Uncategorized

Beasiswa LPDP, Beasiswa S2 dan S3 2020 [LENGKAP]

Beasiswa LPDP, Beasiswa S2 dan S3 – Apa itu LPDP ? bagi yang baru tahu mengenai LPDP, jadi LPDP adalah lembaga pengelola dana pendidikan yang mana sesuai dengan profil dan visinya yakni berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. 
Maka dengan itu LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/ doktoral untuk putra-putri terbaik Indonesia, pendanaan riset komersial/implementatif untuk mendorong inovasi, serta rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam.
Beasiswa LPDP
Ada banyak jenis beasiswa yang bisa kamu manfaatkan jika memenuhi kriteria yang dibutuhkan, diantaranya adalah Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi dan Beasiswa Targeted.
Saya akan bagikan dengan menuliskan secara garis besarnya mengenai beasiswa LPDP ini, dan akan terus UPDATE menyesuaikan pihak dari LPDP jika terjadi perubahan.

Daftar Isi

1. Beasiswa Umum

Dalam Beasiswa Umum di LPDP ini terdiri dari : Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia, Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis, Beasiswa Disertasi, Beasiswa Kerja Sama Pendanaan (Co-Funding), Berikut penjelasan dan informasi seputar Beasiswa Umum LPDP : 
Beasiswa LPDP

1.1 Beasiswa Reguler

Apa itu beasiswa reguler ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan beasiswa reguler ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Reguler LPDP

I. Ketentuan Umum Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler adalah beasiswa yang dikelola oleh LPDP yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

II. Sasaran Penerima Beasiswa Reguler

Sasaran program Beasiswa Reguler adalah:
a. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program magister; dan
b. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral, yang dibuktikan dengan LoA Unconditional untuk program doktoral.

III. Skema Program Beasiswa Reguler

1. Program Beasiswa Reguler diberikan untuk jenjang pendidikan :
a. Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
b. Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
2. Program Beasiswa Reguler jenjang magister dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
3. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
4. Program Beasiswa Reguler Jenjang Doktoral memilih satu perguruan tinggi dan Program studi dan tidak dapat mengajukan perpindahan;

IV. Komponen Pembiayaan Beasiswa Reguler

Selanjutnya adalah bagian komponen pembiayaan. Komponen Pembiayaan Beasiswa Reguler terdiri atas :

Dana Pendidikan, sebagai berikut : 

a. Dana Pendaftaran
b. Dana SPP
c. Dana Tunjangan Buku
d. Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi
e. Dana Bantuan Seminar Internasional
f. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung, sebagai berikut : 

a. Dana Transportasi
b. Dana Aplikasi Visa/Residence Permit
c. Dana Asuransi Kesehatan
d. Dana Hidup Bulanan
e. Dana Kedatangan
f. Dana Tunjangan keluarga (Khusus Doktoral)
g. Dana Keadaan Darurat
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-reguler-2/

1.2 Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

Apa itu Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan beasiswa perguruan tinggi peringkat utama dunia ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

I. Ketentuan Umum Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia adalah beasiswa yang dikelola oleh LPDP dengan sasaran Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

II. Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

Pendaftar Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia harus memiliki LoA Uncondtional dari salah satu perguruan tinggi utama dunia yang ditetapkan LPDP sebagai berikut :
1. California Institute of Technology (Caltech) – Amerika Serikat
2. Columbia University – Amerika Serikat
3. Cornell University – Amerika Serikat
4. ETH Zurich, Swiss Federal Institute of Technology – Swiss
5. Harvard University – Amerika Serikat
6. Johns Hopkins University – Amerika Serikat
7. Massachusetts Institute of Technology (MIT) – Amerika Serikat
8. Princeton University – Amerika Serikat
9. Stanford University – Amerika Serikat
10. University of Cambridge – Inggris
11. University of Oxford – Inggris
12. Yale University – Amerika Serikat

III. Komponen Pembiayaan Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

Komponen pembiayaan terdiri atas:

Dana Pendidikan

a. Dana Pendaftaran
b. Dana SPP
c. Dana Tunjangan Buku
d. Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi
e. Dana Bantuan Seminar Internasional
f. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung

a. Dana Transportasi
b. Dana Aplikasi Visa/Residence Permit
c. Dana Asuransi Kesehatan
d. Dana Hidup Bulanan
e. Dana Kedatangan
f. Dana Tunjangan keluarga (Khusus Doktoral)
g. Dana Keadaan Darurat
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-perguruan-tinggi-peringkat-utama-dunia/

1.3 Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

Apa itu Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

I. Ketentuan Umum Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (BPIDS) adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP yang diberikan khusus untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) setingkat program magister guna mendukung ketersediaan sumber daya manusia dokter spesialis di Indonesia.

II. Sasaran Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

Sasaran program BPIDS adalah Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai dokter dan lulus seleksi beasiswa LPDP. 

III. Skema Program Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

1. Program Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (BPIDS) dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
2. Pendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (BPIDS) yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.

IV. Komponen Pembiayaan Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

Komponen pembiayaan terdiri atas :

Dana Pendidikan

a. Dana Pendaftaran
b. Dana SPP
c. Dana Tunjangan Buku
d. Dana Bantuan Penelitian Tesis
e. Dana Bantuan Seminar Internasional
f. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung

a. Biaya Dana Transportasi
b. Dana Asuransi Kesehatan
c. Dana Hidup Bulanan
d. Dana Kedatangan
e. Dana Tunjangan keluarga
f. Dana Keadaan Darurat

Dana Tambahan

a. Dana Pelatihan Kursus Wajib
b. Dana Ujian Keterampilan
c. Dana Penyelenggaraan di Rumah sakit Pendidikan
d. Dana Uji Kompetensi
e. Dana Transportasi selama Pelatihan Kursus Wajib
f. Dana Transportasi selama Uji Kompetensi
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-pendidikan-indonesia-dokter-spesialis/

1.4 Beasiswa Disertasi

Apa itu Beasiswa Disertasi ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Disertasi ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Disertasi

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Disertasi adalah bantuan pembiayaan penelitian bidang unggulan dan/atau prioritas pemerintah pada disertasi yang berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi nasional.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran program Beasiswa adalah Mahasiswa Doktoral dari Perguruan Tinggi dalam negeri atau Perguruan Tinggi luar negeri.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-disertasi/

1.5 Beasiswa Kerja Sama Pendanaan (Co-Funding)

Apa itu Beasiswa Kerja Sama Pendanaan (Co-Funding) ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Kerja Sama Pendanaan (Co-Funding) ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Kerja Sama Pendanaan

I. Tujuan

Tujuan program Beasiswa Co-Funding adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berperan serta dalam pendanaan Beasiswa LPDP.

II. Sasaran

Sasaran beasiswa Co-Funding ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri program BPI Reguler dan BPI Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia melalui skema Beasiswa Semi-Mandiri.

III. Beasiswa Semi-Mandiri

Sumber dana bagi pendaftar Beasiswa Semi-Mandiri dapat berasal dari pribadi atau keluarga.
Sumber dana bagi pendaftar Beasiswa Semi-Mandiri tidak boleh berasal dari lembaga pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi, atau lembaga lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri
Kerjasama pendanaan Beasiswa Semi-Mandiri diatur lebih lanjut dalam perjanjian.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-kerja-sama-pendanaan-co-funding/

2. Beasiswa Afirmasi

Dalam Beasiswa Afirmasi di LPDP ini terdiri dari : Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Alumni Bidikmisi, Beasiswa Prasejahtera berprestasi, Beasiswa Santri, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Indonesia Timur, Berikut penjelasan dan informasi seputar Beasiswa Afirmasi LPDP : 
Beasiswa LPDP

2.1 Beasiswa Daerah Afirmasi

Apa itu Beasiswa Afirmasi ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Afirmasi ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Daerah Afirmasi

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Penerima Beasiswa Daerah Afirmasi adalah masyarakat berasal dari daerah afirmasi sasaran dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP.

III. Skema Program Beasiswa

1. Program Beasiswa Daerah Afirmasi diberikan untuk jenjang pendidikan:
a. Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
b. Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
2. Program Beasiswa Daerah Afirmasi dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
3. Pendaftar Beasiswa Daerah Afirmasi yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.

IV. Komponen Pembiayaan

Komponen pembiayaan terdiri atas :
1. Biaya Program Pengayaan,
2. Dana Pendidikan,
3. Biaya Pendukung.

Dana Pendidikan

a. Dana Pendaftaran
b. Dana SPP
c. Dana Tunjangan Buku
d. Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi
e. Dana Bantuan Seminar Internasional
f. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung

a. Dana Transportasi
b. Dana Aplikasi Visa/Residence Permit
c. Dana Asuransi Kesehatan
d. Dana Hidup Bulanan
e. Dana Kedatangan
f. Dana Tunjangan keluarga (Khusus Doktoral)
g. Dana Keadaan Darurat
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-daerah-afirmasi/

2.2 Beasiswa Alumni Bidikmisi

Apa itu Beasiswa Alumni Bidikmisi ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Alumni Bidikmisi ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Alumni Bidikmisi

I. Ketentuan Umum 

Beasiswa Alumni Bidikmisi adalah program beasiswa magister yang diperuntukkan bagi alumni penerima beasiswa Bidikmisi yang memiliki prestasi akademik yang baik.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran  Beasiswa Alumni Bidikmisi adalah alumni penerima Bidikmisi yang memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,5 dari skala 4,0 dan lulus strata satu pada dua tahun terakhir.

III. Skema Program Beasiswa 

Program Beasiswa Alumni Bidikmisi diberikan untuk jenjang pendidikan magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan baik dalam negeri atau luar   negeri.
Program Beasiswa Alumni Bidikmisi dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.
Pendaftar Beasiswa Alumni Bidikmisi yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-alumni-bidikmisi/

2.3 Beasiswa Prasejahtera berprestasi

Apa itu Beasiswa Prasejahtera berprestasi ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Prasejahtera berprestasi ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Prasejahtera berprestasi

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Prasejahtera Berprestasi adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin yang memiliki prestasi akademik untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Beasiswa Prasejahtera Berprestasi adalah masyarakat yang berasal dari keluarga miskin dan memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,5 dari skala 4,0 dan lulus strata satu pada dua tahun terakhir.

III. Skema Program Beasiswa

Program Beasiswa Prasejahtera Berprestasi diberikan untuk jenjang pendidikan magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan baik dalam negeri atau luar negeri.
Program Beasiswa Prasejahtera Berprestasi dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.
Pendaftar Beasiswa Prasejahtera Berprestasi yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-prasejahtera-berprestasi/

2.4 Beasiswa Santri

Apa itu Beasiswa Santri ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Santri, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Santri

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Santri adalah beasiswa khusus santri untuk menempuh jenjang pendidikan magister atau doktoral.
Pondok Pesantren adalah pesantren yang telah mendapatkan izin operasional dan Nomor Statistik Pondok Pesantren dari Kementerian Agama yang masih berlaku.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Penerima  Beasiswa Santri adalah santri yang diusulkan oleh pondok pesantren berdasarkan rekomendasi pimpinan pesantren dan Kementerian Agama, dengan ketentuan sebagai berikut:
aktif sebagai pendidik, dan/atau tenaga kependidikan di Pondok Pesantren atau satuan-satuan Pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh pesantren sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun terakhir.
alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan/atau Ma’had Aly lulusan 2 (dua) tahun terakhir.

III. Skema Program Beasiswa

Program Beasiswa Santri diberikan untuk jenjang pendidikan:
Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
Program Beasiswa Santri dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.
Pendaftar Beasiswa Santri yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-santri-2/

2.5 Beasiswa Prestasi

Apa itu Beasiswa Prestasi ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Prestasi ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Prestasi

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Prestasi Olahraga adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang memiliki prestasi Olahraga kategori individu di tingkat Internasional.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Beasiswa Prestasi Olahraga adalah masyarakat yang memiliki Prestasi Olahraga individu lingkup Internasional dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP.

III. Skema Program Beasiswa

Program Beasiswa Prestasi Olahraga diberikan untuk jenjang pendidikan:
Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
Program Beasiswa Prestasi Olahraga jenjang magister dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.
Pendaftar Beasiswa Prestasi Olahraga yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-prestasi-olahraga/

2.6 Beasiswa Penyandang Disabilitas

Apa itu Beasiswa Penyandang Disabilitas ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Penyandang Disabilitas ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Penyandang Disabilitas

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan LPDP.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah :
Penyandang Tuna Netra (Tidak Dapat Melihat)
Penyandang Tuna Rungu (Tidak Dapat Mendengar)
Penyandang Tuna Wicara (Tidak Dapat Bicara)
Penyandang Tuna Daksa (Cacat Tubuh)
Penyandang Tuna Laras (Cacat Suara dan Nada).

III. Skema Program Beasiswa

Program Beasiswa Penyandang Disabilitas diberikan untuk jenjang pendidikan:
Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
Program Beasiswa Penyandang Disabilitas dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.
Pendaftar Beasiswa Penyandang Disabilitas yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-penyandang-disabilitas/

2.7 Beasiswa Indonesia Timur

Apa itu Beasiswa Indonesia Timur ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Indonesia Timur ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Indonesia Timur

I. Ketentuan Umum 

Beasiswa Indonesia Timur adalah program beasiswa afirmasi program magister dan doktoral yang khusus diberikan untuk Penduduk Asli dari Provinsi Sasaran;
Provinsi Sasaran adalah Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, atau Nusa Tenggara Timur.
Penduduk Asli adalah penduduk yang merupakan suku asli dari Provinsi Sasaran khusus Papua atau Papua Barat dan masih menetap/tinggal; yang telah menetap sekurang-kurangnya selama 20 tahun dan masih menetap/tinggal di Provinsi Sasaran.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Penerima Beasiswa adalah Penduduk Asli yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh LPDP.

III. Skema Program Beasiswa

Program Beasiswa Indonesia Timur diberikan untuk jenjang pendidikan:
Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
Program Beasiswa Indonesia Timur dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.
Pendaftar Beasiswa Indonesia Timur yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-indonesia-timur-2/

3. Beasiswa Targeted

Dalam Beasiswa Targeted di LPDP ini terdiri dari : Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), Beasiswa PNS/ TNI/ POLRI, Beasiswa Prestasi Olimpiade, Beasiswa Kesenian, Berikut penjelasan dan informasi seputar Beasiswa Targeted LPDP : 
Beasiswa LPDP

3.1 Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Apa itu Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), adalah program beasiswa yang ditujukan kepada dosen tetap pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Ristek dan Dikti (selanjutnya disingkat Kemenristekdikti) untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen sesuai kebutuhan strategis Perguruan Tinggi di Indonesia.
Dosen Tetap adalah dosen yang bekerja penuh waktu,  berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada pendidikan tinggi tertentu, serta mendapat pengakuan dari Kemenristekdikti dengan pemberian Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK).

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran program BUDI adalah dosen tetap pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenristekdikti yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induks Dosen Khusus (NIDK).
Dosen Tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) selain dapat mendaftar BUDI juga dapat mendaftar pada program BPI Reguler, BPI Afirmasi, atau BPI PNS/TNI/ dan POLRI

III. Skema Program Beasiswa

Program BUDI hanya diberikan untuk jenjang pendidikan doktoral satu gelar (single degree).
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-unggulan-dosen-indonesia-budi/

3.2 Beasiswa PNS/ TNI/ POLRI

Apa itu Beasiswa PNS/ TNI/ POLRI ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa PNS/ TNI/ POLRI ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa PNS/ TNI/ POLRI

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Pendidikan Indonesia PNS, TNI, dan POLRI selanjutnya disebut Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI adalah program beasiswa bagi Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai PNS, TNI, dan POLRI.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran program PNS, TNI, dan POLRI adalah aparatur negara yang bertugas di satuan masing-masing.

III. Skema Program Beasiswa

Program PNS, TNI, dan POLRI diberikan untuk jenjang Pendidikan:
Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
Program Beasiswa PNS, TNI dan POLRI dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang ada dalam daftar LPDP.
Pendaftar Beasiswa PNS, TNI dan POLRI yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan. 
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-pns-tni-polri/

3.3 Beasiswa Prestasi Olimpiade

Apa itu Beasiswa Prestasi Olimpiade ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Prestasi Olimpiade ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Prestasi Olimpiade

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Olimpiade adalah program beasiswa yang diberikan kepada peraih medali atau penghargaan olimpiade atau kompetisi bidang sains, teknologi, penelitian ilmiah, dan keterampilan tingkat internasional dan bidang ekonomi tingkat nasional, untuk melanjutkan studi program magister atau doktoral di Perguruan Tinggi Tujuan dalam negeri atau luar negeri.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

A. Sasaran dari program Beasiswa Olimpiade yaitu:
peraih medali emas, medali perak, atau medali perunggu; atau juara satu, juara dua, atau juara tiga Olimpiade atau Kompetisi dengan ketentuan:
untuk bidang Sains dan Teknologi sekurang-kurangnya tingkat internasional.
untuk bidang Ekonomi sekurang-kurangnya tingkat nasional.
peraih medali atau penghargaan olimpiade atau kompetesi internasional di bidang sains, teknologi, dan ekonomi yang dikelola oleh institusi lainnya yang kredibel dan bereputasi internasional.
B. Institusi lainnya yang kredibel dan bereputasi internasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) angka 2 wajib memenuhi syarat:
diikuti oleh paling sedikit 10% (sepuluh persen) dari jumlah negara anggota UNESCO; dan
mendapatkan rekomendasi penilaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

III. Skema Program Beasiswa

A. Program Beasiswa Olimpiade terdiri atas:
Magister Program satu gelar (single degree) dengan lama studi maksimal 24 (dua puluh empat) bulan, dan Doktoral, Program satu gelar (single degree) dengan lama studi maksimal 48 (empat puluh delapan) bulan.
B. Program Beasiswa Olimpiade dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
C. Pendaftar Beasiswa Olimpiade yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-prestasi-olimpiade-bidang-sains-teknologi-dan-ekonomi/

3.4 Beasiswa Kesenian

Apa itu Beasiswa Kesenian ? dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Beasiswa Kesenian ini, penjelasannya dibawah ini :
Beasiswa Kesenian

I. Ketentuan Umum

Beasiswa Prestasi Seni adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang memiliki prestasi seni kategori individu di tingkat Internasional.

II. Sasaran Penerima Beasiswa

Sasaran Beasiswa Prestasi Seni adalah masyarakat yang memiliki prestasi di bidang seni kategori individu di tingkat Internasional dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP.

III. Skema Program Beasiswa

Program Beasiswa Prestasi Seni diberikan untuk jenjang pendidikan:
Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
Program Beasiswa Prestasi Seni jenjang magister dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
Pendaftar Beasiswa Prestasi Seni yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
Untuk informasi lebih lengkapnya seperti persyaratan umum, persyaratan khusus beasiswa, cara pendaftaran hingga bagaimana proses seleksinya, silahkan kunjungi ke situs resminya di : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-prestasi-seni/

Penutup

Beasiswa adalah salah satu hal yang saya juga dapatkan waktu kuliah, saya mendapatkan beasiswa selama kurang lebih 2 tahun, saat itu saya merasa bahwa dengan mendapatkan beasiswa, kuliah saya menjadi lebih ringan, lebih mudah, dan lebih semangat dalam menjalani perkuliahan.
Semangat buat para pencari beasiswa, semangat karena dengan usaha tekad yang kuat pasti akan membuahkan hasil yang maksimal.
Demikian yang bisa saya bagikan seputar beasiswa LPDP, semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan ke teman, saudara, keluarga, atau ke orang lain yang membutuhkan informasi seputar beasiswa.
Ingin info lebih lengkap seputar beasiswa LPDP ? Berikut situs resmi dari LPDP : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *