Uncategorized

20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga – Menjadi seorang ibu rumah tangga yang kebanyakan waktunya dihabiskan di rumah, bukan berarti harus berhenti menjadi kreatif. Ada banyak sekali jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang membuat Anda bisa menghasilkan uang dari rumah. Mulai dari mengembangkan hobi seperti memasak, maupun memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memulai bisnis berbasis online.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

– Menjahit

Siapa yang tidak membutuhkan jasa tukang jahit? Tidak peduli Anda tinggal di pedesaan atau kota besar, jasa Anda pasti diperlukan banyak orang. Pasalnya, tidak mungkin seseorang akan langsung membuang pakaian yang cuma robek sedikit, dan beli yang baru. Apalagi, kalau pakaian tersebut sangat disayangi. Pastinya akan dibawa ke jasa jahit.

– Menjual Makanan Ringan

Faktanya, mayoritas masyarakat Indonesia suka sekali ngemil alias makan makanan ringan. Ini bisa menjadi inspirasi untuk mulai membangun bisnis rumahan. Namun karena pesaingnya juga sangat banyak, Anda harus kreatif dalam menentukan konsep makanan yang akan dijajakan, varian rasanya, hingga kemasannya supaya kelihatan menarik. 

– Usaha Aneka Jus

Kalau kebetulan letak rumah Anda sangat strategis, maka tidak ada salahnya membuka usaha aneka jus, baik buah maupun sayuran. Kalau Anda menghadirkan konsep yang menarik, dan tidak biasa, pasti akan banyak yang datang mampir. Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, sebaiknya jus dibuat hanya menggunakan buah segar dan gula asli.

– Membuka Warung Sembako

Pernah melihat warung sembako yang tidak laku? Menjual bahan makanan pokok merupakan salah satu jenis usaha dengan tingkat kesuksesan tinggi. Hanya saja, Anda harus berani bermain dengan harga disini. Karena persaingannya sangat ketat. Bukan hanya dengan sesama penjual sembako, namun retailer kelas atas.

Jenis-Jenis Usaha Sampingan

Pertamini

Meskipun tampaknya sangat sederhana, tapi jangan salah karena usaha Pertamini ini terbukti bisa menambah penghasilan Anda. Modal yang dikeluarkan mungkin cukup besar, yakni berada di kisaran angka jutaan. Namun Anda tidak perlu risau karena modal tersebut juga dapat kembali dalam waktu singkat.

Seperti diketahui, kalau BBM merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia. Hal ini karena nyaris semua orang di Indonesia memiliki sepeda motor yang butuh diisi BBM supaya bisa jalan. Oleh karenanya, membuka usaha sampingan seperti Pertamini dijamin tidak akan ada matinya.

Jasa Mengisi Pulsa dan Token Listrik

Di zaman modern ini, segala hal dapat dilakukan secara online melalui internet. Begitu pula untuk mengisi pulsa maupun token listrik. Usaha sampingan ini bahkan tidak membutuhkan modal sepeserpun. Karena Anda tinggal bayar saat ada yang membeli. Namun, jika tidak mempunyai kredit, maka diharuskan top up saldo terlebih dahulu.

Caranya bagaimana? Anda tinggal memanfaatkan aplikasi marketplace saja. Jadi, tidak perlu membeli dari agen distributor. Apalagi, nilai keuntungan yang didapatkan juga sama. Untuk berjualan pulsa, sekarang tidak perlu lagi stok atau beli saldo. Anda bisa langsung beli saat mendapatkan pelanggan. Bagaimana, mudah sekali, bukan?

Membuka Les Privat

Punya passion di bidang mengajar namun tidak bisa tersalurkan karena alasan sudah berumah tangga? Tidak perlu bingung, karena Anda bisa membuka les privat di rumah. Jadi, tetap bisa mengajar tanpa perlu keluar rumah. Apalagi, waktunya juga sangat fleksibel, yakni menyesuaikan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Nah pada artikel ini saya sudah mengumpulkan banyak ide usaha sampingan ibu rumah tangga referensi dari artikel Qwords berjudul 10 ide peluang bisnis online

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu jenis usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal. Anda hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet saja untuk bisa mulai menjalankan usaha ini. Di era digital dimana marketplace semakin menjamur seperti sekarang, Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis sebagai seorang dropshipper.

Selain tanpa modal, menjadi seorang dropshipper juga tidak trlalu sulit untuk dijalankan. Karena Anda bisa melakukannya kapan, dan dimana saja. Bahkan meskipun memiliki anak kecil. Caranya gampang, Anda tinggal melakukan riset sederhana saja mengenai produk yang sedang hits. Kemudian jual lagi kepada orang lain secara online dengan terlebih dahulu menaikkan harga agar untung.

Menjual Tanaman Hias

Anda memiliki hobi bercocok tanam dan kebetulan sudah punya koleksi yang dibudidayakan? Ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilan. Sederhana saja, siapa yang tidak menyukai tanaman hias seperti bunga? Apalagi kalau bunga tersebut memang unik, dan sulit untuk ditemukan dipasaran. Ini akan menjadi nilai plus.

Dalam menjalankan usaha ini, Anda bisa melakukan penawaran pada tetangga atau teman. Selain itu, coba untuk posting di internet, contohnya saja di grup jual beli sosial media. Semakin banyak yang melihat jualan Anda, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pembeli. Jadi, jangan malu untuk mulai berjualan.

Usaha sampingan ibu rumah tangga di atas dapat Anda jadikan sebagai inspirasi membangun bisnis dari rumah saja. Meskipun bisnis yang dirintis masih kecil-kecilan, tapi setidaknya bisa membuat IRT menjadi lebih independen dan tidak terus bergantung pada pendapatan suami. Supaya tidak merasa tertekan, jadikanlah bisnis sebagai kegiatan mengisi waktu luang yang berhadiah uang.

Kesimpulan

Dari sekian banyak usaha sampingan ibu rumah tangga diatas, akan lebih baik jika dipraktekkan (diimplementasikan), bukan hanya sekedar bahan bacaan tetapi ada praktek yang dijalankan, dengan usaha yang keras dan konsisten pasti hasil manis akan didapatkan dikemudian hari.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini, terima kasih.

10 ide peluang bisnis online link to https://qwords.com/blog/peluang-bisnis-online/

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *