Membuat Daftar Tabel di Ms. Word
Materi Kuliah

Cara Membuat Daftar Tabel di Ms. Word Dengan Cepat

Membuat Daftar Tabel di Ms. Word

Saat membuat proposal, makalah, ataupun dokumen lainnya seringkali terdapat daftar isi, gambar, bahkan tabel yang fungsinya untuk memperjelas data yang terdapat dalam dokumen tersebut. Namun, yang kami lihat terkadang masih banyak dokumen yang daftar tabel ataupun daftar gambarnya masih kacau, ini biasanya dikarenakan penyusunnya tidak tahu cara membuat daftar yang benar. Harus kalian tahu bahwa penyusunan daftar tabel atau daftar gambar sangat berpengaruh kepada isi dokumen tersebut. Dimana jika isi dokumennya rapi, para pembaca pun akan sangat nyaman saat membaca.Jadi di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial Cara Membuat Daftar Tabel di Ms. Word Dengan Cepat . Di samping itu pula daftar ini dibuat untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang dicari, sehingga para pembaca tidak perlu repot – repot  mengecek per halaman, cukup melihat daftar yang ada dan langsung ketemu halamannya. Nah, bagi kalian yang ingin membuat daftar tabel secara otomatis di Microsoft Word, simak langkahnya di bawah ini.

1.Buat atau Select Tabel

Pertama kalian dapat membuat tabelnya terlebih dahulu, dengan cara klik Insert > Table, atau kalian juga dapat mengaturnya di Insert Table atau menggambar tabelnya sendiri di Draw Table. Bagi kalian yang tabelnya sudah ada bisa lanjut langkah kedua.

2.Select tabel yang sudah kalian buat

Setelah tabel sudah terblok kalian pilih References > Insert Caption. Hal ini bertujuan untuk memberi caption atau nama pada tabel yang sudah kalian buat sebelumnya. Untuk position nya kalian dapat memilih below atau above, jika below maka caption akan terletak di bawah dan apabila above maka terletak di atas tabel.

3.Caption berhasil dibuat

Seperti contoh di atas kami menggunakan caption Tabel 1.1 Bahan lalu OK. Maka caption di tabel sebelumnya berhasil dibuat.

4.Membuat daftar untuk tabel yang sudah dibuat

Setelah caption berhasil, selajutnya membuat daftar dari tabel yang sudah di blok sebelumnya. Arahkan kursor pada halaman untuk daftar tabel lalu pilih References > Insert Table of Figures. Seperti gambar di bawah ini.

Formats yang dimaksud di atas adalah nama label yang sudah dibuat di caption sebelumnya, dimana nama labelnya yaitu Table.

5.Daftar sudah berhasil terbuat

Setelah klik OK maka pada halaman kosong tadi, sekarang sudah terdapat daftar tabel seperti gambar di bawah ini.

Kira – kira seperti itulah cara cepat membuat tabel di Microsoft Word, kalian tidak perlu menulis nama tabel dan membuat daftarnya secara manual, karena di Ms.Word sudah tersedia toolsnya. Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *