Jenis-Jenis Konektor dan Karakteristiknya
Materi Kuliah

Jenis-jenis Konektor dan Karakteristiknya

Dengan begitu banyak jenis kabel dan konektor, sulit untuk menemukan sumber informasi tunggal yang menyoroti perbedaan penting di antara semuanya. Berikut ini ikhtisar jenis kabel komputer paling umum yang akan Anda temui saat berurusan dengan komputer.

Jenis-Jenis Konektor dan Karakteristiknya

Jenis Konektor dan Karakteristiknya:

USB (Universal Serial Bus)

Universal Serial Bus, atau USB, adalah standar komputer yang dirancang untuk menghilangkan spekulasi dalam menghubungkan periferal ke PC. Ini diharapkan untuk menggantikan port serial dan paralel. Satu port USB dapat digunakan untuk menghubungkan hingga 127 perangkat periferal, seperti mouse, modem, keyboard, kamera digital, printer, pemindai, pemutar MP3, dan banyak lagi. USB juga mendukung instalasi Plug-and-Play dan penyumbatan panas.

Standar USB 1.1 mendukung kecepatan transfer data 12 Mbps.

Spesifikasi USB 2.0 (Juga disebut sebagai Hi-Speed ​​USB) menentukan kecepatan transfer kecepatan tinggi baru 480 Mb / detik.

USB 2.0 sepenuhnya kompatibel dengan USB 1.1 dan menggunakan kabel dan konektor yang sama. USB memiliki dua tipe konektor. Yang pertama adalah Tipe A (di sebelah kanan), Konektor ini terhubung ke port USB PC. Konektor Tipe B (di sebelah kiri) dan untuk menghubungkan ke periferal yang relevan. Sementara konektor tipe A benar-benar standar, konektor Tipe B dapat diubah ukurannya, dll. Dengan periferal individual yang berarti mereka memerlukan kabel unik sendiri.

RJ-11 (Jack Terdaftar)

Konektor kabel telepon standar, RJ-11 memiliki 4 kabel (dan RJ-12 memiliki 6 kabel). RJ-11 adalah singkatan dari Registered Jack-11, konektor empat atau enam kabel yang terutama digunakan untuk menghubungkan peralatan telepon.

RJ-45 (Jack Terdaftar)

Singkatan dari Registered Jack-45 adalah RJ-45. Konektor RJ-45 adalah konektor delapan kabel yang biasa digunakan untuk menyambungkan komputer ke jaringan area lokal (LAN), khususnya LAN Ethernet. Meskipun sedikit lebih besar dari konektor RJ-11 yang lebih umum digunakan, RJ-45 dapat digunakan untuk menyambungkan beberapa jenis peralatan telepon.

RJ45 adalah konektor telekomunikasi standar 8P8C yang biasa ditemukan di jaringan komputer seperti Ethernet. RJ45 menentukan steker dan soket. Koneksi biasanya dibentuk menggunakan kabel twisted pair, terutama Kategori 5 (CAT5).

Tipe-F

Konektor F adalah jenis konektor RF yang biasa digunakan untuk kabel dan secara universal untuk televisi satelit. Mereka juga digunakan untuk koneksi TV kabel pada modem kabel DOCSIS, biasanya dengan kabel tri-shield RG-6. Konektor F tidak mahal, namun memiliki kinerja yang baik hingga 1 GHz. Salah satu alasan biayanya yang rendah adalah karena ia menggunakan kabel tengah kabel koaksial sebagai pin konektor jantan. Badan konektor jantan biasanya dikerutkan ke jalinan luar yang terbuka. Konektor wanita memiliki utas 3 / 8-32. Kebanyakan konektor laki-laki memiliki cincin penghubung berulir yang cocok, meskipun versi push-on juga tersedia.

ST (Straight Tip) dan SC (Konektor Pelanggan atau Konektor Standar)

Segmen jaringan serat selalu membutuhkan dua kabel serat: satu untuk mengirim data, dan satu lagi untuk menerima. Setiap ujung kabel fiber dilengkapi dengan steker yang dapat dimasukkan ke adaptor jaringan, hub, atau sakelar. Di Amerika Utara, sebagian besar kabel menggunakan konektor SC persegi (Subscriber Connector atau Standard Connector) yang dapat digeser dan terkunci pada tempatnya saat dimasukkan ke dalam node atau dihubungkan ke kabel fiber lain, orang Eropa menggunakan konektor bulat ST (Straight Tip).

Fiber LC (Konektor Lokal)

Konektor ini digunakan untuk kabel serat optik mode tunggal dan multimode. Konektor FC menawarkan pemosisian kabel serat optik yang sangat presisi sehubungan dengan pemancar sumber optik pemancar dan detektor optik penerima. Konektor FC dilengkapi takik yang dapat ditempatkan pada posisi dan wadah berulir.

MT-RJ (Jack Terdaftar Transfer Mekanis)

Konektor MT-RJ digunakan dengan kabel serat optik mode tunggal dan multimode. Konektor MT-RJ dibuat dengan wadah plastik dan menyediakan penyelarasan yang akurat melalui pin pemandu logam dan ferrule plastiknya.

Digunakan untuk ethernet Gigabit. Untuk menghubungkan ke modul dengan antarmuka MT-RJ, gunakan kabel serat optik multimode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *