Beasiswa

Beasiswa Yang Ditawarkan President University

Halo para pencari beasiswa! Pernah tidak sih kuliah di luar negeri masuk dalam list dream kalian? Tentunya setiap orang pernah bermimpi untuk kuliah di luar negeri bukan? Walaupun biasanya hanya angan belaka. Mengapa hanya jadi angan? Kenapa tidak berusaha untuk mewujudkan? Pertanyaan – pertanyaan itulah yang biasanya muncul di benak kalian atau orang sekitar. Untuk berkuliah di luar negeri tentunya harus memikirkan banyak faktor, terutama adalah ekonomi. Kenyataannya memang kuliah di negara orang memerlukan biaya yang tidak sedikit, hal itulah yang biasanya menghambat mimpi kita. Namun beda cerita lagi jika kalian mendapatkan beasiswa.

Beasiswa Yang Ditawarkan President University

Bagi kalian yang tetap kekeuh ingin berkuliah di luar, kalian bisa loh, mendapatkannya di Indonesia. President Univeristy. Mungkin ada diantara kalian yang baru pertama kali mendengar universitas ini. Oleh karena itu mari kita berkenalan sebentar.

Mengenal President University

President University atau biasa disebut Pres-U merupakan universitas swasta bertaraf Internasional yang berada di kawasan industri JABABEKA, tepatnya di Cikarang, Bekasi. Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 2001 silam dan sampai saat ini sudah memiliki 4 Fakultas diantaranya Humaniora, Bisnis, Ilmu komputer dan Teknik yang di dalamnya terdiri dari 16 Program Studi. Bagi kalian para maba Pres-U nantinya akan diharuskan untuk tinggal di asrama yang disediakan selama 1 tahun, baru di tahun – tahun selanjutnya kalian bebas memilih. Salah satu hal menarik dari Pres-U adalah, universitas tersebut memiliki program petukaran pelajar ke luar negeri, menarik bukan? Berikut  manfaat yang dapat kalian dapatkan jika berkuliah di sana.

Hal menarik yang kalian dapatkan di Pres-U

Karena Pres-U merupakan universitas bertaraf Internasional, tentunya mahasiswa di sana bukan hanya berasal dari Indonesia saja, namun dari manca negara juga. Hal inilah yang membuat perkuliahan di Pres-U menggunakan full bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliahnya. Namun, bagi kalian yang belum jago bahasa Inggris, tidak perlu takut, karena aka nada matrikulasi atau bimbingan bagi para maba Pres-U. Hal menarik yang lain tentunya circle pertemanan kalian bukan hanya teman dari Indonesia, tetapi dari luar negeri juga. Circle itu akan mengajarkan kalian tentang perbedaan.

Baca Juga

Beasiswa Pendidikan OSC Telkom University

Universitas swasta memang sudah biasa dipandang sebagai universitas yang cukup mahal, namun pastinya sebanding dengan fasilitas yang mereka berikan. Universitas swasta juga tidak kalah persaingannya dengan PTN di luar sana, selain Pres-U juga terdapat Univ swasta yang tak kalah bagusnya seperti BINUS, Tel-U, UPH dsb. Biaya yang mahal jangan jadikan hambatan untuk kalian yang ingin berkuliah di sana, karena sekarang sudah banyak terobosan yang bisa kalian manfaatkan, salah satunya adalah beasiswa. Pres-U juga memberikan beasiswa yang tak kalah luar biasanya, lalu beasiswa jalur apa saja yang ditawarkan untuk program studi S1, simak ulasannya.

jalur beasiswa yang ditawarkan presiden university

1.Jalur Tes Tertulis

Untuk beasiswa yang pertama yaitu jalur tertulis, nantinya setelah kalian mendaftar kalian harus cek jadwal tesnya di laman website kampus, tes itu sendiri dilakukan setiap 2 minggu sekali di kampus Pres-U. Berikut syarat dan ketentuannya :

  • Lulusan SMA/SMK maksimal 2 tahun sebelum perkuliahan
  • WNI, sehat dan bebas narkoba
  • Mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematik pada semester 1-4 minimal 80.

Untuk materi tertulisnya yaitu tes tertulis bahasa inggris, tes pengetahuan umum dan matematika dasar.  Proses pendaftarannya pun sangat mudah, kalian cukup mengisi form registrasi, dan melengkapi data diri, selanjutnya tinggal melakukan tes tertulis. Hasilnya dapat kalian cek di website kampus, atau akan ada email masuk berupa LoA setelah 2 sampai 3 hari pelaksanaan tes.

2.Jalur Rapor

Jika kalian memiliki nilai rapor yang cukup bagus selama 4 semester kalian dapat mendaftar lewat jalur ini, tanpa adanya tes apapun. Persyaratannya diantaranya :

  • Lulusan SMA/SMK maksimal 2 tahun sebelum perkuliahan
  • WNI, sehat dan bebas narkoba
  • Mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematik pada semester 1-4 minimal 80.

Untuk alur pendaftarannya sama seperti jalur tertulis namun bedanya setelah mengisi form kalian diharuskan mengirim soft file rapor dari semester 1-4 ke email Pres-U.

3.Jalur Prestasi

Beasiswa jalur prestasi diberikan kepada siswa SMA/SMK yang memiliki prestasi non – akademik di bidang olahraga, seni dan sosial budaya. Persyaratannya yaitu :

  • Lulusan SMA/SMK maksimal 2 tahun sebelum perkuliahan
  • WNI, sehat dan bebas narkoba
  • Mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematik pada semester 1-4 minimal 75.
  • Pengharagaan di bidang olahraga, seni dan sosial budaya.
  • Melunasi biaya registrasi sebesar Rp 100.000.

Untuk alur pendaftarannya sama seperti jalur lainnya namun bedanya setelah mengisi form kalian diharuskan mengirim soft file rapor dari semester 1-4 ke email Pres-U beserta penghargaan yang kalian miliki.

4.Jalur Tes Online

Nah, untuk jalur yang satu ini bagi kalian yang tidak dapat datang ke kampus melaksanakan tes, jadi kalian dapat melakukannya di rumah, yang penting terdapat laptop dan koneksi internet yang stabil. Untuk persyaratan dan alur pendaftarannya sama dengan jalur rapor, hanya saja di jalur ini kalian diharuskan membayar Rp. 100.000 dan melaksanakan tes online. Materi tesnya pun sama seperti jalur tes tertulis.

5.Jalur UTBK SBMPTN

Untuk jalur ini kalian harus melakukan tes UTBK dahulu, yang biasanya dilaksanakan secara serentak oleh pemerintah. Nilai UTBK inilah yang nantinya digunakan untuk mendaftar. Persyaratannya :

  • Lulusan SMA/SMK maksimal 2 tahun sebelum perkuliahan
  • WNI, sehat dan bebas narkoba
  • Sertifikat hasil UTBK SAINTEK atau SOSHUM
  • Membayar biaya registrasi Rp.100.000.

Prosedur pendaftarannya sama seperti tes tertulis dengan mengisi form, dan mengirimkan soft file sertifikat UTBK ke email Pres-U.

6.Jalur UNBK

Jalur terakhir yaitu UNBK, jalur ini menggunakan nilai UNBK kalian semasa SMA/SMK. Persyaratan dan alur pendaftarannya sama, yaitu mengisi form, dan mencantumkan nilai yang kalian dapatkan, setelah itu kalian wajib mengirimkan soft file hasil UNBK kalian ke email Pres-U.

Beasiswa yang diberikan oleh Pres-U dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya adalah :

  1. Scholarship 1 (100%) Min IPK 3,50
  2. Scholarship 2  (75%) Min IPK 3,25
  3. Scholarship 3  (70%) Min IPK 3,00
  4. Scholarship 4  (60%) Min IPK 2,90
  5. Scholarship 5  (50%) Min IPK 2,80
  6. Scholarship 6  (40%) Min IPK 2,70
  7. Scholarship 7  (30%) Min IPK 2,60
  8. Scholarship 8  (20%) Min IPK 2,50
  9. Regular (No Scholarship) N/A

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat cek di sini https://admission.president.ac.id/

Bagaimana, mudah bukan? Di zaman sekarang ini sudah semakin mudah untuk mendaftar kuliah, asalkan kalian rajin dan berusaha sungguh – sungguh, maka akan dilancarkan semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih atas kunjungannya.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *