Perbedaan Format Data XML dan JSON
Materi Kuliah, Programming

Perbedaan Format Data XML dan JSON

dediblog.id – Saat kalian menggunakan komputer, atau suatu aplikasi, pasti yang tampak hanyalah tampilan menarik disertai informasi – informasi yang ada, tapi apakah kalian pernah berpikir, bagaimana bisa semua itu terjadi? Data dan informasi tersebut berasal dari mana?

Di balik informasi dan data yang disajikan, ternyata terdapat berbagai program lain di belakangnya, selayaknya kalian yang membutuhkan google translate untuk mengartikan bahasa Indonesia ke bahasa asing, komputer dan aplikasi pun sama, ia membutuhkan alat untuk menjembatani agar program yang sudah dimasukkan dapat ditampilkan oleh komputer tersebut. Alat ini yaitu format data, format data pada komputer sangatlah beragam namun di artikel kali ini kami akan membahas mengenai dua format data yang sedang populer di kalangan para developer yaitu JSON dan XML, sebelum membahas perbedaan kedua format data tersebut, baiknya kita ulas sebentar, pengertiannya masing – masing.

Apa itu format data XML?

Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan HTML, pastinya sudah tak asing lagi dengan format yang satu ini. XML atau eXtensible Markup Language, merupakan format data atau sintaks yang sangat mirip dengan HTML, namun tentunya memiliki fungsi yang berbeda, jika HTML untuk menampilkan data maka XML berfungsi untuk menyimpan dan mengirimkan data. Format data XML memungkinkan para developer membuat tag sendiri, tag tersebut berfungsi untuk membungkus konten XML. Walaupun format ini sudah cukup populer, tapi ternyata masih terdapat kekurangannya, seperti terlalu banyak karakter yang dibutuhkan untuk menuliskan format tersebut, untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat menggunakan format data lain, misalnya JSON, lalu apa pengertian dari JSON sendiri?

Pengertian format data JSON

JSON atau JavaScript Object Notation adalah format yang digunakan para pengembang program untuk melakukan pertukaran dan penyimpanan data. Seperti namanya format ini merupakan turunan dari bahasa pemrograman JavaScript. Format data JSON dapat digunakan di banyak bahasa pemrograman seperti C++, Java, Pyhton, dan masih banyak lagi. Selain dapat digunakan di banyak bahasa pemrograman JSON juga telah dirancang agar mudah untuk dipelajari oleh manusia baik itu untuk menulis atau membaca format tersebut. Karena strukturnya yang ringan dan tidak membutuhkan banyak karakter, hal ini membuat format data JSON mudah diuraikan atau diproses oleh sistem komputer.  Karena ringan pula, format ini dapat menjadi solusi dari format XML.

Kedua format tersebut sampai saat ini memang masih bersaing, namun pastinya setiap format memiliki kelebihan dan kekurangannya, lantas apa sih perbedaan dari kedua format tersebut?

Perbedaan format data XML dan JSON

XMLJSON
Tidak mendukung pembuatan ArrayMendukung pembuatan Array
Penulisan sintaks yang cukup kompleksSintaks yang digunakan sederhana
Tidak mendukung pembuatan object, karena tag dibuat manual oleh pengembangMendukung pembuatan object
Format untuk bahasa markupFormat untuk pertukaran data
Perlu XML DOM jika akan memetakan teks/dataDapat berkolaborasi langsung dengan AJAX (Asynchronous JavaScript)

Dari perbedaan/perbandingan tersebut dapat dilihat bahwa format data JSON masih lebih unggul daripada XML untuk pertukaran data. Pada sintaks JSON tidak memerlukan banyak karakter dengan demikian dapat dikatakan lebih ringan dan karena itu maka akses data dapat lebih cepat, sedangkan pada XML memiliki akses ke bagian struktur data XML yang lain, dimana pada JSON tidak terdapat hal tersebut.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa setiap format data memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing, oleh karena itu kalian dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Dapat ditarik kesimpulan juga bahwa JSON merupakan format pertukaran data yang baik, sedangkan untuk XML lebih ke format pertukaran dokumen.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan format data XML dan JSON, semoga bermanfaat untuk sesama. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *