Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi
Materi Kuliah

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Dediblog.id – Tepat sekali jika Anda mencari tahu dulu apa prospek kerja psikologi sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah di jurusan psikologi. Karena bagaimanapun juga, Anda kuliah untuk mendapatkan karier yang bagus, bukan? Makanya, Anda harus ketahui dulu karier seperti apa yang bisa Anda dapatkan setelah kuliah di jurusan psikologi.

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa karier tersebut cocok untuk Anda. Jangan sampai Anda menjadi salah satu orang yang merasa menjadi orang yang salah jurusan. Mereka asal masuk jurusan begitu saja. Dan setelah lulus, mereka mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion mereka.

Peluang Kerja Lulusan Psikologi

Dari sekian banyak jurusan, anak psikologi bisa dikatakan memiliki peluang yang sangat besar sekali. Banyak sekali posisi yang bisa didapatkan oleh lulusan psikologi. Maka, tidak salah jika prospek kerja psikologi itu sangat menjanjikan.

Setidaknya, ada 5 prospek kerja yang bisa Anda dapatkan setelah lulus nanti; yaitu:

BK

Mungkin Anda siswa yang sering berhadapan dengan BK atau Guru Bimbingan Konseling. Karena bisa saja Anda sering melanggar aturan sekolah. Ternyata, BK di sekolah itu lulusan dari jurusan psikologi.

Anda bisa lihat berapa banyak sekolah yang ada sekarang ini. Anda bisa hitung saja sekolah yang ada di sekitar Anda. Belum lagi kemunculan sekolah baru. Semakin banyak sekolah, maka semakin banyak dibutuhkan guru BK. Begitu juga dengan jumlah siswa. Semakin banyak jumlah siswa di sebuah lembaga pendidikan, maka semakin banyak pula guru BK yang dibutuhkan.

Psikolog

Tahukah Anda banyak sekali orang yang sudah mulai menghindari obat-obatan ketika sakit. Bahkan, ada juga yang sama sekali tidak ingin minum obat sekalipun itu herbal. Alasannya sederhana. Mereka tidak ingin mengalami ketergantungan dengan obat-obatan.

Maka dari itu, mereka yang khususnya mengalami masalah kesehatan mental tidak mau bergantung pada obat-obatan. Mereka lebih memilih berkonsultasi dengan psikolog.

Ada banyak sekali masalah mental yang diderita masyarakat zaman sekarang. Sebut saja anxiety, susah tidur, insomnia, tidak percaya diri, dan gangguan mental lainnya. Semua itu bisa diobati bukan dengan obat-obatan melainkan melalui terapi yang dilakukan oleh seorang psikolog.

RnD

Apa itu RnD? Ini singkatan dari Research and Development. Anda pasti tahu banyak sekali produk baru yang muncul, bukan? Bahkan, satu brand bisa mengeluarkan produk baru sekali atau bahkan dua kali dalam satu tahun. Tujuannya apa? Untuk mempertahankan brandnya sekaligus untuk membuat konsumen semakin loyal karena selalu ditawarkan dengan produk baru yang lebih baik.

Akan tetapi, tahukah Anda jika kemunculan produk baru tersebut berdasarkan sebuah riset mendalam? Ini tidak hanya sekedar memperbaiki produk yang sudah ada dengan menambahkan fitur tertentu. Tidak sesederhana itu. Ada riset yang dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen. Dan skill itu dimiliki oleh seorang RnD yang merupakan lulusan psikologi.

HeadHunter

Inidia prosepek kerja psikologi yang sedang ngetren. Anda pasti tahu perusahaan sekarang ini tidak mau mengeluarkan banyak uang dan tenaga untuk menyeleksi karyawan baru. Belum lagi usaha tersebut bisa saja gagal total. Yang mereka terima ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Sekarang, mereka bisa bekerja sama dengan HeadHunter. Ini adalah jasa perekrutan pekerja. Dengan tim psikolog yang andal, pekerja yang diseleksi adalah pekerja yang berdedikasi tinggi dan memiliki kapabilitas sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Anda bisa bayangkan berapa juta lulusan universitas setiap tahun. Dan ketika mereka ingin melamar sebuah pekerjaan, mereka harus bertemu dengan HeadHunter. Wajar kan jika profesi kerja yang satu ini sangat ngetren sekarang?

Staf Ahli

Pernah dengar ada staf ahli yang direkrut oleh anggota DPR, kementerian, gubernur, dan lain sebagainya? Ternyata, staf ahli tersebut bisa berasal dari lulusan psikologi, terutama ketika dibutuhkan seseorang yang bisa menganalisis psikologi masyarakat terkait dengan kebijakan yang akan diambil pemerintah.

Itulah 5 dari sekian banyak prospek kerja psikologi yang sekarang ini sangat menggiurkan. Tertarik untuk masuk kuliah jurusan psikologi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *