Uncategorized

Database dan Komponen-Komponenya Yang Harus Anda Ketahui!

Database dan Komponen-Komponenya Data adalah informasi dan untuk mengatur data ini, Anda memerlukan Database. Artikel ini membahas tentang Apa itu Database dan komponen-komponen Database.

Database dan Komponen-Komponenya


Apa itu Data?

Data adalah kumpulan dari unit informasi yang berbeda. “Data” ini digunakan dalam berbagai bentuk teks, angka, media dan banyak lagi. Berbicara dalam hal komputasi. Data pada dasarnya adalah informasi yang dapat diterjemahkan ke dalam bentuk tertentu untuk pergerakan dan pemrosesan yang efisien.

Apa itu Database?

Basis data adalah kumpulan data terstruktur yang terorganisir agar mudah diakses, dikelola, dan diperbarui. Dengan kata sederhana, Anda bisa mengatakan, database di tempat data disimpan. Analogi terbaik adalah perpustakaan. Perpustakaan berisi banyak koleksi buku dari berbagai genre, di sini perpustakaan adalah database dan buku adalah datanya.

Apa itu Sistem Manajemen Basis Data (atau DBMS)?

Organisasi menggunakan Sistem Manajemen Basis Data (atau DBMS) untuk membantu mereka mengelola data secara efektif dan memperoleh informasi yang relevan darinya. DBMS adalah alat teknologi yang secara langsung mendukung manajemen data. Ini adalah paket yang dirancang untuk mendefinisikan, memanipulasi, dan mengelola data dalam database.

Komponen DBMS

Komponen DBMS: Perangkat Keras

Ketika kami mengatakan Perangkat Keras, yang kami maksud adalah komputer, hard disk, saluran I / O untuk data, dan komponen fisik lainnya yang terlibat sebelum data berhasil disimpan ke dalam memori.

Ketika kita menjalankan Oracle atau MySQL di komputer pribadi kita, maka Hard Disk komputer kita, Keyboard yang kita gunakan untuk mengetikkan semua perintah, RAM komputer kita, ROM semua menjadi bagian dari perangkat keras DBMS.

Komponen DBMS: Perangkat Lunak

Ini adalah komponen utama, karena ini adalah program yang mengontrol segalanya. Perangkat lunak DBMS lebih seperti pembungkus di sekitar database fisik, yang memberi kita antarmuka yang mudah digunakan untuk menyimpan, mengakses, dan memperbarui data.

Perangkat lunak DBMS mampu memahami Bahasa Akses Database dan menafsirkannya ke dalam perintah database yang sebenarnya untuk mengeksekusinya pada DB.

Komponen DBMS: Data

Data adalah sumber daya tersebut, untuk itulah DBMS dirancang. Motif dibalik pembuatan DBMS adalah untuk menyimpan dan memanfaatkan data.

Dalam Database khas, Data yang disimpan pengguna ada dan meta data disimpan.

Metadata adalah data tentang data. Ini adalah informasi yang disimpan oleh DBMS untuk lebih memahami data yang disimpan di dalamnya.

Sebagai contoh: Ketika saya menyimpan Nama saya di database, DBMS akan menyimpan ketika nama itu disimpan di database, berapa ukuran namanya, apakah disimpan sebagai data terkait dengan beberapa data lain, atau apakah itu independen, semua informasi ini adalah metadata.

Komponen DBMS: Prosedur

Prosedur mengacu pada instruksi umum untuk menggunakan sistem manajemen basis data. Ini termasuk prosedur untuk mengatur dan menginstal DBMS, Untuk masuk dan keluar dari perangkat lunak DBMS, untuk mengelola basis data, untuk membuat cadangan, membuat laporan dll.

Komponen DBMS: Bahasa Akses Database

Bahasa Akses Database adalah bahasa sederhana yang dirancang untuk menulis perintah untuk mengakses, menyisipkan, memperbarui, dan menghapus data yang disimpan dalam database apa pun.

Seorang pengguna dapat menulis perintah dalam Bahasa Akses Database dan mengirimkannya ke DBMS untuk dieksekusi, yang kemudian diterjemahkan dan dieksekusi oleh DBMS.

Pengguna dapat membuat database baru, tabel, memasukkan data, mengambil data yang disimpan, memperbarui data dan menghapus data menggunakan bahasa akses.

Kinerja perusahaan sangat dipengaruhi oleh cara mengelola datanya. Dan salah satu tugas paling dasar dari manajemen data adalah manajemen database yang efektif. Memahami berbagai komponen DBMS dan cara kerjanya serta kaitannya satu sama lain adalah langkah pertama untuk menggunakan DBMS yang efektif

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *