurusan hukum dianggap orang yang pintar. Ia memiliki logika yang bagus, kemampuan berbicara dan berdebat yang luar biasa.

Namun, bukan hanya kesan itu saja yang membuat ini menjadi jurusan favorit. Sudah banyak yang mengetahui bahwa ini adalah jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Sekarang ini, semakin banyak kantor yang mengurusi masalah hukum.

Banyak sekali orang yang menghadapi kasus hukum sehingga jasa pengacara sangat diperlukan. Apalagi untuk kasus-kasus yang mendakwa seseorang dengan hukuman berat. Ada kewajiban di mana orang tersebut harus memiliki pengacara di persidangan.

Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan. Mereka membutuhkan ahli di bidang perdata agar semua keputusan yang diambil tidak melanggar hukum. Jadi, ahli hukum tidak hanya berperan ketika perusahaan mendapatkan masalah tapi lebih sebagai pendamping agar perusahaan tidak menyalahi aturan.

DKV(Desain Komunikasi Visual)

Apa itu DKV? Ini singkatan dari Desain Komunikasi Visual. Jadi, ini semacam media visual yang digunakan untuk berkomunikasi, dalam arti menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain. Orang yang memilih jurusan DKV umumnya suka menggambar. Meskipun tidak semua mata kuliah itu seputar menggambar. Ada juga hal lain seperti psikologi, estetika, dan lain sebagainya.

Dunia kerja yang membutuhkan lulusan DKV sangat banyak. Karena lulusan jurusan DKV ini sangat kreatif dalam membuat desain visual, keahlian mereka sangat dibutuhkan, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan media pemasaran visual.

Saat perusahaan ingin mengkampanyekan sebuah produk, mereka tidak ingin asal-asalan dalam membuat desain grafisnya. Mereka ingin desain dibuat semenarik mungkin sehingga mampu mencuri perhatian orang. Makanya, ini tidak hanya membuat desain, melainkan faktor psikologis calon konsumen juga harus diperhitungkan.

Desain Produk

Sekilas, jurusan desain produk ini sama seperti DKV. Namun, ada perbedaan. Di jurusan desain produk ini, mahasiswa akan diajari bagaimana cara membuat desain produk yang tidak hanya bermanfaat dan bisa digunakan, melainkan juga menarik, sesuai dengan perkembangan zaman, dan nyaman digunakan.

Bahkan, sekarang ini para mahasiswa desain produk ditantang untuk membuat desain produk yang ekonomis. Ini sesuai dengan kebutuhan zaman yang mana membutuhkan produk yang ekonomis.

Perusahaan-perusahaan yang membuat produk sangat membutuhkan keahlian dari lulusan desain produk. Namun, mereka harus kreatif. Artinya, mereka mampu membuat desain produk yang beda dan lain daripada kebanyakan produk. Inilah tantangan terbesarnya.

Makanya, jika seorang desainer produk berhasil membuat produk yang bagus dan laris manis, ia akan digaji sangat tinggi. Dan inilah yang menjadi daya tarik jurusan desain produk ini.

Pertambangan dan Perminyakan

Jika Anda tanya pekerjaan apa yang bisa mendapatkan gaji tinggi, maka pekerjaan di sektor pertambangan dan perminyakan adalah jawabannya. Profit yang didapatkan perusahaan sangat tinggi sehingga mereka mampu membayar gaji karyawan dengan tinggi juga.

Sayangnya, universitas yang membuka jurusan ini masih sangat sedikit. Bukan tanpa alasan. Untuk membuka jurusan ini, banyak sekali syarat yang harus dipenuhi. Begitu juga kebutuhan dosen yang kompeten serta fasilitas yang harganya tidak murah.

Pemasaran

Perusahaan manapun butuh ahli pemasaran. Bisa dikatakan pemasaran adalah bidang yang menjadi jantungnya perusahaan. Tanpa pemasaran, perusahaan manapun bisa gulung tikar.

Hal inilah yang membuat lulusan pemasaran selalu diserap di dunia kerja. Selama belajar di jurusan pemasaran, seorang mahasiswa akan belajar bagaimana menerapkan teknik pemasaran terbaik, termasuk pemasaran online yang saat ini sedang ngetren.

Ilmu Bisnis

Tidak semua orang ingin kuliah dengan alasan agar setelah lulus mendapatkan pekerjaan. Ada juga yang ingin kuliah karena ingin membuka usaha sendiri. Jika ini yang Anda inginkan, Anda cocok jurusan ilmu bisnis.

Ini termasuk jurusan yang eksklusif. Pasalnya, kebanyakan mahasiswa yang masuk jurusan bisnis itu berasal dari keluarga berada. Bukan tanpa alasan. Ini termasuk jurusan yang biaya kuliahnya tinggi. Prospek ke depannya juga sangat bagus mengingat Anda bisa membangun kerajaan bisnis Anda sendiri nanti. Sangat worth it dengan biaya kuliahnya yang selangit, bukan?

Akan tetapi, tidak pasti juga orang yang memilih jurusan bisnis akhirnya membangun bisnis sendiri. Tak jarang juga yang memang belajar ilmu bisnis karena ingin menjadi seorang decision maker di sebuah perusahaan. Jadi, mereka menjadi karyawan yang levelnya paling tinggi seperti menjadi manajer.

Jurusan Kedokteran

Sejak dahulu kala, kedokteran itu menjadi jurusan yang sangat favorit. Bahkan, jika anak-anak ditanya nanti ketika dewasa jadi apa, mereka biasanya akan menyebutkan satu profesi, yaitu menjadi dokter.

Kebutuhan dokter itu semakin tinggi. Maka wajar jika kedokteran terus menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan dunia kerja. Masyarakat semakin sadar pentingnya kesehatan. Ini direspon dengan banyaknya fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit, klinik, hingga fasilitas kesehatan paling kecil di desa yaitu puskesmas.

Kesehatan Masyarakat

Profesi kesehatan yang banyak dicari tidak hanya dokter, melainkan juga kesehatan masyarakat. Jika dokter bertugas untuk mengobati, mereka yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan masyarakat melakukan peran untuk pencegahan. Tugas tenaga kesehatan masyarakat adalah memberikan penjelasan kepada masyarakat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan, terutama masalah kesehatan yang sering terjadi. Seperti contoh, ketika musim hujan tiba, tenaga kesehatan masyarakat akan turun ke masyarakat untuk mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan agar tidak terkena diare atau penyakit lainnya yang sering muncul saat musim hujan tiba.

Lulusan kesehatan masyarakat juga dibutuhkan perusahaan, terutama perusahaan yang proses produksinya menimbulkan limbah. Biasanya, tugasnya adalah menganalisis limbah produksi lalu mencoba mengatasi masalah limbah tersebut, seperti memanfaatkan limbah untuk hal yang lebih bermanfaat.

Farmasi

Jika ingin menjadi apoteker, maka Anda harus kuliah di jurusan farmasi. Kebutuhan apoteker sangat banyak. Hal ini dikarenakan setiap apotek diharuskan memiliki apoteker. Begitu juga dengan instansi pemerintahan khusus di bidang kesehatan serta rumah sakit.

Itulah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Kira-kira, apakah ada salah satu jurusan yang membuat Anda tertarik?

Pertimbangan Matang Sebelum Memilih Jurusan

Sangat bisa dipahami jika saat ini Anda memilih jurusan agar mudah mendapatkan pekerjaan nantinya. Namun, apakah itu bisa Anda dapatkan jika Anda tidak tekun belajar? Padahal, ketekunan itu sangat dipengaruhi oleh seberapa senang Anda belajar di kampus. Dan banyak sekali faktor lain yang mempengaruhi.

Maka dari itu, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda gunakan selain prospek kerja setelah lulus nanti. Apa saja pertimbangan yang dimaksud?

  • Kesenangan

Apakah jurusan kuliah yang akan Anda ambil itu menarik? Jika ya, tidak ada yang perlu Anda ragukan lagi. Apalagi jika memang mata pelajaran itulah yang selama di SMA Anda sukai.

Tentu tidak harus sama persis, melainkan ada hubungannya. Misalnya saja Anda suka Kimia. Selama di SMA, Anda cukup berprestasi di mata pelajaran ini. Lalu, Anda memilih jurusan pertambangan. Sangat relevan, bukan? Apalagi pertambangan termasuk satu di antara jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

  • Kemampuan Finansial

Biaya untuk setiap jurusan berbeda-beda. Ada yang mahal. Ada yang biaya kuliahnya murah. Ini tergantung pada fasilitas yang harus disediakan, praktik yang harus Anda lakukan, dan lain sebagainya.

Contoh sederhana seperti ini. Mengapa jurusan kedokteran itu mahal? Tentu saja karena banyak sekali fasilitas yang harus disiapkan. Dan penyediaan fasilitas untuk mahasiswa kedokteran itu tidak murah. Belum lagi kelas praktik yang sepertinya terus dilakukan di sepanjang perkuliahan.

Untuk itu, ketika Anda memilih jurusan, pertimbangkan biaya kuliah. Jika biaya ditanggung orang tua, Anda sebaiknya bicarakan dengan orang tua. Jika orang tua tidak mampu, jangan menyerah. Ada opsi lain seperti mencari beasiswa. Sekarang ini, banyak sekali beasiswa yang tersedia. Tidak hanya beasiswa dari universitas dan juga pemerintah, tapi juga dari pihak lain seperti universitas, lembaga, organisasi, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mencoba meringankan beban orang tua. Misalnya, selama kuliah, Anda bekerja paruh waktu agar Anda bisa membiayai kebutuhan setiap hari. Yang pasti, selalu ada jalan jika Anda terbentur masalah finansial.

  • Kemampuan

Percuma saja jika Anda suka tapi tidak mampu. Untuk itu, memilih jurusan juga harus disesuaikan dengan potensi yang Anda miliki. Karena terkadang orang suka dengan hal tertentu namun ia tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Contohnya saja banyak orang yang suka sepakbola. Mereka rela membayar tiket pertandingan yang mahal sekalipun. Namun, apakah mereka pasti bisa bermain sepakbola?

Itulah mengapa Anda harus melihat ke diri Anda sendiri. Tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda punya kemampuan untuk menekuni jurusan yang akan Anda pilih?

  • Minta Pendapat Orang Lain

Ada kemungkinan Anda sudah mantap untuk mengambil jurusan kuliah. Namun, ada baiknya Anda memastikan bahwa itu bukan pilihan yang salah. Caranya dengan meminta pendapat orang lain. Orang tersebut bisa orang tua Anda sendiri, teman, saudara, ataupun guru yang paling dekat dengan Anda.

Memang pada akhirnya keputusan ada di tangan Anda. Akan tetapi, pendapat dari orang lain itu sangat membantu Anda memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang rasional, bukan keputusan emosional. Apalagi keputusan yang hanya berdasarkan karena jurusan tersebut banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Jadi, sudah yakin mau kuliah di jurusan apa? Putuskan dan jalani apa yang sudah menjadi keputusan Anda. Memilih jurusan kuliah itu seperti menentukan masa depan Anda sendiri. Jadi, Anda tidak boleh gegabah dan terburu-buru dalam menentukan sebuah keputusan. Keputusan yang besar seperti ini harus dibuat secara hati-hati. Jika tidak, Anda bisa menyesal di kemudian hari nanti.

Leave a Comment