Uncategorized

Jurusan Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya

Jurusan Hubungan Internasional – Pernahkah terlintas difikiranmu bahwa akan kuliah dijurusan yang isinya pembelajaran tentang interaksi, komunikasi, dan mempelajari isu-isu dunia internasional, sudah bukan nasional lagi tetapi sudah internasional, jika kamu ingin mempelajari hal tersebut diperkuliahan, kamu akan sangat tepat untuk mengambil jurusan hubungan internasional, jurusan kuliah yang sangat jarang orang pilih, tetapi merupakan jurusan yang sangat baik prospek kerja kedepannya.
Pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu jurusan hubungan internasional, kenapa kita harus memilih hubungan internasional, apa saja mata kuliah di jurusan hubungan internasional dan prospek kerja dari jurusan hubungan internasional.
Sebelumnya saya juga sudah membahas sedikit mengenai jurusan ini, di artikel Jurusan Kuliah IPS dan Prospek Kerjanya, pada artikel tersebut ada beberapa jurusan yang saya tulis singkat dan salah satunya adalah hubungan internasional ini.
Jurusan Hubungan Internasional
Info lengkapnya mari kita simak pembahasan berikut :

Apa itu Jurusan Hubungan Internasional ?

Hubungan internasional adalah jurusan yang berkaitan sangat erat dengan upaya negara dalam menghadapi tantangan internasional, misal seperti isu keamanan dunia, ketidakseimbangan perdagangan dunia, masalah lingkungan global serta kemiskinan negara melalui kerja sama antar negara. 
Program studi Hubungan Internasional atau biasa disingkat dengan “HI” mengetengahkan pembelajaran tentang interaksi, relasi atau hubungan, dan komunikasi yang terjalin secara internasional (global). Hubungan Internasional tidak hanya mempelajari hubungan diplomasi satu negara dengan negara yang lain, tapi juga tentang konflik, kesejahteraan, ekonomi dan perdamaian dunia. Beberapa kajian yang dipelajari dalam prodi ini adalah diplomasi dan negosiasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, politik internasional, ekonomi internasional, hukum internasional, globalisasi dan banyak lagi. Disini kamu akan diasah untuk memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh dan organisasi internasional yang berpengaruh, dan kerjasama internasional. 

Pengetahuan dan Keahlian Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional

1. Mahasiswa memiliki Kemampuan komunikasi
2. Mahasiswa memiliki Kemampuan bahasa asing (Bahasa inggris paling utama)
3. Mahasiswa memiliki Kemampuan berpikir kritis
4. Mahasiswa memiliki Kemampuan melakukan analisis
5. Mahasiswa memiliki Kemampuan negosiasi dan persuasi (Ajakan)
6. Mahasiswa memiliki Kemampuan problem solving (Pemecahan masalah)

Kenapa Harus Memilih Jurusan Hubungan Internasional ?

Kenapa kita harus memilih jurusan hubungan internasional dibanding jurusan lain ? akan ada beberapa kelebihan dan manfaat jika kita mengambil jurusan 
hubungan internasional diluar batas apakah kita menyukai jurusan tersebut atau tidak, berikut alasannya :
1. Mahasiswa lulusan Hubungan Internasional tak jarang memiliki peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB, terlebih jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Arab, Tionghoa, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Kemampuan bahasa ini menjadi peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional.
2. Mahasiswa Lulusan Hubungan Internasional menjadi salah satu prioritas bagi Kementerian Luar Negeri dalam merekrut calon Diplomat.
3. Mahasiswa selama menjalani perkuliahan akan dibentuk untuk menjadi seorang yang siap untuk go international.
4. Dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional, pilihan lapangan kerja bagi lulusan jurusan Hubungan Internasional semakin bervariasi.
5. Dengan kemampuan analisis akan masalah-masalah di dunia Internasional, industri media juga membutuhkan lulusan Hubungan Internasional baik di depan maupun di belakang layar.
Jika kamu tertarik pada segala sesuatu terkait interaksi internasional, maka prodi ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. Prodi ini juga cocok bagi kamu yang memiliki keterampilan komunikasi serta minat yang besar untuk mendalami diplomasi dan politik internasional. Apalagi kalau kamu suka mempelajari berbagai bahasa dan kebudayaan asing, pastinya prodi Hubungan Internasional adalah pilihan yang tepat banget untukmu.

Mata Kuliah Yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional

Ada banyak mata kuliah yang perlu untuk dipelajari ketika kamu berada di jurusan hubungan internasional, seperti berikut :
1. Organisasi Internasional
2. Hukum Internasional
3. Politik Luar Negeri dan Diplomasi Republik Indonesia
4. Teori Hubungan Internasional
5. Teori Politik Internasional
6. Diplomasi
7. Negosiasi dan Resolusi Konflik
8. Minoritas dan Integrasi Nasional
9. Ekonomi Internasional
10. Pengantar Studi Demokrasi
11. Globalisasi
12. Budaya dan Bahasa Perancis
13. Budaya dan Bahasa Mandarin
14. Sistem Politik Amerika Serikat
15. Sejarah Diplomasi
16. Negosiasi dan Diplomasi
17. Strategi dan Tatakelola Strategis
18. Dinamika Hubungan Internasional Kawasan
19. Studi Perang dan Damai
20. Manajemen Strategik untuk Hubungan Internasional
21. Pemikiran Politik Barat
22. Teori Perbandingan Politik
23. Masyarakat Budaya Politik Asia Tenggara
24. Rezim Internasional
25. Studi Hubungan Kultural Dunia
26. Globalisasi dan Strategi
27. Geopolitik dan Geostrategi
28. Kosmopolitan
29. Nasionalisme
30. Fundamentalisme
31. Masyarakat Budaya Politik Asia Timur
32. Masyarakat Budaya Politik Amerika Latin
33. Masyarakat Budaya Politik Rusia
34. Eropa Timur dan Asia Tengah
35. Strategi Kelautan dan Geopolitik Kemaritiman
36. Etnografi Bangsa-Bangsa
37. Agensi
38. Kuasa
39. Politik di Indonesia
Ada sekitar 39 mata kuliah diatas yang akan kamu pelajari selama kuliah hubungan internasional, walaupun setiap kampus pasti memiliki beberapa mata kuliah yang berbeda dengan mata kuliah di kampus lain, tetapi secara keseluruhan dan secara garis besar, pembahasannya akan sama yaitu seputar dunia internasional.

Karakter Siswa Yang Sesuai berada di Jurusan Hubungan Internasional

1. Tekun
2. Kritis
3. Rasional
4. Independen
5. Berwawasan luas
6. Senang menganalisis
7. Senang melakukan riset
8. Keterampilan komunikasi
9. Keterampilan interpersonal
10. Senang memecahkan masalah

Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional ?

Tentunya ada banyak sekali prospek kerja untuk jurusan ini, tetapi pada umumnya prospek kerjanya adalah seperti berikut :

1. Menjadi Diplomat

Apa itu seorang diplomat ? Diplomat adalah pekerjaan dari jurusan hubungan internasional yang paling umum dan paling banyak sebagai pekerjaan dari lulusan jurusan ini. Seorang Diplomat bisa bertugas di kantor kedutaan Indonesia di berbagai negara di luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Sehingga bisa dipindah tugaskan kemana saja. dan juga tentunya mereka bisa menjadi perwakilan yang dipercaya menjalankan misi diplomatik dengan negara lain maupun organisasi internasional. Untuk menekuni profesi ini di Indonesia, kamu harus mengikuti seleksi tes CPNS di Kementrian Luar Negeri yang dibuka setiap tahun.
Siap menjadi diplomat ? harus ikut tes CPNS ya, dan semangat tesnya.

2. Menjadi Staff Kedutaan Asing

Pernah mendengar kata staf kedutaan asing ? jadi prospek kerja hubungan internasional yang kedua adalah dengan menjadi staf di kantor kedutaan atau konsulat asing. Setiap negara lain yang memiliki kedutaan di Indonesia tentu membutuhkan staf dalam negeri yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
Kamu dituntut wajib menguasai bahasa inggris untuk pekerjaan ini, dan akan menjadi nilai plus jika kamu menguasai bahasa dari negara kedutaan itu. Misalnya, jika kamu melamar untuk Kedutaan Arab di Indonesia, maka kamu harus menguasai bahasa Arab yang merupakan bahasa resmi negara arab tersebut.
Tertarik ? kalau belum, simak prospek kerja selanjutnya.

3. Menjadi Konsultan Imigrasi

Saat ini, ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi imigrasi. Para Konsultan Imigrasi membantu publik untuk mengurus segala hal terkait kepergian seseorang ke luar negeri untuk berbagai kebutuhan, seperti misalkan liburan, studi luar negeri, izin tinggal sementara waktu diluar negeri, transit penerbangan maupun pelayaran kapan, bekerja, dan lain-lain. 

4. Menjadi Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Jika Konsultan Imigrasi bertugas mengurus yang didominasi dengan perizinan dan dokumen administratif, maka konsultan pendidikan luar negeri itu bertugas untuk membantu publik untuk memilih lembaga pendidikan terbaik di berbagai negara. Dan juga tentunya menjelaskan sistem pendidikan dan tahap pendaftaran sekolah atau kampus tujuan.

5. Menjadi Politikus

Prospek kerja Jurusan Hubungan Internasional yang berkaitan dengan pelajaran politik luar negeri yang diajarkan di bangku kuliah adalah Politikus. Sebagian lulusan jurusan ini memang terjun ke dunia politik, baik di tingkat daerah maupun nasional. Jika kamu lolos menjadi anggota DPD atau DPR, maka fasilitas mewah selain gaji pokok akan kamu dapatkan disini.
Kamu tertarik menjadi politikus ? jika iya jurusan ini cocok untuk kamu.

6. Menjadi Wartawan

Prospek kerja hubungan internasional selanjutnya adalah dengan menjadi wartawan. Pemahaman Ilmu Hubungan Internasional yang dikombinasikan dengan kemampuan menulis dan melaporkan sebuah kejadian bisa membuatmu menjadi wartawan handal untuk berita luar negeri. Kamu berkesempatan melakukan peliputan ke berbagai negara pula. 
Tahu mbak najwa shihab ? dahulu ia adalah seorang wartawan loh.

7. Menjadi Konsultan Politik

Konsultan politik adalah pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional yang bertugas memberi nasihat politik, merumuskan strategi kampanye dan menyusun komunikasi politik. Mereka membantu pejabat atau calon pejabat daerah, terutama saat musim pemilihan wakil rakyat. 

8. Menjadi Tenaga Ahli

Seorang tenaga ahli membantu pekerjaan politikus, partai politik, atau pun pejabat daerah dan negara. Pekerjaan jurusan Hubungan Internasional ini juga bisa menjadi salah satu tim seorang anggota dewan pemerintahan. 
Akan ada banyak dan lebih banyak lagi prospek kerja untuk lulusan jurusan hubungan internasional, tetapi prospek kerja diatas adalah yang paling umum dan paling banyak menyerap lulusan hubungan internasional.
Apakah kamu tertarik dengan penjelasan seputar hubungan internasional diatas ? jika iya kamu bisa kuliah dijurusan tersebut, jika mungkin kurang cocok, kamu bisa mencari referensi lebih banyak terkait jurusan kuliah, kamu bisa mencari diblog ini dengan membuka menu jurusan kuliah.
Referensi : Quipper Campus.

Penutup

Demikian informasi seputar jurusan hubungan internasional dan prospek kerjanya, semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu yang ingin kuliah dijurusan ini, semua pilihan ada ditangan kamu, artikel ini hanya untuk memberikan penjelasan mengenai jurusan kuliah hubungan internasional.
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa ada manfaatnya, dan bagikan ke teman kamu yang ingin kuliah dijurusan hubungan internasional, terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!