Istilah-Istilah Dalam Jurusan TKJ
Materi Kuliah

Istilah-Istilah Dalam Jurusan TKJ

Istilah-Istilah Dalam Jurusan TKJ . Di Indonesia, untuk sekolah jenjang menengah atas ada berbagai model dari SMA, MA dan juga SMK. Mereka pun memiliki jurusannya masing-masing. Di SMA ada jurusan IPA, IPS,  Bahasa dan lainnya. Sedangkan, di SMK ada jurusan TKR, TKJ, dan lain lain. Kali ini kita akan membahas mengenai istilah yang berhubungan dengan salah satu jurusan SMK yaitu TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).

Istilah-Istilah Dalam Jurusan TKJ

Istilah-istilah dalam TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan):

DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol jaringan yang memastikan bahwa perangkat di jaringan yang sama dapat berkomunikasi satu sama lain. Saat Anda mengaktifkan DHCP, secara otomatis memberikan alamat IP. Untuk perangkat, seperti NAS misalnya, yang terbaik adalah menonaktifkan DHCP untuk memilih alamat IP Anda sendiri. Dengan begitu Anda selalu mengetahui alamat IP perangkat itu. Apakah Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang jaringan rumah? Maka yang terbaik adalah mengaktifkan DHCP.

Firewall

Firewall adalah keamanan internal di komputer atau perangkat jaringan lain yang menolak akses peretas dan pengguna jahat lainnya ke perangkat Anda. Windows, misalnya, memiliki firewall sebagai standar, tetapi tidak selalu menjamin lalu lintas internet yang aman. Program virus, malware, atau spyware selalu diperlukan, tetapi firewall adalah garis pertahanan pertama melawan peretas.

Ftp

Server ftp (File Transfer Protocol) digunakan untuk berbagi file secara aman dan pribadi dengan orang lain. Anda dapat masuk ke ftp dengan login dan kata sandi melalui alamat IP tertentu. Saat ini Anda memiliki layanan cloud seperti Dropbox atau WeTransfer untuk itu, tetapi perusahaan masih sangat bergantung pada server ftp karena alasan privasi.

Gigabit

Sekitar sepuluh tahun yang lalu, setiap jaringan rumah bekerja pada jaringan 10/100 Mbit (megabit). Ini berarti kecepatan maksimum di jaringan Anda adalah 12,5 MB / dtk. Saat ini ada perangkat gigabit (router, switch) yang dapat mencapai kecepatan maksimum 125 MB / s, sepuluh kali lipatnya! Sangat menarik jika, misalnya, Anda ingin menyalin file besar dari desktop ke laptop melalui jaringan. Penting: Setiap perangkat di jaringan rumah Anda harus kompatibel dengan gigabit. Jika ada yang 10/100 Mbit, itu akan mengurangi kecepatan total jaringan rumah Anda.

Hotspot

Hotspot adalah titik akses WiFi pusat yang dapat disambungkan siapa saja tanpa kata sandi. Mereka biasanya hadir di lokasi umum, di mana Anda dapat menjelajahi internet secara gratis atau dengan biaya tambahan. Saat ini Anda juga dapat menggunakan ponsel cerdas Anda untuk membuat hotspot seluler sehingga Anda atau orang lain dapat masuk. Pastikan Anda memiliki kata sandi pribadi di sini, karena jika tidak, semua orang di area tersebut dapat berselancar menggunakan paket data seluler Anda.

alamat IP

Di rumah Anda memiliki dua jenis utama alamat IP atau alamat internet: satu dari penyedia Anda dan banyak alamat Anda sendiri dari jaringan rumah Anda. Anda mendapatkan alamat IP dinamis dari penyedia Anda yang berubah secara teratur. Alamat IP jaringan sendiri ditentukan oleh router Anda. Alamat IP tipikal terdiri dari empat angka, dipisahkan oleh titik. Misalnya: 192.168.1.121.

Mbps / MB / dtk

Saat Anda membeli router, ada kemungkinan Anda akan melihat 300 Mbps (Megabit per detik) di kotak, misalnya. Ini menunjukkan kecepatan WiFi maksimum teoretis. Sayangnya, Anda biasanya menghitung dalam MB (megabyte), bukan Mb. Untuk beralih dari Mbps ke MB / s, Anda harus membagi angka dengan delapan. Jadi 300 Mbps sebenarnya adalah singkatan dari 37,5 MB / s.

Modem

Anda tidak memiliki internet di rumah tanpa modem. Setiap penyedia menyediakan satu penginstalan, terkadang dikombinasikan dengan router WiFi internal. Penyedia Anda harus selalu menyediakan modem kabel, yang tidak dapat Anda beli secara terpisah. Anda dapat membeli modem ADSL di toko, dikombinasikan dengan router WiFi.

QoS

QoS (Quality of Service) adalah fungsi tambahan yang akan Anda temukan di router WiFi yang lebih mahal. Dengan ini, Anda dapat menunjukkan di jaringan rumah perangkat mana yang memiliki prioritas dan karenanya memberikan kecepatan ekstra pada perangkat tersebut. Misalnya, Anda dapat memprioritaskan pemutar media karena Anda mengalirkan film HD yang berat ke televisi, atau di komputer karena Anda bermain game online. Anda dapat menerapkan QoS di router per perangkat.

SSID

SSID (Service Set Identifier) ​​adalah nama jaringan router nirkabel Anda. Nama ini akan muncul di ponsel cerdas, tablet, atau laptop Anda saat Anda mencari jaringan nirkabel. SSID router selalu dimasukkan oleh pabrikan secara default, tetapi Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan. Anda bahkan dapat membuat SSID tersebut tidak terlihat, sehingga tidak ada yang dapat masuk ke jaringan nirkabel Anda kecuali mereka hafal SSID. Sesuatu yang biasa digunakan di perusahaan besar.

UTP

UTP atau (Unshielded Twisted Pair) adalah kata yang bagus untuk kabel jaringan atau kabel ethernet klasik. Kabel UTP memiliki kualitas yang berbeda, CAT5E atau CAT6, tetapi untuk jaringan rumah CAT5E sudah lebih dari cukup. Jika Anda telah menyediakan koneksi internet di rumah, kemungkinan besar itu adalah kabel CAT5E. Steker jaringan memiliki delapan titik kontak. Apakah dia hanya punya enam atau empat? Kemudian Anda harus berurusan dengan steker telekomunikasi daripada kabel ethernet.

WPA

WPA (WiFi Protected Access), dan terutama WPA2, adalah kata sandi terbaik untuk mengamankan jaringan rumah Anda. Dalam pengaturan router Anda, Anda dapat mengatur kata sandi, seperti jenis keamanan. Di sini Anda akan menemukan WPA (2). Kata sandi WPA2 terdiri dari setidaknya kombinasi delapan huruf dan angka, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipecahkan. Kebanyakan router saat ini sudah dikonfigurasi dengan kata sandi WPA2 yang kuat di luar kotak. Hindari kata sandi WEP, karena dapat dipecahkan dalam lima menit menggunakan program sederhana.

WPS-Knop

Saat ini hampir setiap router memiliki tombol WPS. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur koneksi nirkabel dengan laptop, tablet, atau smartphone dengan satu sentuhan tombol, tanpa SSID atau kata sandi. Anda mengaktifkan WPS di perangkat Anda, berjalan ke router, tekan tombol WPS di sana, dan perangkat Anda segera terhubung. Sangat berguna ketika jaringan rumah Anda memiliki kata sandi yang panjang dan rumit. Selain itu, Anda tidak perlu mengungkapkan kata sandi Anda kepada siapa pun ketika mereka ingin berada di jaringan Anda. Perangkat yang lebih lama belum dapat dihubungkan dengan WPS, tetapi saat ini sebagian besar laptop, tablet, dan smartphone mendukung WPS.

Dual band/ Tri-band

Dual band menunjukkan dua frekuensi dalam satu router: 2,4 GHz dan 5 GHz. Karena semakin populernya router klasik pada 2,4 GHz, frekuensi tersebut secara bertahap menjadi tercemar. Semakin banyak router yang berjalan pada 2,4 GHz di sekitarnya, semakin buruk kecepatan dan jangkauannya. 5 GHz membuat pekerjaan singkat itu. Dual band awalnya dibuat untuk mengalirkan film HD dengan benar melalui WiFi. Tidak semua perangkat mendukung 5 GHz, tetapi daftarnya bertambah setiap hari. Satu kelemahan: karena frekuensi yang lebih tinggi, ada kemungkinan besar jangkauannya akan lebih kecil dari pada 2,4 GHz. Merek baru tahun ini: Tri-band. Di sini Anda dapat menikmati saluran 5 GHz tambahan jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari koneksi WiFi Anda. Juga membutuhkan receiver khusus Tri-band, yang masih sangat mahal untuk saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *