Flashing Mikrotik menggunakan NetInstall
Materi Kuliah

Flashing Mikrotik menggunakan NetInstall

Dediblog.id – Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara Flashing Mikrotik menggunakan NetInstall. Saya membuat artikel ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca ataupun menjadi referensi tugas pembaca

Flashing Mikrotik menggunakan NetInstall

NetInstall itu aplikasi yang biasanya digunakan untuk menginstal paket system pada mikrotik secara Pure/bersih dengan melakukan Hard Reset, umumnya untuk Instal Ulang. lalu ketika Drive pada Router Mikrotik sudah dikuras abis oleh netinstall, maka Router itu pure sudah siap untuk diInstal paket system RouterOS secara bersih dan hasilnya pun seperti baru.

Alat dan Bahan

  • 1 buah RB, misalnya RB951G…
  • Kabel UTP.
  • Lidi (High Recommended) Note : kadang2 pakai pulpen bisa merusak tombol Hard Reset, namun kembali kepada si orang yang pake pulpen asalkan tidak terlalu kencang menekannya.
  • Aplikasi NetInstall , download
  • Paket System sesuai Arsitektur si RB (RB951G menggunakan arsitektur mipsbe) , download

Persiapan
1. matikan Windows Firewall, bila anda menggunakan Antivirus maka perlu dimatikan juga yang konon si Antivirus itu memiliki Firewall.

2. matikan seluruh network adapter, kecuali network adapter ethernet.

3. nah, kita cari dimana file system .npk nya disimpan, misalnya tersimpan pada direktori D:\dirham.

Eksekusi
1. buka aplikasi NetInstall, jangan lupa untuk dijalankan sebagai Administator.

2. klik Net Booting untuk mengatur IP Address interface si Router.

3. aktifkan dahulu dengan menceklis Boot Server enabled lalu dilanjutkan dengan mengisi IP Address si Router. dan klik OK.

4. sorry keluar dulu sebentar dari NetInstall, kalian atur IP Address untuk Interface PC/Laptop anda untuk menjadi 1 Network dengan router.

5. lalu silahkan untuk melakukan Hard Reset dahulu untuk si Router. (mohon maaf caranya tidak didokumentasikan dengan Foto) caranya adalah yang pertama pastikan si RB dalam keadaan mati atau tidak tercolok dengan power serta kabel UTP antara Router dan Laptop/PC dalam keadaan masih terhubung > siapkan 1 lidi, lalu colokkan lidi ke Tombol Reset pada RB dengan pelan-pelan sampai berasa suara *klek lalu ditahan jangan sampai lepas atau tidak kepencet > sambil menekan tombol reset, silahkan colok power ke RB nya dan tahan terus sampai bunyi.
6. dibawah ini ketika Router sedang dalam keadaan belum di Hard Reset.

7. nah, pada gambar dibawah ini sudah muncul mac-address si Router, mac-address muncul setelah berhasil di Hard Reset. bisa terbaca pada NetInstall berkat si Kabel UTP.

8. saatnya kita cari Direktori/Folder dimana file system .npk disimpan untuk eksekusi Instalasi. silahkan klik Browse.

9. pilih Foldernya, lalu klik OK.

10. nah sudah dipilih foldernya, jangan lupa klik dulu Drive nya yang RB951G… jangan sampe salah pilih Drive ntar repot > silahkan beri ceklis file system .npk nya. > langsung deh klik Install.

11. tunggu proses instalasinya ya, ga lama kok.

12. dan berikut ini adalah ketika sudah selesai menginstall. tunggu sebentar untuk siap di Reboot.

13. RB sudah siap dan statusnya sudah OK.

Verifikasi
1. silahkan akses RB nya, pastikan versinya sudah sama sesuai dengan yang diinstall.

2. RB siap dipakai dalam keadaan pure, alias Instal bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *