Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika
Materi Kuliah

Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Semakin majunya perkembangan teknologi, maka semakin tinggi pula tingkat permintaan terkait teknologi itu sendiri. Oleh karena itu bagi kalian yang memiliki minat dalam bidang Informasi dan Teknologi, dan kalian ingin mempelajari tentang pengembangan aplikasi atau pengimplementasian teknologi, kalian dapat masuk ke jurusan Informatika. Yap, beberapa tahun ini jurusan Teknik Informatika memang sedang ramai – ramainya digandrungi oleh para lulusan SMA maupun SMK. Bagaimana tidak? Prospek kerja yang begitu bagus dan lapangan kerja yang sangat luas, membuat para calon mahasiswa memilih jurusan ini. Nah kira – kira apa saja sih yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika ini?

Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Ulasan Jurusan Teknik Informatika

Bagi kalian yang masih awam dengan jurusan ini, Informatika merupakan seperangkat ilmu yang mempelajari pengembangan aplikasi, dari mulai perencanaan, perancangan, pengembangan bahkan sampai pengujian. Jadi selama 8 semester tersebut kalian akan dibekali teori sekaligus praktek agar masing – masing dari kalian memiliki keterampilan untuk terjun langsung di dunia kerja. Nah untuk praktek itu sendiri anak Informatika biasa menyebutnya ngoding, nah ngoding itu sendiri yaitu mengubah kode – kode program dari banyak bahasa pemrograman agar menjadi aplikasi yang siap digunakan. Jika kalian akan menjadi anak Informatika, kalian harus memiliki skill analisa yang bagus, problem solving dan tak ketinggalan yaitu logika yang jalan. Maka dari itu matkul di Jurusan Informatika ini sebagian besar adalah matematika, fisika atau materi yang berhubungan dengan logika dan penalaran. Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini, materi Informatika yang nantinya akan kalian jumpai di bangku kuliah.

Materi kuliah dibagi menjadi 2 yaitu matkul wajib dan matkul spesifik. Matkul wajib ini berarti semua mahasiswa di tahun pertamanya wajib mengikuti matkul ini, sedangkan untuk yang spesifik biasanya diberikan mulai semester 3, yang nantinya setiap mahasiswa bebas memilih matkul yang ingin diambil.

Materi Kuliah Wajib

Bahasa Indonesia

Mungkin dari kalian bertanya – tanya, mengapa masih ada materi bahasa Indonesia, di jenjang perkuliahan? Karena bahasa Indonesia ini wajib di pelajari di semua jenjang pendidikan, dari mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pada matkul ini kalian akan belajar tak jauh dari penerapan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang nantinya akan terpakai saat penyusunan laporan bahkan tugas akhir/skripsi.

Pendidikan Kewarganegaraan

Di matkul Kewarganegaraan ini kalian akan diberi ilmu bagaimana menjalani kehidupan bernegara yang benar, yang tentunya sesuai dengan dasar negara dan UUD 1945. Terlebih setelah lulus, kalian akan terjun ke dunia kerja dan terjun langsung ke kehidupan masyarakat yang sesungguhnya.

Bahasa Inggris

Dalam matkul bahasa Inggris ini kalian akan berfokus pada penggunaan dan penerapan bahasa Inggris secara umum, hal ini juga untuk membiasakan kalian menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan, karena di jurusan Informatika ini kalian akan menemui banyak isitilah dunia IT dalam bahasa Inggris, bahkan bahasa pemrograman pun full bahasa Inggris.

Pendidikan Agama

Pendidikan agama ini tidak jauh berbeda saat kalian berada di jenjang pendidikan sebelumnya, namun tentunya ilmu yang akan kalian dapatkan, sesuai dengan umur para mahasiswa, matkul ini juga disesuaikan berdasarkan agama dan kepercayaan tiap mahasiswa.

Matematika

Matematika merupakan hal wajib yang dipelajari oleh anak Informatika. Kalian yang berkuliah di jurusan ini, pasti akan menemui matkul matematika di beberapa semester. Dengan adanya matkul ini akan membuat kalian terasah logika dan penalarannya, sekaligus pemecahan masalah yang ada.

Kimia Dasar

Di matkul kimia ini kalian akan belajar mengenai dasar – dasar ilmu kimia, karena pada jurusan teknik seperti informatika ini masih ada kaitannya dengan kimia.

Fisika Dasar

Tidak berbeda dengan kimia, fisika pun sama mempelajari dasar – dasarnya, bahkan biasanya matku ini akan ada sampai beberapa semester.

Matkul Spesifik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain matkul wajib juga terdapat matkul spesifik, matkul ini cenderung mempelajari mengenai jurusan kalian, beda seperti matkul wajib yang mempelajari ilmu umum.

Dasar Pemrograman

Di mata kuliah ini kalian akan mempelajari pemrograman dari paling dasar, dari mulai perkembangan bahasa pemrograman, teori bahasa pemrograman, dan macam – macam bahasa yang digunakan untuk membuat software. Di materi ini juga kita akan diajari cara membuat program dari yang paling sederhana.

Algoritma dan Struktur Data

Pada matkul ini kalian akan belajar dasar – dasar algoritma dan cara pemecahan masalah, selain itu juga kalian akan dibekali ilmu tentang struktur data yang nantinya akan digunakan kalian praktek membuat program.

Matematika Diskrit

Matematika Diskrit atau biasa disebut Matematika Informatika ini merupakan salah satu cabang dari matematika dasar, mengapa kta harus mempelajari matkul ini, karena pada eksekusi algoritma komputer menggunakan konsep matematika diskrit. Di matkul ini pula kita diajarkan untuk berpikir secara matematis agar saat membuat program dan menemukan error dapat mengatasinya.

Basis Data

Basis data atau biasa disebut database adalah tempat dimana data – data kita disimpan, pada matkul ini kalian akan belajar dasar basis data dari mulai teori sampai pengimplementasian database pada sebuah aplikasi.

Logika Informatika

Dalam belajar pemrograman tentunya dibutuhkan logika yang sangat kuat, oleh karena itu pada jurusan Informatika terdapat matkul khusus untuk belajar logika.

Kalkulus

Kalkulus dapat dikatakan ilmu yang mempelajari matematika tingkat tinggi. Dalam kalkulus kalian akan belajar analisis matematika, namun bukan langsung menganalisa, tentunya lewat deretan fungsi dan limit, yang mau tidak mau kalian harus menganalisanya jika ingin menyelesaikan tugas tersebut. Kalkulus ini bukan semata – mata mengerjakan deretan fungsi yang memusingkan, namun ilmu ini dapat berguna jika suatu saat nanti kalian menemukan masalah di dunia kerja dan perlu menganalisa untuk memecahkannya.

Pemrograman Orientasi Obyek

Object Oriented Programming atau OOP merupakan pengembangan sebuah program yang berorientasi pada objek, pada OOP nanti kalian akan menemukan class, atribut dan method.

Probabilitas dan Statistika

Pada probabilitas dan statistika ini kalian akan mempelajari dasar perhitungan statistik yang nantinya akan berguna bagi para mahasiswa saat akan mengembangakan sebuah perangkat lunak.

Matkul di atas kiranya hanya sebagian kecil dari mata kuliah yang ada di jurusan Informatika, namun, diharapkan penjelasan di atas dapat memberikan gambaran pada kalian para mahasiswa baru yang akan masuk jurusan ini. Kunci belajar pemrograman adalah banyak praktek dan sering membuat program, karena code itu bukan dihafal, namun dipahami.

Demikian informasi mengenai mata kuliah jurusan Informatika, semoga membantu dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *