Uncategorized

Makalah Tentang Makanan Sehat

Makalah Tentang Makanan Sehat . kali ini saya akan membagikan Makalah Tentang Makanan Sehat  , Semoga saja contoh makalah ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya .

Di blog ini ada juga contoh makalahcontoh proposalcontoh surat, yang bisa menjadi bahan bacaan dan referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah.

 


Makalah Tentang Makanan Sehat

Makalah Tentang Makanan Sehat
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang


Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan yang dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dan nutrisi. Makanan yang di butuhkan manusia biasanya di buat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan.
Pada umumnya bahan makanan mengandung beberapaunsur atau senyawa seperti air, karbohidrat,protein, lemak, vitamin ,enzim,pigmen,dan lain-lain. Setiap makhlik hidup membutuhkan makanan, tanpa makanan makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Makana dapat membantu manusia dalam mendaopatkan energy ,dan membantu pertumbuha badan dan otak. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda.

Protein,karbohidrat,dan lemak adalah satu contoh gizi yang akan di dapatkan dari makanan. Karbohidrat merupakan sumber tenaga sehari-hari . salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi.
Protein di gunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan baik otak maupun tubuh.lemak digunakan sebagai cadangan makanan dan cadangan energi . lemak digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat , dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh saat membutuhkan energy. Dapat di pastikan bahwa setiap Negara memmpunyai makanan khas masing-masing. 

1.2. Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimanakah Pengaruh Makanan Sehat Bagi Kesehatan ?
1.2.2 Bagaimanakah Fungsi Makanan Sehat Bagi Tubuh ?
1.2.3 Bagaimana Tips Memilih Makanan Sehat ?

1.3. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian untuk menambah informasi atau wawasan pembaca Pengaruh makanan sehat bagi tubuh.

1.4. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui tentang pengaruh makanan bagi kesehatan , fungsi makanan bagi tubuh, dan tips memilih makanan sehat.

1.5. Ruang Lingkup/Batasan Masalah
Agar fokus penelitian menjadi jelas dan terarah , masalah dalam penelitian ini di batasi pada masalah pengaruh makanan sehat bagi kesehatan.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengaruh Makanan Sehat Bagi Kesehatan


Makanan sebagai sumber energy dan zat pembangun tubuh merupakan elemen penting dalam tubuh manusia. Makanan akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap ketahanan dan kondisi tubuh serta pertumbuhan tulang dan gigi. Makanan akan diproses didalam tubuh , dan diserap sari-sari makanannya untuk kemudian dibakar dan diedarkan keseluruh bagian tubuh sesuai dengan fungsinya. Makanan akan mempengaruhi perkembangan sel , jaringan serta organ pada tubuh manusia. Apabila tubuh kemasukan bahan makanan yang mengandung toksin maka tubuh akan bereaksi serta memicu kerusakan pada bagian tubuh tertentu.

Tanpa makanan tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Badan tidak akan berkembang serta tumbuh dan bekerja dengan baik. Makanan mengandung beberapa asupan bahan yang diperlukan oleh tubuh. Tapi terkadang kesadaran akan pentingnya makanan yang sehat dihiraukan oleh masyarakat. Masyarakat tidak menyadari bahwa makanan-makanan instan, serta makanan yang mengandung pemanis dan pengawet buatan. yang banyak beredar di masyarakat telah menyebabkan tingkat kesehatan menurun serta memicu penyakit berbahaya dalam jangka panjang. Apalagi muncul makanan berformalin, boraks , ayam tiren, daging gelonggongan merupakan bukti bahwa ekonomi menyebabkan masyarakat apatis terhadap kesehatannya.Oleh karena itu pemenuhan gizi seimbang sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan. 

2.2 Fungsi Makanan Bagi Tubuh


Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi setiap hari hendaknya mengandung unsur-unsur pengasil tenaga, pembangun sel-sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh. 

2.3. Tips Memilih Makanan Sehat


Menuju hidup sehat dapat di tempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Menurut para ahli , kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya , kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut ini beberapa tips yang dapat di ikuti untuk mendapatkan makanan sehat dan mengatur pola makan yang baik.
a. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
b. Konsumsi padi-padian penuh , buah dan sayuran
c. Atur berat badan seimbang
d. Makan dalam ukuran yang layak
e. Makan secara teratur

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan


Berdasarkan pemaparan di atas dapat di simpulkan bahwa makanan sebagai sumber energi dan zat pembangun tubuh merupakan elemen penting dalam tubuh manusia dan fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menghilangkan rasa lapar tetapi lebih utama untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh.

3.2. Saran


Setelah mengetahui pentingnya makanan sehat untuk memacu perkembangan dan pertumbuhan kami memberikan saran untuk memperhatikan pola makan yang sehat dan lebih memperhatikan bahan makanan yang akan di konsumsi.

DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Makanan
http://kumpulantugaskita.blogspot.com/2012/07/contoh-makalah-tentang-makanan.html
http://www.dediblog.id/2020/08/makalah-tentang-makanan-sehat.
http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertian-pola-makan-sehat.html

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!