Cara Menulis Artikel Seo Friendly Sendiri
Blogging

Inilah Cara Menulis Artikel Seo Friendly Sendiri

Cara Menulis Artikel Seo Friendly. Artikel merupakan bagian penting dari sebuah blog ataupun website di mana artikel lah yang mampu meningkatkan pengunjung blog. Artikel yang sesuai kaidah SEO tentunya memiliki banyak kelebihan daripada artikel biasa atau yang tidak menggunakan kaidah SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara atau strategi yang paling sering digunakan para blogger dan pemilik web yang bertujuan mengoptimasi artikel mereka agar tembus halaman pertama mesin pencarian. Para blogger dan pemilik website menggunakan strategi ini agar laman web mereka berada di halaman pertama di mesin pencarian dengan keyword tertentu.

Berikut Ini Cara Menulis Artikel Seo Friendly Sendiri

SEO sendiri tidak harus digunakan tapi mayoritas mereka yang menjadi seorang pegiat SEO, digital marketing, hingga publisher adsense menggunakannya. Namun, bagi anda yang menulis blog hanya sebagai hobi dan tidak mencari keuntungan dari AdSense, anda tidak perlu menggunakan kaidah SEO. Jika ingin menerapkan kaidah SEO, itu menjadi nilai tambahan dari laman web anda. Perlu diingat bahwa artikel SEO friendly mempunyai peluang yang lebih besar untuk dibaca dan tentunya akan berpeluang besar mendatangkan keuntungan bagi anda.

Saat ini, artikel SEO friendly sangatlah diminati baik para blogger, pegiat SEO, hingga penyedia layanan hosting. Hal tersebut memang wajar terjadi karena peluang meningkatkan trafik lama web mereka cukup besar. Semakin besar trafik dari suatu laman web, tentunya akan mendatangkan keuntungan-keuntungan yang cukup besar juga. Maka dari itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menulis artikel seo friendly agar laman web mereka masuk halaman pertama. Artikel yang mampu tembus 10 besar di halaman pertama mesin pencarian akan memiliki trafik serta keuntungan dari AdSense yang besar.

Berikut Tips Dan Trik Menulis Artikel Seo Friendly Yang Patut Anda Kuasai

Berpikir Sebelum Menulis

Sebelum mulai menulis, anda harus memikirkan terlebih dahulu apa yang akan anda tulis. Lalu, anda juga harus memikirkan siapa saja yang menjadi target pembaca dari artikel yang akan anda buat tersebut. Buatlah kerangka tulisan atau outline terlebih dahulu yang berisi susunan paragraf, serta apa saja yang akan anda tulis agar anda lebih mudah menyusunnya menjadi artikel. Pastikan artikel yang anda tulis sudah sesuai dengan target pembaca mulai dari topik, gaya Bahasa, serta isi dari artikel tersebut.

Tentukan Keyword Yang Tepat

Selanjutnya, anda harus menentukan keyword yang tepat dan sesuai dengan topik yang sudah anda rencanakan. Memilih keyword sangatlah krusial saat belajar menulis artikel seo friendly. Karena jika anda salah dalam memilih keyword, artikel yang anda bisa-bisa tidak akan ada yang membaca. Banyak para blogger pemula yang salah dalam menentukan keyword dimana mereka cenderung memilih keyword yang jumlah pencariannya besar. Jika tidak mau repot, anda bisa menggunakan beberapa website seperti Google Trends, KWfinder, Keyword Sheeter, dan AnswerThePublic.

Pastikan Judul Yang Dibuat Menarik

Judul juga menjadi faktor penting dalam menghasilkan artikel yang sesuai dengan kaidah SEO. Agar anda mampu menghasilkan artikel yang berkualitas, anda harus bisa berpikir kreatif agar mampu menghasilkan judul artikel yang menarik. Contohnya dalam mencari sebuah artikel yang berhubungan dengan diabetes, tentunya anda akan menemukan berbagai macam lama web yang memiliki judul artikel yang berbeda. Karena itulah, anda harus mampu membuat judul artikel semenarik mungkin agar pembaca tertarik membaca artikel anda.

Tentukan Jumlah Kata

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan dalam menguasi artikel seo friendly adalah jumlah kata dari artikel tersebut. Terdapat 2 pendapat mengenai jumlah kata yang sesuai untuk SEO. Pendapat pertama mengatakan 600-800 kata adalah jumlah kata yang sangat pas dan sesuai untuk SEO. Pendapat kedua mengatakan 2000-10.000 kata adalah jumlah kata yang akan mudah tembus ke halaman pertama dari mesin pencarian. Artikel yang memiliki jumlah kata minimal 2000 kata merupakan artikel pilar.

Artikel pilar sendiri merupakan artikel utama dari suatu web atau blog yang berisi minimal 2000 kata. Perbedaan artikel pilar dengan artikel biasa adalah pada konten atau isinya di mana lebih mendalam, terstruktur, dan tentunya lebih berkualitas. Keuntungan dari konten pilar adalah tetap bisa dibaca di masa yang akan datang dan manfaatnya tetap bisa dirasakan. Karena itulah, banyak pemilik web dan blog lebih memilih artikel pilar ketimbang artikel biasa karena lebih menguntungkan. Anda boleh memilih salah satu dari 2 pendapat di atas atau anda juga bisa memilih keduanya agar lebih menguntungkan lagi.

Tambahkan Sub Heading

Kebanyakan blogger pemula sering lupa untuk menambahkan sub heading di dalam artikelnya. Sub heading sendiri bertujuan agar para pembaca dapat lebih mudah memahami isi dari konten suatu artikel dan cenderung tidak jenuh dalam membacanya. Selain itu, sub heading juga bertujuan agar artikel yang anda tulis tersusun rapi dan terstruktur. Maka dari itu, jika anda ingin menguasi artikel seo friendly, jangan lupakan sub heading.

Menambahkan Gambar

Dalam menambahkan gambar di suatu artikel tidak boleh sembarangan karena bisa-bisa artikel yang anda buat terkena plagiarisme. Loh kok bisa seperti itu? Gambar yang anda ambil dari internet itulah yang terdeteksi sebagai plagiarisme di artikel tersebut. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa tips agar gambar anda tidak terdeteksi sebagai plagiarisme. Pertama, jika anda sudah mengunduh sebuah gambar yang diambil di internet, crop atau potong di software Paint. Anda cukup memotong atau crop sedikit saja darigambar tersebut, kemudian save.

Itulah beberapa tips dan trik menulisartikel seo friendlyyang bisa anda pelajari agar artikel yang anda buat bisa tembus di halaman pertama mesin pencarian. Pelajarilah tips-tips diatas sampai anda sudah mampu serta menguasai penulisan yang sesuai kaidah SEO. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang berminat untuk menulis artikel SEO friendly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *