Uncategorized

Makalah Senam Kebugaran Jasmani

Makalah Senam Kebugaran Jasmani – Makalah Senam Kebugaran Jasmani ini bertujuan untuk membantu pembaca untuk mendapatkan referensi makalah seputar Senam Kebugaran Jasmani serta untuk menambah wawasan pembaca, semoga makalah Senam Kebugaran Jasmani ini dapat membantu dan menambah referensi makalah yang sedang dibuat.

Makalah Senam Kebugaran Jasmani

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul Makalah Senam Kebugaran Jasmani ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas bapak guru pada mata pelajaran penjaskes (pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan). Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Senam Kebugaran Jasmani bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak guru, selaku guru mata pelajaran bahasa indonesia yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

Surakarta, 26 Mei 2020
Penulis
Dedi Nugroho

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………..

DAFTAR ISI ……………………..

PENDAHULUAN ………………..
Latar Belakang …………………..
Rumusan Masalah ………………
Tujuan ………………………………….

PEMBAHASAN ………………

Pengertian Senam ………………
Senam Kebugaran Jasmani ………………
Daftar Senam Kebugaran Jasmani ………………
Manfaat Senam ………………

PENUTUP ……………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………….

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sekarang sudah sangat jarang orang melakukan olahraga senam, baik itu alasan malas bergerak hingga alasan banyak olahraga lain yang lebih mengasikkan dibandingkan dengan senam, juga senam lebih asik dijalankan dengan banyak orang atau berkelompok.

Senam merupakan salah satu cabang olahraga dimana akan memberikan banyak manfaat setelah melakukan senam, selain kelenturan tubuh, senam juga memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh.

Banyak yang harus diiketahui dari pengertian senam, apa itu senam, manfaat senam, apa saja senam kebugaran jasmani, dan masih banyak lainnya.

Rumusan Masalah

Dapat disimpulkan rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah :

1. Apa Pengertian Senam ?
2. Apa itu Senam Kebugaran Jasmani ?
3. Apa Saja Daftar Senam Kebugaran Jasmani ?
4. Apa Manfaat Senam ?

Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1. Untuk Mengetahui Pengertian Senam
2. Untuk Mengetahui Senam Kebugaran Jasmani
3. Untuk Mengetahui Daftar Senam Kebugaran Jasmani
4. Untuk Mengetahui Manfaat dari Senam

PEMBAHASAN

1. Pengertian Senam

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah: Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.

Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.

Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.

Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

2. Senam Kebugaran Jasmani

Senam Kebugaran Jasmani atau sering disingkat dengan SKJ adalah senam massal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam ini biasanya diiringi oleh lagu berirama dari berbagai provinsi yang diaransemen ulang dan biasanya dilakukan oleh sekelompok peserta besar.

SKJ biasa dilakukan di tempat-tempat umum di Indonesia pada hari-hari tertentu dalam satu minggu, yaitu hari Jumat pagi. Senam ini beserta musik yang mengiringinya menjadi sangat populer pada tahun ’80-an dan ’90-an saat masa pemerintahan Orde Baru.

3. Daftar Senam Kebugaran Jasmani

– SKJ ’84
Lagu pengiring diaransemen oleh Nortier Simanungkalit

– SKJ ’88
Lagu pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi sekitar 5 menit.

– SKJ ’92
Lagu pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi 12 menit 9 detik untuk versi satu seri, berisi Pemanasan, Inti, dimulai dari lagu:
1. Yamko Rambe Yamko (Papua)
2. Jali Jali (Jakarta)
3. Tanduk Majeng (Jawa Timur)
4. Cing Cangkeling (Jawa Barat)
5. Rasa Sayange (Maluku)
6. Paris Barantai (Kalimantan Selatan)

– SKJ ’94
Lagu pengiring sama dengan SKJ 93, hanya diberi hitungan.

– SKJ Usia SD ’96
Diaransemen oleh FX Sutopo, berisi Pemanasan, Inti, Pendinginan, dan Pelemasan, durasi sekitar 10 menit.

– Senam Sajojo
Gerakan Diiringi dengan lagu Sajojo dari Papuh

– Senam Poco – Poco
Diiringi dengan lagu Poco-Poco dari Sulawesi Utara.

– Senam Kubro Siswo
Diiringi dengan lagu dan gerakan dari hasil penyerapan tarian adat Jawa yaitu tari Kubro Siswo. Musik identik dengan beduk, terompet, dan gamelan.

– Senam Lansia
Biasanya diikuti oleh peserta yang sudah lanjut usia atau tidak memiliki kemampuan fisik normal dan sehat seperti anak muda. pada youtube Menpora telah mengupload video senam lansia tersebut

4. Manfaat Senam

Manfaat senam yang bagi tubuh sangat banyak dan baik untuk tubuh, diantaranya :

1. Menurunkan Berat Badan
Setiap olahraga yang dilakukan mampu berperan dalam menurunkan berat badan. Senam itu adalah menggerakkan seluruh badan dengan durasi yang cukup panjang. Melakukan senam dan yang disertai dengan menjaga asupan energi dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Disamping itu, bukan berarti senam tidak dapat dilakukan oleh orang yang kurus. Banyak wanita kurus yang melakukan senam untuk membentuk tubuh. Kamu bisa membentuk tubuh yang lebih ideal dengan melakukan olahraga khususnya adalah senam.

2. Menambah Stamina
Stamina yang tidak prima, akan membuatmu mudah sakit. Dengan melakukan senam ini, tubuh akan lebih segar dan tidak mudah sakit karena senam mampu untuk menambah energi dan stamina.

3. Meningkatkan Fungsi Jantung
Manfaat dari senam selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi jantung. Gerakan-gerakan dalam dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung. Hal ini membuat jantung akan lebih sehat dan badan pun merasa lebih bugar.

Peningkatan ini akan membuat pembuluh darah melebar dan tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan gas buangan, seperti karbondioksida dan asam laktat.

Jantung juga akan berdetak lebih cepat sehingga mampu memompa darah ke otot dan kembali ke paru-paru dengan lebih baik. Senam juga dapat menguatkan jantung dan paru-paru dengan cara meningkatkan aliran darah pada kedua organ tersebut.

4. Menurunkan Kolesterol
Dengan meningkatnya fungsi jantung membuat oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh akan lebih banyak. Hal ini membuat lancarnya peredaran darah dan membuat kolesterol jahat tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

5. Membentuk Bagian Tubuh
Gerakan pada senam ini terpusat pada anggota tubuh bagian bawah, otot-otot pinggul, perut, paha, bokong, dan tangan. Ini semua akan membuat pembakaran lemak yang membentuk tubuh lebih ideal. Hal ini membuat para wanita lebih tertarik mengikuti kelas senam untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal.

6. Menghilangkan Stres dan Rasa Cemas
Melakukan senam mampu memberikan rasa tenang. Senam ini juga mampu mengurangi stres dan rasa cemas dari berbagai aktivitas dan kesibukan sehari-hari.

7. Memberikan Tidur yang Lebih Berkualitas
Setelah melakukan senam ini, metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Fungsi jantung pun bekerja lebih baik yang membuat oksigen lebih banyak dialirkan ke tubuh. Hal ini akan membuat tidur akan lebih nyenyak dan berkualitas.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori. Seperti yang kita tahu, kalori jika tidak digunakan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Senam bisa bantu membakar kalori yang pada akhirnya membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Berbahaya
Selain itu, senam juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit berbahaya. Serangan jantung, stroke, dan gangguan jantung lainnya bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Diabetes, penyakit pernapasan, dan gangguan sendi bisa disebabkan oleh kegemukan.

Olahraga seperti senam dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah dan berat badan tubuh. Dengan begitu, senam bisa menjadi salah satu jenis olahraga efektif untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya.

10. Menghambat proses penuaan
Salah satu manfaat senam pagi adalah untuk menghambat proses penuaan. Dengan melakukan gerakan senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar.

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas, senam merupakan salah satu olahraga yang kaya akan manfaat baik itu untuk menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan energi hingga untuk membentuk otot tubuh.

Senam pun juga banyak ragam jenisnya, tapi semuanya mempunyai manfaat yang hampir sama, yang paling penting adalah gerakan yang dilakukan harus sesuai dengan gerakan yang sudah diuji, agar tidak terjadi kecelakaan pada tulang.

Saran

Saran dari pembahasan diatas adalah, senam baik jika dilakukan rutin minimal seminggu 2 kali, lebih baik jika lebih sering, jangan lupa juga asupan protein dan vitamin untuk menunjang kesehatan tubuh.

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Senam (diakses pada tanggal 26 mei 2020)

https://id.wikipedia.org/wiki/Senam_Kesegaran_Jasmani (diakses pada tanggal 26 mei 2020)

https://www.liputan6.com/bola/read/4185283/5-manfaat-senam-aerobik-paling-utama-buat-kesehatan-jantung (diakses pada tanggal 26 mei 2020)

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4582182/7-manfaat-senam-aerobik-untuk-membugarkan-badan (diakses pada tanggal 26 mei 2020).

Tags

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *